Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 7 Semester II Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 7 Semester II Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting contoh Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) atau Penjaskes/Penjasorkes Kelas 7 SMP/MTs Semester Genap Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 7 SMP dan MTs Semester II Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Soal-soal dibawah ini cocok untuk dijadikan soal penilaian harian atau ulangan harian PJOK Kelas VII SMP/MTs pembahasan Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang.

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas VII Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D

1. Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat-zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu, untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia mutlak memerlukan makanan. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan disebut . . .
a. zat-zat gizi makanan
b. zat-zat tenaga
c. zat-zat pembangun
d. zat-zat pengatur

Jawaban Soal Nomor 1 = A
Penjelasan Jawaban:
Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat-zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu, untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia
mutlak memerlukan makanan. Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan itu disebut zat-zat makanan atau zat-zat gizi.

2. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, berbagai fungsi faali dalam tubuh harus diatur dan dikoordinasikan. Zat-zat gizi yang diperlukan untuk mengatur prosesproses faali tersebut disebut zat pelindung. Sumber-sumber zat gizi makanan adalah . . . .
a. protein, mineral, vitamin dan lemak
b. protein, mineral, vitamin dan air
c. karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin
d. karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan air

Jawaban Soal Nomor 2 = B
Penjelasan Jawaban:
Zat-zat gizi yang diperlukan untuk mengatur proses-proses faali tersebut disebut zat pelindung, yaitu protein, mineral, vitamin dan air

3. Apabila jaringan-jaringan tubuh telah terlalu jenuh akan zat-zat gizi, maka kelebihan zat-zat gizi tersebut tidak dapat lagi ditampung dan akan mengganggu proses-proses dalam tubuh. Dengan demikian, bahwa kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan-kelainan. Keadaan semacam ini disebut . . . .
a. kekurangan gizi
b. kelebihan gizi
c. gizi salah
d. gizi seimbang

Jawaban Soal Nomor 3 = C
Penjelasan Jawaban:
Apabila jaringan-jaringan tubuh telah terlalu jenuh akan zat-zat gizi, maka kelebihan zat-zat gizi tersebut tidak dapat lagi ditampung dan akan mengganggu proses-proses dalam tubuh. Dengan demikian, jelaslah, bahwa kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan-kelainan. Keadaan semacam ini disebut gizi salah.
4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini yang merupakan permasalahan zat gizi makanan.
1) Pengurangan cadangan
2) Peubahan-perubahan biokimiawi
3) Perubahan-perubahan fungsi
4) Perubahan-perubahan anatonik

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, permasalahan tersebut merupakan akibat . . . .
a. kekurangan gizi
b. kelebihan gizi
c. kecukupan gizi
d. gizi salah

Jawaban Soal Nomor 4 = D
Penjelasan Jawaban:
Perubahan-perubahan dalam tubuh akibat gizi salah antara lain:
1) Pengurangan cadangan
2) Peubahan-perubahan biokimiawi
3) Perubahan-perubahan fungsi
4) Perubahan-perubahan anatonik
5. Di dalam menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan yang lainnya. Pernyataan ini disebut dengan istilah . . . .
a. makanan seimbang
b. makanan bergizi
c. makanan sehat
d. 4 sehat 5 sempurna

Jawaban Soal Nomor 5 = A
Penjelasan Jawaban:
Makanan seimbang sering diartikan sebagai menu atau susunan hidangan sehari-hari mengandung semua zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan, dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang sesuai atau seimbang satu dengan yang lainnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) atau Penjaskes/Penjasorkes Kelas 7 SMP/MTs Semester Genap Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline rujuk langsung dari sumber yang dapat dipercaya, yaitu Modul PJOK Kelas VII SMP. Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal PJOK Kelas 7 SMP/MTs Semester Genap (Semester II/Semester 2) lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya seluruh Bab dapat Anda baca pada judul-judul postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 7 Semester II Bab Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang ~ sekolahmuonline.com"

close