Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab + Kunci Jawabannya) ~ sekolahmuonline.com

Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab + Kunci Jawabannya) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, pada Kurikulum Merdeka dijumpai istilah yang namanya asesmen. Jika selama ini kita hanya mengenal ulangan harian atau penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, atau istilah-istilah lainnya yang dulu pernah digunakan. Sebenarnya semua istilah-istilah tersebut sekarang masuk ke dalam yang namanya asesmen. Apa itu asesmen? 
Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab
Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab

Sekilas Tentang Asesmen

Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Jenis asesmen sesuai fungsinya mencakup: asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).

Selama ini pelaksanaan asesmen cenderung berfokus pada asesmen sumatif yang dijadikan acuan untuk mengisi laporan hasil belajar. Hasil asesmen belum dimanfaatkan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran.

Pada pembelajaran paradigma baru, pendidik diharapkan lebih berfokus pada asesmen formatif dibandingkan sumatif dan menggunakan hasil asesmen formatif untuk perbaikan proses pembelajaran yangn berkelanjutan. 

Pada kurikulum ini guru diharapkan memberikan proporsi lebih banyak pada pelaksanaan asesmen formatif daripada menitikberatkan orientasi pada asesmen sumatif. Harapannya, ini akan mendukung proses penanaman kesadaran bahwa proses lebih penting daripada sebatas hasil akhir.

Jenis Asesmen

Dalam merancang modul ajar rencana asesmen perlu disertakan dalam perencanaan pembelajaran. Dalam modul ajar, rencana asesmen ini dilengkapi dengan instrumen serta cara melakukan penilaiannya. Dalam dunia pedagogi dan asesmen, terdapat banyak teori dan pendekatan asesmen. Bagian ini menjelaskan konsep asesmen yang dianjurkan dalam Kurikulum Merdeka.

Sebagaimana dinyatakan dalam Prinsip Pembelajaran dan Asesmen, asesmen adalah aktivitas yang menjadi kesatuan dalam proses pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu, pendidik dianjurkan untuk melakukan asesmen-asesmen berikut ini:

1. Asesmen Formatif

Asesmen formatif yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar.

a. Asesmen di awal pembelajaran yang dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik untuk mempelajari materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan.

Asesmen ini termasuk dalam kategori asesmen formatif karena ditujukan untuk kebutuhan guru dalam merancang pembelajaran, tidak untuk keperluan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilaporkan dalam rapor.

b. Asesmen di dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui perkembangan peserta didik dan sekaligus pemberian umpan balik yang cepat. Biasanya asesmen ini dilakukan sepanjang atau di tengah kegiatan/langkah pembelajaran, dan dapat juga dilakukan di akhir langkah pembelajaran. Asesmen ini juga termasuk dalam kategori asesmen formatif.

2. Asesmen sumatif

Asesmen Sumatif yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan. Berbeda dengan asesmen formatif, asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.

Kedua jenis asesmen ini tidak harus digunakan dalam suatu rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar, tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran. Pendidik adalah sosok yang paling memahami kemajuan belajar peserta didik sehingga pendidik perlu memiliki kompetensi dan keleluasaan untuk melakukan asesmen agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik masingmasing. Keleluasaan tersebut mencakup perancangan asesmen, waktu pelaksanaan, penggunaan teknik dan instrumen asesmen, penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, dan pengolahan hasil asesmen. Termasuk dalam keleluasaan ini adalah keputusan tentang penilaian tengah semester. Pendidik dan satuan pendidikan berwenang untuk memutuskan perlu atau tidaknya melakukan penilaian tersebut.

Pendidik perlu memahami prinsip-prinsip asesmen. Prinsip tersebut salah satu prinsipnya mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan hanya tes tertulis, agar pembelajaran bisa lebih terfokus pada kegiatan yang bermakna serta informasi atau umpan balik dari asesmen tentang kemampuan peserta didik juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses perancangan pembelajaran berikutnya.

Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab

Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 SMA/SMK semua Bab yang ada pada Buku PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) yang merupakan bagian dari asesmen. Soal-soal yang ada cocok digunakan Bapak/Ibu Guru untuk mengasesmen peserta didik. Bagi anak-anak, dapat digunakan untuk belajar mandiri di mana saja dan kapan saja. 

Link Lengkap Soal PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka

Nah untuk melihat dan membaca serta mempelajari contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 SMA/SMK semua Bab, silahkan Anda baca dan pelajari pada postingan-postingan Sekolahmuonline yang ada di bawah ini (Tinggal Klik/Tekan/Pencet judul yang dibutuhkan):
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal PAIBP Kelas 10 Kurikulum Merdeka Lengkap Semua Bab disertai Kunci Jawaban dan Pembahasannya yang merupakan asesmen sumatif materi PAIBP kelas X SMA/SMK. Semoga bermanfaat. Memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara gratis. Pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa. Jika dapat dimudahkan, jangan sampai dipersulit. Sekarang tinggal Anda mau apa tidak mempelajarinya. Semangat belajar. Semoga Indonesia semakin jaya. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Mungkin pembaca Sekolahmuonline juga mencari Rangkuman PAIBP Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Silakan lihat pada postingan Sekolahmuonline di bawah ini. Kami sediakan rangkuman atau ringkasan PAIBP Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka semua Bab secara lengkap.

Posting Komentar untuk "Lengkap Soal PAIBP Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semua Bab + Kunci Jawabannya) ~ sekolahmuonline.com"

close