Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 7, 8, dan 9 ~ sekolahmuonline.com

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 7, 8, dan 9 ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Al-Quran dan Hadits kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs Muhammadiyah yang sekarang menerapkan Kurikulum Merdeka, berikut ini Sekolahmuonline posting Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Quran dan Al-Hadits Fase C (kelas VII, VIII, dan IX).
Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTs Muhammadiyah
Kami sajikan agar Bapak/Ibu guru lebih mudah untuk mengcopy tulisannya. Daripada ngetik-ngetik manual dan atau ngopy terus edit-edit lagi jadi capek, nah tinggal buat tabel terus ambil tulisannya dari postingan Sekolahmuonline di bawah ini.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase D Kelas VII, VIII dan IX

Fase D (Kelas VII, VIII, dan IX Sekolah Menengah Pertama)

Pada akhir Fase D ini, unsur ilmu tajwid, peserta didik mampu memahami dan menerapkan hukum bacaan mad thabi’i, mad far’i, meliputi: mad wajib muttasil, mad jaiz munfasil, mad layyin, mad badal, mad tamkin, mad 'iwadl, dan mad aridl lissukun, dan bacaan gharib serta membiasakan membaca Al-Qur’an dengan fasih, lancar, baik dan benar. Pada unsur Al-Qur’an, peserta didik mampu memahami definisi AlQur’an dan kedudukannya sebagai petunjuk hidup manusia, penyempurna kitabkitab suci sebelumnya, dan sumber pokok ajaran agama Islam; peserta didik mampu memahami kekuasaan Allah Maha Pencipta; memahami tugas manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di bumi; memahami perintah menaati Allah dan Rasul-Nya serta ulil amri dari orang yang beriman. Peserta didik memahami penciptaan alam sebagai bukti Allah Maha Pencipta; memahami pentingnya memanfaatkan alam dengan bersyukur, pentingnya pelestarian alam dan lingkungan, serta larangan berbuat kerusakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam; mampu menjelaskan pemahamannya tentang konsep sikap beragama yang moderat (wasathiyah) sesuai dengan Al-Qur’an. Peserta didik memahami tingginya semangat keilmuan dan belajar dalam Al-Qur’an, kedudukan orang-orang yang berilmu, dan akhlak dalam majelis ilmu. Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. al-Baqarah/2: 185; Q.S. Al-Maidah/5: 48; Q.S.an-Nahl/16: 64; Q.S. Saba/34: 28; Q.S. al-Baqarah/2: 2-4; Q.S. adz-Dzariyat/51: 56; Q.S. al-Baqarah/2: 30; Q.S. an-Nahl/16: 89; Q.S.anNisa/4:59; Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. al-Baqarah/2: 143; Q.S. al-A’raf/7: 54; Q.S. al-Anbiya/21:30; Q.S. ar-Rum/30: 41-42; dan Q.S. al-A’raf/7: 56-58. Q.S. al-‘Alaq/96: 1-5; Q.S. al-Mujadilah /58: 11; Q.S. Fathir/35: 28; Q.S. ar-Rahman /55: 33; Q.S. asy-Syams/91: 1-7; Peserta didik juga mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. an-Nisa/4: 146; Q.S. al-Baqarah/2: 153; Q.S. Ali Imran/3: 134; dan al-Fajr/89; Q.S. al-Furqan /25: 63; Q.S. al-Isra’/17: 26-27; Q.S. al-Bayyinah/98; Q.S. an-Nahl/16: 114; Q.S. adh-Dhuha/93; Q.S. az-Zumar/39: 53; Q.S. an-Najm/53: 39-42; Q.S.Ali Imron/3: 159; Q.S. anNaba’/78; dan Q.S. al-Hujurat/49: 13. Pada unsur Al-Hadits, peserta didik mampu mambaca, menghafalkan, memahami, dan mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu, bukti kekuasaan Allah Swt, ikhlas, sabar, pemaaf, rendah hati, hemat, dan hidup sederhana, agama yang lurus, makanan dan minuman yang halal dan bergizi, kesalehan sosial, optimis, ikhtiar, tawakal, kiamat, dan toleransi menghargai perbedaan. Capaian pembelajaran unsur mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits fase D kelas V dan VI disajikan pada tabel di bawah ini:

Tabel Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase D Kelas VII, VIII dan IX


Fase D: Kelas VII

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami dan menerapkan hukum bacaan mad thabi’i pada bacaan ayat Al-Qur’an dengan tanda baca harakat fathah diikuti dengan alif, atau harakat kasrah diiringi dengan huruf ya sukun, dan harakat dammah yang diikuti dengan huruf waw sukun, serta membiasakan membaca Al-Qur’an dengan fasih, lancar, baik, dan benar.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Pada unsur Al-Qur’an, peserta didik mampu memahami definisi Al-Qur’an dan kedudukannya sebagai petunjuk hidup manusia, penyempurna kitabkitab suci sebelumnya, dan sumber pokok ajaran agama Islam; memahami perintah menaati Allah dan Rasul-Nya serta ulil amri dari orang yang beriman. Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayatayat: Q.S. al-Baqarah/2: 185; Q.S. al-Maidah/5: 48; Q.S. an-Nahl/16: 64; Q.S. Saba/34: 28; Q.S. al-Baqarah/2: 2-4; Q.S. adz-Dzariyat/51: 56; Q.S. al-Baqarah/2: 30; Q.S. al-Nahl/16: 89; Q.S. an-Nisa/4:59; asy-Syams/91: 1-7, Q.S. an-Nisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, Q.S. Ali Imran/3: 134, dan al-Fajr/89. 

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, dan memahami Al-Hadits tentang iman kepada kitab dan Rasul, shalat Jum’at, menuntut ilmu, bukti kekuasaan dan rahmat Allah Swt, bersyukur, sabar, toleransi dan pemaaf; mereka mampu mengimplementasikan kandungan Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari

Fase D: Kelas VIII

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami dan menerapkan hukum bacaan mad far’i mulai dari mad wajib muttasil, mad jaiz munfasil, mad layyin, mad badal, mad tamkin, mad 'iwadl, dan mad aridh lissukun, agar dapat membiasakan membaca Al-Qur’an dengan fasih, lancar, baik dan benar.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik memahami penciptaan alam sebagai bukti Allah Maha Pencipta; memahami pentingnya memanfaatkan alam dengan bersyukur, memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan, serta memahami larangan berbuat kerusakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam; mampu menjelaskan pemahamannya tentang konsep sikap beragama yang moderat (wasathiyah) sesuai dengan Al-Qur’an. Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. al-Baqarah/2: 143; Q.S. alA’raf/7: 54; Q.S. al-Anbiya/21:30; Q.S. ar-Rum/30: 41- 42; Q.S. Ibrahim/14: 32, Q.S. az-Zukhruf/43: 13-14; dan Q.S. al-A’raf/7: 56-58. Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. al-Isra’/17: 26-27; Q.S. alBayyinah/98; Q.S. an-Nahl/16: 114 QS. adl-Dluha/93. 

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, dan memahami Al-Hadits tentang iman kepada haru akhir, shalat sunnah, hidup sederhana, rendah hati, dan hemat; agama yang lurus; makanan dan minuman halal dan bergizi, dan kesalihan sosial; mereka mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Fase D: Kelas IX

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami dan menerapkan hukum bacaan gharib sebagai bacaan-bacaan yang tergolong ke dalamnya mempunyai kekhususan dalam hal membacanya, agar dapat membiasakan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik memahami tingginya semangat keilmuan dan belajar dalam Al-Qur’an, kedudukan orang-orang yang berilmu, dan akhlak dalam majelis ilmu. Peserta didik juga mampu membaca, menulis, menghafalkan, menerjemahkan dan memahami ayat-ayat: Q.S. anNisa/4: 146; Q.S. al-Baqarah/2: 153; Q.S. Ali Imran/3: 134; dan al-Fajr/89; Q.S. al-Furqan /25: 63; Q.S. alIsra’/17: 26-27; Q.S. al-Bayyinah/98; Q.S. an-Nahl/16: 114; Q.S. adl-Dluha/93; Q.S. az-Zumar/39: 53; Q.S. anNajm/53: 39-42; Q.S.Ali Imron/3: 159; Q.S. anNaba’/78; dan Q.S. al-Hujurat/49: 13. 

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan dan memahami Al-Hadits tentang iman kepada qadla dan qadar, shalat tahajjud, optimis, ikhtiar dan tawakal, kiamat, toleransi dan menghargai perbedaan, serta menghormati sesama.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase D kelas VII, VIII, dan IX. Semoga bermanfaat, membantu memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mencari dan mengetik Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur'an dan Al-Hadits kelas 7, 8, dan 9 Sekolah Dasar Muhammadiyah. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits semua Fase (Fase A, B, C, D, E, dan F) silahkan baca pada postingan di bawah ini. Tinggal Bapak/Ibu Guru pilih sesuai kelasnya masing-masing dengan meng-klik judul yang ada. 

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 7, 8, dan 9 ~ sekolahmuonline.com"

close