Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas X ~ sekolahmuonline.com

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas X ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran Pendidikan Al-Quran dan Hadits. Pendidikan Al-Quran dan Hadits adalah salah satu mata pelajaran dari kurikulum Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiayan, dan Bahasa Arab).
Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas X

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas 10

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Untuk mencapai garis finish, pembelajaran disusun dalam enam fase.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan fasefase Capaian Pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran:
a. Pembelajaran yang fleksibel. Ada kalanya proses belajar berjalan lebih lambat pada suatu periode (misalnya, ketika pembelajaran di masa pandemi COVID-19) sehingga dibutuhkan waktu lebih panjang untuk mempelajari suatu konsep. Ketika harus “menggeser” waktu untuk mengajarkan materi-materi pelajaran yang sudah dirancang, guru memiliki waktu lebih panjang untuk mengaturnya.
b. Pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan peserta didik. Fase belajarbseorang peserta didik menunjukkan kompetensinya, sementara kelas menunjukkan kelompok (cohort) berdasarkan usianya. Dengan demikian, ada kemungkinan peserta didik berada di kelas III SD, namun belajar materi pelajaran untuk Fase A (yang umumnya untuk kelas I dan II) karena ia belum tuntas mempelajarinya.
c. Pengembangan rencana pembelajaran yang kolaboratif. Satu fase biasanya lintas kelas, misalnya CP Fase D yang berlaku untuk Kelas VII, VIII, dan IX. Saatbmerencanakan pembelajaran di awal tahun ajaran, guru kelas VIII perlu berkolaborasi dengan guru kelas VII untuk mendapatkan informasi tentang sampai mana proses belajar sudah ditempuh peserta didik di kelas VII.
Selanjutnya ia juga perlu berkolaborasi dengan guru kelas IX untuk menyampaikan bahwa rencana pembelajaran kelas VIII akan berakhir di suatu topik atau materi tertentu, sehingga guru kelas IX dapat merencanakan pembelajaran berdasarkan informasi tersebut. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, Capaian Pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran yang meliputi 6 (enam) fase dan kelas. 

Fase E (kelas X Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan)

Pada akhir fase E, unsur tajwid peserta didik mampu membaca Al-Qur’an membaca Al-Qur’an dengan tartil, fasih dan lancer, menerapkan hukum bacaan mad, idzhar, ikhfa, ghunnah, idgham, Al Qomariyyah dan Al Syamsiyyah yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an secara konsisten. Dalam unsur Al-Qur’an peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina, serta larangan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar, menulis, mengartikan dan memahami ayat Al-Qur’an: Q.S. Al-Baqarah/2: 148; Q.S. AlMaidah/5: 48; Q.S. an-Nur/24: 24; Q.S. Fathir/35: 32; Q,S. an-Nahl/16: 97; Q.S. atTaubah/9: 105; Q.S. al-Isra17: 31-32; Q.S. al-Nur/24:2. Q.S; Q.S. an-Nisa'/4: 29; Q.S. al-Maidah/5: 32; az-Zumar/39: 62 dan an-An’am/6: 102, Q.S.al-Hujurat/49: 10-12, Q.S. an-Nahl/16: 78, Q.S. al-Isra’/17: 31-32, dan, Q.S. an-Nahl/16): 125, membiasakan membaca, tilawah, mentadabburkan dan mengamalkannya. Pada unsur Al-Hadits, peserta didik mampu membaca, menulis dan menghafal, mengatikan dan memahami kandungan Al-Hadits tentang: pengendalian diri, ukhuwwah, kepemimpinan, pemanfaatan kesempatan untuk beribadah, larangan berkhalwat, larangan pergaulan bebas, kewajiban berdakwah bagi setiap muslim, dan strategi dakwah serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Capaian pembelajaran unsur mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits fase E kelas X disajikan pada tabel sebagai berikut:
Tabel Capaian Pembelajaran
Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas X.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas X

Fase E: Kelas X

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan makharijul huruf fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid, menerapkan hukum bacaan Mad, idzhar, ikhfa, ghunnah, idgham, Al Qomariyyah dan Al Syamsiyyah, dalam ayat-ayat: Q.S. Al-Baqarah/2: 148; Q.S. AlMaidah/5: 48; Q.S. an-Nur/24: 24; Q.S. Fathir/35: 32; Q,S. an-Nahl/16: 97; Q.S. at-Taubah/9: 105; Q.S. alIsra17: 31-32; Q.S. an-Nur/24:2. Q.S; Q.S. an-Nisa'/4: 29; Q.S. al-Maidah/5: 32; az-Zumar/39: 62 dan anAn’am/6: 102, Q.S.al-Hujurat/49: 10-12, Q.S. anNahl/16: 78, Q.S. al-Isra’/17: 31-32, dan, Q.S. anNahl/16): 125.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina, serta larangan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar, menulis, mengartikan dan memahami ayat-ayat: Q.S. Al-Baqarah/2: 148; Q.S. Al-Maidah/5: 48; Q.S. anNur/24: 24; Q.S. Fathir/35: 32; Q,S. an-Nahl/16: 97; Q.S. at-Taubah/9: 105; Q.S. al-Isra17: 31-32; Q.S. anNur/24:2. Q.S; Q.S. an-Nisa'/4: 29; Q.S. al-Maidah/5: 32; az-Zumar/39: 62 dan an-An’am/6: 102, Q.S.alHujurat/49: 10-12, Q.S. an-Nahl/16: 78, Q.S. al-Isra’/17: 31-32, dan, Q.S. an-Nahl/16): 125. Peserta didik membiasakan membaca, tilawah, mentadabburkan dan mengamalkan Al-Qur’an.

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menghafalkan mengartikan, memahami, menganalisis Al-Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina serta Al-Hadits tentang larangan mencelakai diri sendiri dan larangan mencelakai orang lain; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina; memahami AlHadits tentang larangan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, dan memahami kandungan, serta mengomunikasikan Al-Hadits tentang pengendalian diri (HR. Bukahri dan Muslim), Al-Hadits tentang ukhuwwah (HR Bukhari-Muslim), Al-Hadits tentang kepemimpinan (HR Bukhari-Muslim), Al-Hadits tentang pemanfaatan kesempatan untuk beribadah (HR Hakim), Al-Hadits tentang larangan berkhalwat (HR Tirmidzi dan Ahmad), Al-Hadits tentang larangan pergaulan bebas (HR Ahmad), Al-Hadits tentang kewajiban dakwah bagi setiap individu (HR Bukhari), Al-Hadits tentang strategi dakwah (HR. Muslim); mereka mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas X. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Contoh Pembuatan Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase E Kelas X

==========================================

DIISI KOP Sekolah Anda (Seperti KOP Surat Sekolah)

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA Sekolahmuonline

Mata Pelajaran       : Pendidikan Al-Quran dan Al-Hadits

Kelas/ Peminatan       :  X / UMUM (SMK Menyesuaikan)

Tahun Pelajaran           : 2022/2023


Fase E

Unsur

Capaian Pembelajaran

Kelas X

Ilmu Tajwid

Peserta didik mampu membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan makharijul huruf fasih dan sesuai dengan ilmu tajwid, menerapkan hukum bacaan Mad, idzhar, ikhfa, ghunnah, idgham, Al Qomariyyah dan Al Syamsiyyah, dalam ayat-ayat: Q.S. Al-Baqarah/2: 148; Q.S. Al- Maidah/5: 48; Q.S. an-Nur/24: 24; Q.S. Fathir/35: 32; Q,S. an-Nahl/16: 97; Q.S. at-Taubah/9: 105; Q.S. al- Isra17: 31-32; Q.S. an-Nur/24:2. Q.S; Q.S. an-Nisa'/4:29; Q.S. al-Maidah/5: 32;   az-Zumar/39: 62 dan an-An’am/6: 102, Q.S.al-Hujurat/49: 10-12, Q.S. an- Nahl/16: 78, Q.S. al-Isra’/17: 31-32, dan, Q.S. an- Nahl/16): 125.

Al-Qur’an

Peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina, serta larangan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar, menulis, mengartikan dan memahami ayat-ayat: Q.S. Al-Baqarah/2: 148; Q.S. Al-Maidah/5: 48; Q.S. an- Nur/24: 24; Q.S. Fathir/35: 32; Q,S. an-Nahl/16: 97; Q.S. at-Taubah/9: 105; Q.S. al-Isra17: 31-32; Q.S. an- Nur/24:2. Q.S; Q.S. an-Nisa'/4: 29; Q.S. al-Maidah/5: 32; az-Zumar/39: 62 dan an-An’am/6: 102, Q.S.al- Hujurat/49: 10-12, Q.S. an-Nahl/16: 78, Q.S. al-Isra’/17: 31-32, dan, Q.S. an-Nahl/16): 125. Peserta didik membiasakan membaca, tilawah, mentadabburkan dan mengamalkan Al-Qur’an.

Al-Hadits

Peserta didik mampu membaca, menghafalkan mengartikan, memahami, menganalisis Al-Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina serta Al-Hadits tentang larangan mencelakai diri sendiri dan larangan mencelakai orang lain; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina; memahami Al- Hadits tentang larangan mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Peserta didik mampu membaca, menulis,

                                                               

 

Kota Anda,    Juli 2022

Kepala Sekolah,

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

Sekolahmuonline, S.Pd.,M.Pd.,MM

Sekolahmuonline, S.Pd.I

NIP/NBM .....

NBM.1018055

 

Lengkap Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits semua Fase (Fase A, B, C, D, E, dan F) silahkan baca pada postingan di bawah ini. Tinggal Bapak/Ibu Guru pilih sesuai kelasnya masing-masing dengan meng-klik judul yang ada. 

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas X ~ sekolahmuonline.com"

close