Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013. Rangkuman SKI di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 9 tentang Sunan Gunung Jati.
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap (Semester 2) terdiri dari 4 Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Sunan Kalijaga
  • Bab VII. Sunan Muria
  • Bab VIII. Sunan Kudus
  • Bab IX. Sunan Gunung Jati

Rangkuman SKI Kelas VI Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 9 Sunan Gunung Jati terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Biografi Sunan Gunung Jati
B. Peran Sunan Gunung Jati dalam Mengembangkan Islam di Indonesia
C. Sikap Positif dalam Pribadi Sunan Gunung Jati

Nah, berikut ini rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Semester Genap Bab 9 yang membahas tentang Sunan Gunung Jati.

1. Sunan Gunung jati atau Syarif Hidayatullah, lahir 1448 M.putra Syarif Abdullah bin Ali Nurul Alim, Mesir. Ibunya bernama Nyai Rara Santang, putri Prabu Siliwangi, dan Silsilah ayahnya tersambung dengan Rasulullah Saw. dari jalur Husein bin Fatimah, putri Rasulullah Saw.

2. Syarif Hidayatullah berguru kepada Syekh Tajuddin al-Qurthubī di Makkah Syekh Athāillah al-Syāzili di Mesir, dan Syekh Maulana Ishak di Pasai, Aceh

3. Sunan Gunung Jati adalah wali Qutb atau pemimpin para Wali yang berdakwah di wilayah Cirebon, Banten dan kawasan Pasundan

4. Syarif Hidayatullah diangkat sebagai Tumenggung dan menggantikan Pangeran Cakrabuana sebagai Sultan Kerajaan Cirebon.

5. Keteladanannya tercermin dalam sosoknya yang merakyat bergaul dengan semua kalangan, pemimpin yang arif dan bijaksana, menghargai nilai-nilai kemanusiaan dan toleran dalam keberagaman suku dan etnis.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 6 Semester 2 Bab IX. Sunan Gunung Jati ~ sekolahmuonline.com"

close