Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas 10 ~ sekolahmuonline.com

Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas 10 ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas X. Pendidikan Kemuhammadiyahan adalah salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiayan, dan Bahasa Arab).
Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X SMA/SMK Muhammadiyah

Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Untuk mencapai garis finish, pembelajaran disusun dalam enam fase.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan fasefase Capaian Pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran:
a. Pembelajaran yang fleksibel. Ada kalanya proses belajar berjalan lebih lambat pada suatu periode (misalnya, ketika pembelajaran di masa pandemi COVID-19) sehingga dibutuhkan waktu lebih panjang untuk mempelajari suatu konsep. Ketika harus “menggeser” waktu untuk mengajarkan materi-materi pelajaran yang sudah dirancang, guru memiliki waktu lebih panjang untuk mengaturnya.
b. Pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan peserta didik. Fase belajarbseorang peserta didik menunjukkan kompetensinya, sementara kelas menunjukkan kelompok (cohort) berdasarkan usianya. Dengan demikian, ada kemungkinan peserta didik berada di kelas III SD, namun belajar materi pelajaran untuk Fase A (yang umumnya untuk kelas I dan II) karena ia belum tuntas mempelajarinya.
c. Pengembangan rencana pembelajaran yang kolaboratif. Satu fase biasanya lintas kelas, misalnya CP Fase D yang berlaku untuk Kelas VII, VIII, dan IX. 

Saat merencanakan pembelajaran di awal tahun ajaran, guru kelas VIII perlu berkolaborasi dengan guru kelas VII untuk mendapatkan informasi tentang sampai mana proses belajar sudah ditempuh peserta didik di kelas VII.

Selanjutnya ia juga perlu berkolaborasi dengan guru kelas IX untuk menyampaikan bahwa rencana pembelajaran kelas VIII akan berakhir di suatu topik atau materi tertentu, sehingga guru kelas IX dapat merencanakan pembelajaran berdasarkan informasi tersebut. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, Capaian Pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran yang meliputi 6 (enam) fase dan kelas. 

Fase E Pendidikan Kemuhammadiyahan (kelas X Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan)

Pada akhir fase E, peserta didik menganalisis ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan tajdid, dan gerakan nasional, mempresentasikan karakteristik gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan tajdid, dan gerakan nasional, menganalisis latar belakang berdirinya Muhammadiyah, menceritakan usaha K.H. Ahmad Dahlan dan para sahabatnya dalam merintis dan mendirikan Muhammadiyah, menunjukkan pemahaman Perguruan Muhammadiyah, menyajikan karakteristik Perguruan Muhammadiyah, memahami janji pelajar Muhammadiyah, menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam janji Pelajar Muhammadiyah, serta menghayati, mensyukuri, dan menunjukkan sikap keberadaan dan perkembangan Perguruan Muhammadiyah. Memahami AD/ART, struktur organisasi, dan permusyawaratan dalam organisasi Muhammadiyah, menyajikan pengertian dan tujuan, AD/ART, struktur organisasi, dan permusyawaratan dalam organisasi Muhammadiyah. Memiliki sikap demokratis dan tertib dalam organisasi, menunjukkan pemahaman tentang Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah, menyajikan kedudukan Majelis dan Lembaga, serta Organisasi Otonom Muhammadiyah dalam persyarikatan Muhammadiyah, menghayati dan mengamalkan janji pelajar Muhammadiyah sebagai implementasi ajaran Islam, khususnya dalam menjalankan Amal Usaha Muhammadyah.

Tabel Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X


Contoh Pembuatan Capaian pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X

Berikut ini contoh pembuatan Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X. Agar terlihat jelas , silahkan buka menggunakan komputer atau laptop/notebook, bukan menggunakan HP.

ISI DENGAN KOP SEKOLAH/KOP SURAT SEKOLAH ANDA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

 Satuan Pendidikan    : SMA Sekolahmuonline.com

Nama Penyusun        : Nama Anda

Mata Pelajaran       : Pendidikan Kemuhammadiyahan

Kelas/ Peminatan        :  X / UMUM (SMK Menyesuaikan)

Tahun Pelajaran          : 2022/2023

 

Fase E

Unsur

Capaian Pembelajaran

Kelas X

Manhaj

Peserta didik dapat menganalisis ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan tajdid, dan gerakan nasional. Mempresentasikan karakteristik gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan tajdid, dan gerakan nasional, menganaliisis sejarah berdirinya Muhammadiyah sebagai perjuangan dalam mencapai tujuan dan bersikap kritis, memiliki semangat juang tinggi, jiwa pembaharu dalam mewujudkan masyarakat Islam, serta menghayati bahwa berorganisasi di Muhammadiyah merupakan cerminan keimanan dan ketakwaan.

Sejarah

Peserta didik dapat menganalisis latar belakang berdirinya Muhammadiyah, menceritakan usaha K.H. Ahmad Dahlan dan para sahabatnya dalam merintis dan mendirikan Muhammadiyah.

Organisasi

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman Perguruan Muhammadiyah, menyajikan karakteristik Perguruan Muhammadiyah, memahami janji pelajar Muhammadiyah, menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan nilai[1]nilai yang terkandung dalam janji Pelajar Muhammadiyah, serta menghayati, mensyukuri, dan menunjukkan sikap keberadaan dan perkembangan Perguruan Muhammadiyah. Memahami AD/ART, struktur organisasi, dan permusyawaratan dalam organisasi Muhammadiyah, menyajikan pengertian dan tujuan, AD/ART, struktur organisasi, dan permusyawaratan dalam organisasi Muhammadiyah. Memiliki sikap demokratis dan tertib dalam organisasi, serta menunjukkan sikap disiplin, bertanggung jawab dan menghargai perangkat organisasi sebagai alat memperjuangkan Islam.

Amal Usaha

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman tentang Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah, menyajikan kedudukan Majelis dan Lembaga, serta Organisasi Otonom Muhammadiyah dalam persyarikatan Muhammadiyah, menghayati dan mengamalkan janji pelajar Muhammadiyah sebagai implementasi ajaran Islam, khususnya dalam menjalankan Amal Usaha Muhammadyah.

 

 

Kota Anda, ...  Juli 2022

Kepala Sekolah,

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Prof. Dr. Sekolahmuonline.com,M.Pd.

Ustadzmu.com, S.Pd.I

NBM. 1018055

NBM.1018055

 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Fase E Kelas X. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya

Lengkap Capaian Pembelajaran (CP) Pendidikan Al-Qur’an dan Al-Hadits semua Fase (Fase A, B, C, D, E, dan F) silahkan baca pada postingan di bawah ini. Tinggal Bapak/Ibu Guru pilih sesuai kelasnya masing-masing dengan meng-klik judul yang ada. 

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas 10 ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close