Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay atau Uraian lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Sosiologi Kelas X Bab 1 yang membahas tentang Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan.
Soal Sosiologi Kelas X Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Kunci Jawabannya

Soal Sosiologi Kelas X Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan dan Kunci Jawabannya

Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Sejarah Perkembangan dan Konsep Dasar Sosiologi. Pembelajaran Kedua membahas tentang Tujuan dan Kegunaan Sosiologi. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Gejala Sosial

A. Soal Pilihan Ganda Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Sosiologi lahir sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Istilah sosiologi berasal dari bahasa Yunani socius yang berarti kawan dan logos yang artinya... .
A. hubungan sosial
B. ilmu atau pikiran
C. kehidupan bersama
D. hubungan antarindividu
E. hubungan antar kelompok

Jawaban: B
Pembahasan:
Istilah sosiologi secara etimologis berasal dari kata Latin socius yang berarti teman, kawan', dan logos yang berarti 'ilmu'.
Jadi apakah yang dimaksud sosiologi? Merujuk pada arti dua kata tersebut, maka sosiologi berarti ilmu tentang teman.
Dalam arti yang lebih luas, sosiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi manusia di dalam masyarakat. 

2. Seorang sosiolog merintis upaya penelitian terhadap masyarakat yang selama berabad-abad sebelumnya dianggap mustahil dan mulai memperkenalkan istilah sosiologi. Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh... .
A. Max Weber
B. Ibnu Kaldun
C. Ralp Lonton
D. Auguste Comte
E. Aristoteles

Jawaban: D
Pembahasan:
Istilah Sosiologi ini pertama kali diperkenalkan oleh August Comte yang kemudian dikenal sebagai bapak Sosiologi dunia. August Comte mengatakan jika Sosiologi merupakan ilmu yang menggunakan masyarakat sebagai objeknya.
Sebenarnya, sebelum August Comte menggagas tentang Sosiologi, Ibnu Khaldun yang merupakan tokoh pemikir Islam telah memperkenalkan kajian tentang masyarakat sekitar tahun 1332. Namun, memang kajian tentang Sosiologi secara umum dan lengkap dibahas oleh August Comte.

3. Ruang lingkup sosiologi adalah… .
A. sama dengan ilmu-ilmu sosial yang lain
B. lebih sempit dibandingkan ilmu sosial yang lain
C. lebih luas daripada ilmu sosial yang lain
D. kadang lebih luas kadang sempit
E. bergantung subjek yang dibahas

Jawaban: E

4. Tokoh dari Prancis dari gambar berikut ini yang dijuluki sebagai “Bapak Sosiologi” adalah… .


A. Auguste Comte
B. Selo Soemardjan
C. Pitirim A. Sorokin
D. Roucek Warren
E. Emile Durkheim

Jawaban: A

5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Hasil pengamatan terhadap realitas sosial yang tidak asal-asalan
(2) Senantiasa berusaha menyusun abstraksi dari hasil pengamatan menjadi teori
(3) Teori yang dibangun berdiri sendiri tanpa berkaitan dengan teori sebelumnya
(4) Realitas sosial dianalisis tanpa mempersoalkan baik-buruknya fakta
(5) Mempelajari masyarakat secara keseluruhan dan hubungan antarmanusia 

Berdasarkan beberapa pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri sosiologi ditunjukkan oleh nomor… .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5)

Jawaban: B
Pembahasan:
Sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu tentulah memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang ilmiah. Berikut adalah empat ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu:
a. Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi sebagai ilmu dilandasi pada observasi kenyataan dan tidak bersifat spekulatif atau mengira-ngira suatu kebenaran. Jadi kebenaran yang diuji haruslah berdasar penelitian ilmiah.
b. Sosiologi bersifat teortitis, artinya ilmu pengetahuan dibangun menjadi sebuah teori (abstraksi) yang disusun secara logis untuk tujuan mencari sebab akibat dari suatu fenomena sosial.
c. Sosiologi bersifat kumulatif, artinya disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Sebagai ilmu pengetahuan yang dinamis, sosiologi berkembang dari teori yang sudah ada, yang kemudian dikritisi, diperbaiki, agar teori-teori tersebut dapat lebih relevan mengikuti perkembangan jaman.
d. Sosiologi bersifat nonetis, artinya sosiologi mempersoalkan fakta yang terjadi di masyarakat, bukan tentang baik dan buruknya fakta.

6. Sosiologi sebagai ilmu didasarkan pada hasil observasi,tidak spekulatif dan menggunakan akal sehat. Hal ini menunjukaan bahwa sosiologi bersifat… .
A. teoritis
B. empiris
C. kumulatif
D. nonetis
E. dinamis

Jawaban: B
Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi sebagai ilmu dilandasi pada observasi kenyataan dan tidak bersifat spekulatif atau mengira-ngira suatu kebenaran. Jadi kebenaran yang diuji haruslah berdasar penelitian ilmiah. (Lihat pembahasan soal nomor 6) 

7. Dalam sebuah ilmu pengetahuan, teori merupakan konsep yang penting. Begitu pula dengan ilmu sosiologi. Beberapa teori sosiologi disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Kemudian teori tersebut mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai kondisi/fakta terbaru dalam masyarakat. 

Uraian tersebut merupakan karakteristik dari sosiologi yang bersifat… .
A. empiris.
B. nonetis.
C. kumulatif.
D. teoretis.
E. sistematis.

Jawaban: C
Pembahasan:
Lihat pembahasan soal nomor 6

8. Gejala sosial pada dasarnya merupakan sebuah kajian ilmu yang dipelajari dalam sosiologi, yang diartikan sebagai peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam… .
A. keluarga
B. kelompok bermain
C. sekolah
D. organisasi
E. masyarakat

Jawaban: E
Pembahasan:
Gejala Sosial adalah masalah sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Gejala sosial juga dapat diartikan sebagai fenomena sosial.
Munculnya fenomena sosial tersebut berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial tidak bisa kita hindari namun kita perlu mengantisipasi. Pengertian gejala sosial juga dapat kita artikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

9. Suatu keadaan dimana seseorang tidak bisa menjamin hidupnya sendiri, seperti orang lain pada umumnya disebut… .
A. Pengangguran
B. Gejala sosial
C. Penyimpangan sosial
D. Ketidakteraturan sosial
E. Kemiskinan

Jawaban: E
Pembahasan:
Kemiskinan, merupakan contoh gejala sosial yang sering dijumpai disekitar kita.
Kemskinan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif. Kemiskinan absolut yaitu individu atau kelompok orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya. Kemiskinan relatif yaitu individu atau kelompok orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, akan tetapi dirinya masih merasa miskin jika dibandingkan dengan orang lain atau kelompok lain. Kemiskinan bisa disebabkan tidak mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer. akan tetapu dalam sosiologi, salah satu faktor penyebab kemiskinan ini yaitu karena lembaga kemasyarakatan di bidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini dapat menyebar ke bidang lain seperti pendidikan, sosial, dan lain sebagainya

10. Berikut ini yang bukan sifat dan hakikat ilmu sosiologi adalah... .
A. rumpun ilmu-imu sosial menyangkut gejala-gejala kemasyarakatan dan bersifat empiris
B. pengetahuan abstrak dan bukan konkret
C. pengetahuan empiris dan rasional
D. pengetahuan yang bersifat terapan
E. mempelajari gejala-gejala umum setiap interaksi masyarakat

Jawaban: D
Pembahasan:
Hakikat Sosiologi:
a. Sosiologi merupakan Ilmu Sosial, Bukan Ilmu Pengetahuan Alam, juga bukan Ilmu Kerohanian. Perbedaan Sosiologi dengan ilmu diatas adalah pada isinya, Sosiologi berisi tentang kemasyarakatan, berbeda dengan biologi tentang tumbuhan, astronomi tentang ruang angkasa, dan tentu berbeda dengan ilmu lainnya.
b. Sosiologi Termasuk ilmu Pengetahuan yang Kategoris, bukan normatif.
Artinya sosiologi membatasi pembahasan pada apa yang sedang terjadi, bukan pada apa yang akan terjadi, juga bukan pada sesuatu yang seharusnya terjadi. Sosiologi merupakan ilmu bebas nilai, karena tidak mempertimbangkan baik buruknya suatu fakta.
c. Sosiologi Adalah Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science), Bukan Ilmu pengetahuan terapan (applied Science). Artinya Sosiologi merupakan suatu ilmu yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan mutunya tanpa dipergunakan dalam masyarakat. 

Dalam Penerapannya, Ilmu Pengetahuan terbagi menjadi dua, yaitu Murni dan Terapan. Ilmu Pengetahuan murni adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mengembangkan dan membentuk ilmu pengetahuan secara abstrak dengan mempertinggi mutunya tanpa digunakan secara langsung dalam kehidupan. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Terapan adalah Ilmu yang bertujuan untuk diterapkan dan dipergunakan dalam kehidupan.

1) Sosiologi merupakan Ilmu Pengetahuan yang Abstrak. Artinya Sosiologi melakukan pengamatan terhadap bentuk dan pola yang terjadi dalam masyarakat, bukan merupakan wujud konkret.
2) Sosiologi adalah ilmu yang rasional, dan terkait dengan metode yang digunakannya. Artinya Sosiologi tidak berlawanan dengan akal sehat dan kenyataan yang ada, serta dalam penelitiannya menggunakan metode-metode sosiologi.
3) Sosiologi Termasuk Ilmu Pengetahuan Umum, Bukan Ilmu Pengetahuan Khusus. Artinya Sosiologi mempelajari gejala umum yang terjadi pada objek studinya yaitu masyarakat. Gejala umum yang dipelajari lebih ditekankan pada interaksi yang terjadi.

11. Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara... .
A. manusia dengan lingkungan
B. rakyat dengan penguasa
C. masyarakat dengan budayanya
D. kelas-kelas sosial di masyarakat
E. manusia dengan manusia atau kelompok

Jawaban: E

12. Berikut yang mendapat sebutan Bapak Sosiologi ialah... .
A. Pitrim A. Sorokon
B. Auguste Comte
C. Herbert Spencer
D. Max Weber
E. Karl Marx

Jawaban: B

13. Disuatu daerah, masyarakatya memiliki kebiasaan tidak baik. Sampah dibuang sembarangan, saluran air tersumbat, sering banjir, dan terkesan kumuh. Pemerintah daerah setempat meminta peneliti untuk melakukan kajian bagaimana strategi yang harus ditempuh agar masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Strategi ini akan dituangkan dalam priotritas program kerja pemerintah daerah. Fungsi sosiologi dalam menangani masalah tersebut adalah… .
A. membantu pemerintah melakukan pembangunan sosial
B. mengevaluasi proses pembangunan sosial masyarakat
C. membantu dalam perencanaan pembangunan sosial
D. memberikan data orang yang berperilaku tidak baik
E. menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan

Jawaban: C

14. Pemerintah menjadi mediator dalam kinlfik. Dalam penyelesaian pertikaian tersebut, pemerintah menggunakan metode sesuai ilmu sosiologi. Berdasarkan hal ini, sosiologi memiliki kegunaan sebagai... .
A. pembangunan sosial
B. solusi masalah sosial
C. pembuatan keputusan
D. penengah masalah sosial
E. bahan perencanaan sosial

Jawaban: B

15. Masalah kemiskinan berkaitan dengan berbagai aspek sosial, untuk mengkaji sebab-sebab terjadinya kemiskinan. Ilmu sosiologi dapat memberikan sumbangan dalam bentuk... .
A. Benda dan jasa 
B. Barang dan konsumsi 
C. Kegiatan produksi
D. Data dan informasi
E. Tenaga kerja terampil

Jawaban: D

16. Tomi merupakan siswa SMA yang telah kecanduan narkoba. Perbuatan Tomi yang berlawanan dengan norma dan nilai-nilai sosial termasuk dalam gejala sosial yang menjadi objek kajian sosiologi yaitu... .
A. kemiskinan
B. kebodohan
C. kenakalan remaja
D. kesenjangan sosial
E. disorganisasi keluarga

Jawaban: C

17. Gejala sosial dapat dikenali dalam bentuk tindakan sosial. Tindakan dari individu dapat dikategorikan sebagai bentuk adanya gejala sosial karena... .
A. bermanfaat bagi dirinya sendiri
B. mendapat respons dari orang lain
C. tidak dipahami dan dimaknai oleh orang lain
D. dilakukan secara spontan dan tanpa perencanaan
E. diarahkan secara tidak terorganisasi pada suatu fenomena

Jawaban: D

18. Perhatikan gambar berikut!


Sosiologi mengkaji perubahan sosial budaya yang terus menerus berlangsung yang disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal. Gambar tersebut menunjukkan adanya peranan sosiologi dalam bidang... .
A. sosial
B. militer
C. politik
D. ekonomi
E. pembangunan

Jawaban: D

19. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia membutuhkan orang lain. Suatu bentuk interaksi sosial yang lebih luas, yang diatur oleh norma-norma sosial, antara dua orang atau lebih yang memiliki posisi dan peran sosial menunjukkan adanya... .
A. fakta sosial
B. gejala sosial
C. realitas sosial
D. hubungan sosial
E. fenomena sosial

Jawaban: B

20. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi tentunya mempunyai tujuan dalam mempelajarinya. Tujuan mempelajari sosiologi kaitannya sebagai ilmu terapan adalah... .
A. alat penyaluran aspirasi rakyat dalam pembangunan
B. membandingkan kebijakan atau program pemerintah
C. sebagai sarana penyalur komunikasi antar suku bangsa
D. masalah perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia
E. meningkatkan pemahaman tentang hubungan antarmanusia dan dinamika kehidupan sosial masyarakat.

Jawaban: E

21. Para pedagang kaki lima (PKL) banyak yang berjualan di pinggir jalan, untuk memelihara ketertiban pemerintah daerah merelokasi para pedagang kaki lima tersebut di tepi kota. Berdasarkan kasus tersebut sosiologi berfungsi sebagai… .
A. pengawas sosial
B. kekuatan sosial
C. pemecahan masalah
D. pengambil keputusan
E. perencana pembangunan

Jawaban: E

Pembahasan:
Sosiologi dapat mengidentifikasi banyaknya para PKL yang berjulan sehingga untuk mengidentifikasi para PKL, memerlukan data-data yang relatif lengkap, yang meliputi: Pola interaksi sosial, kelompok sosial, lembaga sosial, stratifikasi sosial

22. Seorang walikota ingin melakukan perbaikan pada sistem tata kota di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan agar tata kota terlihat lebih indah dan nyaman. Untuk itu, sosiolog membantunya memberikan data yang akurat tentang kebutuhan masyarakat pada keindahan kota. Manfaat sosiologi dalam kasus tersebut adalah untuk… .
A. penelitian
B. pencegahan
C. pengawasan
D. penyelesaian
E. pembangunan

Jawaban: A

Pembahasan:
Sosiologi dapat bermanfaat dalam memberikan sumbangsih data penelitian kepada pemerintah sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai acuan pemerintah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi dalam masyarakat.

23. Sebelum memberikan izin pendirian pusat perbelanjaan, walikota minta sosiolog untuk memberikan masukan tentang dampak sosial pembangunan pusat perbelanjaan terhadap masyarakat. Dengan demikian, fungsi kajian sosiologi dalam kasus tersebut adalah… .
A. Sumber data perencanaan pembangunan kota
B. Pelaksana Pembangunan tata kota
C. memberi masukan kepada pemerintah
D. mengurangi dampak pembangunan di kota
E. mencegah pembangunan yang tidak ramah lingkungan

Jawaban: A

Pembahasan:
Salah satu manfaat sosiologi adalah sebagai sumber data perencanaan pembangunan melalui kajian sosiologis sehingga diperoleh rencana pembangunan yang tepat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat

24. Salah satu masalah sosial dalam masyarakat adalah kemiskinan, Tingginya angka kemiskinan dapat meningkatkan tindak kriminal dalam masyrakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut fungsi sosiologi adalah memberikan sumbangan dalam bentuk… .
A. Perencanaan
B. Jasa konsultan
C. Ketersediaan data
D. Kegiatan distribusi
E. Tenaga kerja terampil

Jawaban: E

Pembahasan:
Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang ada di masyarakat oleh sebab itu sosiologi membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan tenaga kerja terampil

25. Sebelum memberikan izin pendirian pusat perbelanjaan, walikota minta sosiolog untuk memberikan masukan tentang dampak sosial pembangunan pusat perbelanjaan terhadap masyarakat. Dengan demikian, fungsi kajian sosiologi dalam kasus tersebut adalah… .
A. sumber data perencanaan pembangunan kota
B. pelaksana pembangunan tata kota
C. memberi masukan kepada pemerintah
D. mengurangi dampak pembangunan di kota
E. mencegah pembangunan yang tidak ramah lingkungan

Jawaban: D

Pembahasan:
Agar dalam pelaksanaan program pemberdayaan LSM , maka dengan penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik. Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial.

B. Soal Essay Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan dua peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia ?

Jawaban:
Dua peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia, yaitu adanya revolusi politik (revolusi prancis) serta revolusi ekonomi (revolusi industri).

2. Apa yang dimkasud dengan ilmu sosiologi ?

Jawaban:
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya

3. Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, salah satunya adalah ilmu sosiologi yang selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. Ciri sosiologi tersebut dikenal dengan istilah apa ?

Jawaban:
Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

4. Sebutkan hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan ?

Jawaban:
Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, diantaranya:
a. Sebagai ilmu sosial.
b. Bersifat normatif.
c. Tergolong dalam ilmu murni dan sebagai ilmu terapan (pure science dan applied science).
d. Merupakan ilmu pengetahuan yang abnormal (bukan konkret) dan umum

5. Apa yang dimaksud dengan sosiologi bersifat non-etis sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat ?

Jawaban:
Sosiologi bersifat non-etis, yaitu sosiologi tidak menilai baik buruknya serta benar atau salah suatu fenomena sosial tetapi menganalisis sempurna secara objektif

6. Jelaskan yang dimaksud dengan gejala sosial?

Jawaban:
Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat atau dalam kehidupan sosial.

7. Gejala sosial timbul dari adanya kemiskinan. Sebutkan ciri-ciri kemiskinan?

Jawaban:
Ciri-ciri kemiskinan, antara lain:
- Mereka tidak memiliki faktor poduksi, seperti tanah, modal, ataupun keterampilan, sehingga kemampuan untuk memperoleh pendapatan menjadi terbatas.
- Mereka tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri.
- Tingkat pendidikan rendah dan waktu mereka tersita untuk mencari nafkah.
- Kebanyakan mereka tinggal di pedesaan.
- Mereka yang hidup dikota masih berusia muda dan tidak didukung oleh keterampilan yang memadai

8. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang?

Jawaban:
Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang, antara lain:
- Adanya perubahan norma-norma dari suatu periode ke periode waktu lain.
- Tidak ada norma atau aturan yang bersifat mutlak yang bisa digunakan untuk menentukan benar atau tidaknya kelakuan seseorang.
- Adanya individu-individu yang tidak mematuhi norma.
- Adanya individu-individu yang belum mendalami norma atau belum menyadari kenpa norma-norma itu harus dipatuhi.
- Terdapatnya individu-individu yang kurang yakin akan kebenarannya atau kebailkan norma dimana terdapat norma-norma yang tidak sesuai.

9. Jelaskan perbedaan antara penyimpangan primer dengan penyimpangan sekunder?

Jawaban:
Perbedaan penyimpangan primer dengan sekunder yaitu:
- Penyimpangan primer adalah penyimpangan bersifat sementara (temporer) atau perbuatan menyimpang yang pertama kali dilakukan seseorang yang pada aspek kehidupan lain, selalu berlaku konfromis (mematuhi norma-norma yang berlaku).
- Penyimpangan sekunder adalah penyimpangan sosial dilakukan secara terus-menerus, meskipun sanksi telah diberikan kepadanya

10. Jelaskan bagaimana suatu gejala dapat dikatakan sebagai gejala sosial?

Jawaban:
Suatu gejala dapat diakatakan sebagai gejala sosial apabila bersangkutan dengan hubungan antar manusia dan mengganggu keutuhan bermasyarakat.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda dan Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 10 Bab 1 Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan ~ sekolahmuonline.com"

close