Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013. Rangkuman SKI di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 7 tentang Sunan Muria.
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap (Semester 2) terdiri dari 4 Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Sunan Kalijaga
  • Bab VII. Sunan Muria
  • Bab VIII. Sunan Kudus
  • Bab IX. Sunan Gunung Jati

Rangkuman SKI Kelas VI Semester 2 Bab VII. Sunan Muria

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 7 Sunan Muria terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Biografi Sunan Muria
B. Peran Sunan Muria dalam Mengembangkan Islam di Indonesia
C. Sikap Positif dalam Pribadi Sunan Muria

Nah, berikut ini rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 7 yang membahas tentang Sunan Muria.

1. Sunan Muria atau Raden Umar Said, lahir 1450-an, ia adalah putra Usman Haji bin Ali Al-Murtada, saudara kandung Sunan Ampel. Ibunya bernama Dewi Sarifah. Silsilah Sunan Muria bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui jalur kakeknya Ibrahim As-Samaraqandi.

2. Dalam berdakwah Sunan Muria mengikuti cara Sunan Kalijaga dalam berdakwah melalui seni dan budaya, seperti pertunjukan wayang gubahan Sunan Kalijaga.

3. Dalam mengembangkan Islam Sunan Muria berperan dalam menjaga tradisi lama dengan melakukan perubahan yang bernilai keislaman, dan menjadikan seni sebagai media dakwah.

4. Sunan Muria adalah sosok sederhana dan bersahaja dalam bergaul dengan masyarakat. ia juga dikenal santun dan toleran saat bersentuhan dengan tradisi dan budaya lokal, dan bersifat dermawan kepada fakir dan miskin.

5. Terdapat sejumlah peninggalan Sunan Muria, di antaranya: masjid, gentong, tapal kuda, dan benda-benda lainnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VII. Sunan Muria ~ sekolahmuonline.com"

close