Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013. Rangkuman SKI di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 8 tentang Sunan Kudus.
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 MI Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus
Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap (Semester 2) terdiri dari 4 Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Sunan Kalijaga
  • Bab VII. Sunan Muria
  • Bab VIII. Sunan Kudus
  • Bab IX. Sunan Gunung Jati

Rangkuman SKI Kelas VI Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 8 Sunan Kudus terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Biografi Sunan Kudus
B. Peran Sunan Kudus dalam Mengembangkan Islam di Indonesia
C. Sikap Positif dalam Pribadi Sunan Kudus

Nah, berikut ini rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 8 yang membahas tentang Sunan Kudus.

1. Ja’far Shadiq Azmatkhan atau Sunan Kudus, putra Usman Haji bin Ali Murtadha, saudara kandung Sunan Ampel, dan silsilahnya bersambung dari Syekh Ibrahim As-Samaqandi hingga Rasulullah Saw. melalui jalur Saydina Husen bin Fatimah binti Rasulullah Saw.

2. Ja’far Shadiq belajar ilmu agama kepada Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji, Kyai Telinsink, anak buah Laksamana Cheng Hoo, dan penerus Sunan Ampel.

3. Sunan Kudus mengabdikan diri pada Kerajaan Demak sebagai senopati, imam Masjid Demak, dan Hakim.

4. Berperan aktif dalam pengembangan Islam di Jawa dengan mempelopori toleransi beragama, bersatu dalam keberagaman, santun dalam bertindak, dan melakukan akulturasi budaya dalam arsitektur masjid, menara Kudus, padasan, dan bedug dangdangan

5. Sikap pemberani, kreatif, aktif berkarya sebagai seniman pencipta tembang, santun dan toleran dalam menyampaikan dakwah rahmatan lil alamin.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab VIII. Sunan Kudus ~ sekolahmuonline.com"

close