Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Sosiologi Kelas 10: Realitas Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com

Soal Sosiologi Kelas 10: Realitas Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya mata pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA khusus pembahasan Realitas Sosial.
Soal Sosiologi Kelas X SMA/MA Pembahasan Realitas Sosial lengkap dengan kunci jawabannya
Selamat membaca dan mempelajari, semoga membantu memberi kemudahan Anda dalam belajar secara mandiri dengan hanya bermodal kuota internet tanpa mengeluarkan biaya yang banyak untuk ambil les privat.

Soal Sosiologi Kelas X Realitas Sosial

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian realitas sosial! 

Jawaban:

Pengertian Realitas Sosial

Realitas sosial (social reality) adalah kenyataan fakta yang terjadi dalam masyarakat berkaitan dengan kestabilan dalam keadaan normal atau tidak normalnya pola hubungan masyarakat. 

Pengertian realitas sosial dalam sosiologi adalah hal yang dianggap nyata dalam kehidupan sosial dan merupakan hasil konstruksi sosial, selain itu juga diartikan sebagai isi dasar yang dapat menjelaskan kenyataan dalam kehidupan sosial masyarakat yang saling melakukan kontak sosial dan juga komunikasi sosial.

Realitas sosial juga diartikan sebagai bentuk kegiatan, perubahan, dan kejadian nyata dalam masyarakat yang saling berhubungan. Peristiwa tersebut tercipta akibat proses interaksi yang berlangsung dalam masyarakat yang sering menjadi penyebab dalam dinamika kelompok sosial masyarakat. Secara sederhana, dapat dikemukakan contoh-contoh realitas sosial yaitu masyarakat dan keluarga. 

2. Jelaskan pengertian masyarakat menurut para ahli! 

Jawaban:

Konsep Masyarakat

Masyarakat merupakan salah satu hal yang dikaji dalam ilmu pengetahuan sosiologi namun dalam sosiologi sendiri, istilah masyarakat mendapat penafsiran yang beragam di antara para ahli, diantaranya:

a. Koentjaraningrat (1985)

Menjelaskan bahwa masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang melakukan interaksi menurut suatu sistem adat-istiadat tertentu dimana memiliki sifat kontinu serta terikat oleh rasa identitas bersama.

b. Ralph Linton

Seperti yang dikutip oleh Soerjono Soekanto (1989) menafsirkan bahwa masyarakat merupakan kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga mereka mampu mengorganisasikan dirinya sebagai sebuah kesatuan dengan batas-batas tertentu.

c. Paul B. Horton

Berpendapat bahwa masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang secara relatif hidup mandiri bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu, berkebudayaan yang sama serta melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

3. Melihat konsep masyarakat dari pendapat tiga ahli tentang pengertian masayarakat, ada beberapa unsur pokok dalam masyarakat yang bisa kita ambil. Sebutkan apa saja unsur-unsur tersebut!

Jawaban:

Unsur-unsur Pokok Masyarakat

Beberapa unsur pokok dalam masyarakat:
1) Harus ada kelompok atau manusia yang hidup bersama,
2) Adanya pergaulan yang sudah terjalin dalam waktu yang lama,
3) Adanya aturan yang mengatur kelompok tersebut,
4) Adanya kesadaran di kelompok tersebut bahwa mereka merupakan satu kesatuan,
5) Terciptanya sebuah kebudayaan,
6) Mendiami wilayah tertentu.

4. Jelaskan pengertian keluarga! 

Jawaban:

Konsep Keluarga (Pengertian Keluarga)

Keluarga yaitu suatu kesatuan sosial yang disatukan oleh ikatan perkawinan, hubungan darah, atau adopsi terdiri dari suami, istri dan anak.

5. Sebutkan ciri-ciri atau karakteristik keluarga!

Jawaban:

Ciri-ciri atau Karakteristik Keluarga

Ciri atau karakteristik keluarga, diantaranya yaitu:
a. Disatukan oleh suatu ikatan perkawinan, hubungan darah atau adopsi.
b. Umumnya anggota keluarga hidup dalam satu rumah tangga.
c. Berinteraksi dan berkomunikasi.
d. Mempertahankan juga menciptakan kebudayaan bersama.

6. Ada dua bentuk keluarga. Sebutan dan jelaskan! 

Jawaban:

Bentuk Keluarga

Dua bentuk keluarga, yaitu :
1) Keluarga inti (keluarga batih), yakni bentuk keluarga berdasarkan perkawinan tunggal yang terdiri dari suami, istri dan anaknya.
2) Keluarga besar, yakni bentuk keluarga baik tunggal maupun berdasarkan bentuk perkawinan jamak (poligami) yang terdiri dari seorang ayah dan beberapa orang ibu atau sebaliknya, atau ditarik dari satu keturunan dengan semua keturunannya.

7. Sebutkan dan jelaskan secara singkat tugas keluarga! 

Jawaban:

Tugas Keluarga

Adapun tugas keluarga, antara lain:
1) Tugas sosial biologis, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan biologis untuk meneruskan keturunan dan memberikan kasih sayang.
2) Tugas sosial ekonomi, yakni sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup.
3) Tugas sosial kultural, yakni sebagai alat pewarisan budaya.
4) Tugas sosial religius, yakni sebagai bagian dari kehidupan sosial beragama

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA khusus pembahasan Realitas Sosial lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi Kelas 10: Realitas Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com"

close