Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 3 dan 4 ~ sekolahmuonline.com

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 3 dan 4 ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Al-Quran dan Hadits kelas 3 dan 4 SD/MI Muhammadiyah yang sekarang menerapkan Kurikulum Merdeka, berikut ini Sekolahmuonline posting Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Quran dan Al-Hadits Fase B (kelas III dan IV).
Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas III dan IV Sekolah Dasar Muhammadiyah
Kami sajikan agar Bapak/Ibu guru lebih mudah untuk mengcopy tulisannya. Daripada ngetik-ngetik manual dan atau ngopy terus edit-edit lagi jadi capek, nah tinggal buat tabel terus ambil tulisannya dari postingan Sekolahmuonline di bawah ini.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase B kelas III dan IV

Fase B (Kelas III dan IV Sekolah Dasar)

Pada akhir Fase B, pada unsur ilmu tajwid peserta didik mampu memahami hukum bacaan Qolqolah, Mad Thabi’i, Izhar, Ikhfa’, Idgham bighunnah, Idgham bilaghunnah dan Iqlab agar terbiasa membaca Al-Qur’an dengan fasih, lancar, baik dan benar. Pada unsur Al-Qur’an, peserta didik mampu membaca, menghafalkan, mengartikan, mengomunikasikan arti dan isi kandungan surat surat pendek/pilihan (minimal Q.S. al-Qari’ah, al-‘Adiyat, az-Zalzalah, dan al-Bayyinah, al-‘Alaq, at-Tin, al- Insyirah, adl-Dluha, al-Lail, asy-Syams, al-Balad, al-Fajar dan al-Ghasiyah). Pada unsur Al-Hadits, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, mengartikan, dan mengomunikasikan arti dan kandungan Al-Hadits tentang salat berjamaah, persaudaraan, takwa dan silaturahmi serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Capaian pembelajaran unsur mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits pada fase B kelas III dan IV disajikan dalam tabel di bawah ini:

Tabel Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase B kelas III dan IV


Fase B: Kelas III

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami hukum bacaan Qolqolah, Mad Thabi’i, Idhhar, dan Ikhfa’ agar terbiasa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis menghafalkan, mengartikan, mengomunikasikan arti surah-surah pendek Al-Qur’an (sekurang-kurangnya surah al-Qari’ah, al-‘Aadiyat, az-Zalzalah, dan al-Bayyinah, Q.S. al-‘Alaq, at-Tin, al-Insyirah, adl-Dluha)

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, mengartikan, dan memahami kandungan Al-Hadits tentang sifat-sifat Allah, shalat fardlu, shalat berjamaah, dan persatuan; mereka mampu menerapkan isi Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari.
 
Fase B: Kelas IV

Unsur: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu memahami hukum bacaan Idgham bighunnah, Idgham bilaghunnah dan Iqlab agar terbiasa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Unsur: Al-Qur’an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menghafalkan, mengartikan, mengomunikasikan arti surah-surah pendek Al-Qur’an (sekurang-kurangnya surah al-Lail, asy-Syams, dan al-Balad, al-Fajar dan al-Ghasiyah).

Unsur: Al-Hadits
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menghafalkan, mengartikan, dan memahami arti Al-Hadits tentang takwa, puasa Ramadlan dan silaturahmi; mareka mampu menerapkan isi Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Fase B kelas III dan IV. Semoga bermanfaat, membantu memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam mencari dan mengetik Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur'an dan Al-Hadits kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar Muhammadiyah. Selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits semua Fase (Fase A, B, C, D, E, dan F) silahkan baca pada postingan di bawah ini. Tinggal Bapak/Ibu Guru pilih sesuai kelasnya masing-masing dengan meng-klik judul yang ada. 

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits Kelas 3 dan 4 ~ sekolahmuonline.com"

close