Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 5 dan 6 ~ sekolahmuonline.com

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 5 dan 6 ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Al-Quran dan Hadits kelas V dan VI SD/MI Muhammadiyah yang sekarang menerapkan Kurikulum Merdeka, berikut ini Sekolahmuonline posting Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Quran dan Al-Hadits Fase C (kelas V dan VI).
Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase C kelas V dan VI
Kami sajikan agar Bapak/Ibu guru lebih mudah untuk mengcopy tulisannya. Daripada ngetik-ngetik manual dan atau ngopy terus edit-edit lagi jadi capek, nah tinggal buat tabel terus ambil tulisannya dari postingan Sekolahmuonline di bawah ini.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase C kelas V dan VI

Fase C (Kelas V dan VI Sekolah Dasar)

Pada akhir Fase C, pada unsur ilmu tajwid peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mim mati/sukun, tafkim, tarqiq, dan jawazul wajhain agar mampu membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah hukum bacaan tersebut. Pada unsur Al-Qur’an, peserta didik mampu melafalkan, menulis, menghafalkan, mengartikan surat-surat pendek pilihan (minimal Q.S. al-A’la, ath-Thariq, dan al-Buruj, al-Insyiqaq dan al-Muthaffifin, al-Infithar, at-Takwir, ‘Abasa, an-Naziat dan an-Naba) serta mengkomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya alam kehidupan sehari-hari. Pada unsur AlHadits, peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, memahami dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan Al-Hadits tentang ciri ciri orang munafik, menyayangi anak yatim, keutamaan memberi, dan amal saleh agar mampu berfikir kritis dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Capaian pembelajaran unsur mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits fase C kelas V dan VI disajikan pada tabel 9 di bawah ini:

Tabel Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase C kelas V dan VI

Fase C: Kelas V

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mim mati/ sukun, agar mampu mebaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah hukum bacaan tersebut. 

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, mengartrikan surah-surah pendek Al-Qur’an (sekurangkurangnya surah al-A’la, ath-Thariq, al-Buruj, al-Insyiqaq, dan al-Muthaffifin) serta mengkomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, memahami dan memahami arti dan isi kandungan AlHadits tentang zakat, infak, shadaqah, kejujuran, ciri ciri orang munafik, dan menyayangi anak yatim; mareka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Fase C: Kelas VI

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan tafkim, tarqiq, dan jawazul wajhain agar mampu mebaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah hukum bacaan tersebut.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, memahami arti dan isi kandungan surah-surah pendek Al-Qur’an (sekurang-kurangnya surah al-Infithar, at-Takwir, dan ‘Abasa, an-Naziat, dan an-Naba) serta mengkomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, memahami dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan Al-Hadits tentang haji dan umrah, berkurban dan aqiqah, keutamaan memberi, ikhlas, dan amal saleh; mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase C kelas V dan VI. Semoga bermanfaat, membantu memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mencari dan mengetik Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur'an dan Al-Hadits kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Muhammadiyah. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits semua Fase (Fase A, B, C, D, E, dan F) silahkan baca pada postingan di bawah ini. Tinggal Bapak/Ibu Guru pilih sesuai kelasnya masing-masing dengan meng-klik judul yang ada. 

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 5 dan 6 ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close