Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline dimanapun Anda berada, berikut ini kami sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 9 tentang Rahmat Islam bagi Nusantara.
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)


1. Terdapat tiga teori yang dikemukakan para ahli sejarah terkait dengan masuknya agama Islam ke Indonesia, yaitu: Pertama, teori Gujarat yang menyatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M, melalui peran para pedagang India. Kedua, teori Makkah, yang menyatakan bahwa agama Islam tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Ketiga, teori Persia, yang menyatakan bahwa agama Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia sekitar abad ke-13 M.

2. Masing-masing teori memiliki argumen ilmiah, namun dalam Seminar Nasional tentang masuknya Islam ke Indonesia di Medan tahun 1963, para ahli sejarah menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-1 H. (abad ke-7 M) dan langsung dari tanah Arab. 

3. Terkait dengan strategi dakwah Islam, terdapat beberapa cara dan jalur yang dipergunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia, seperti perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian, tasawuf, dan politik.

4. Secara garis besar ada dua bentuk gerakan pembaruan Islam di Indonesia; (1) Gerakan Pendidikan dan Sosial, (2) Gerakan Politik.

5. Gerakan pembaharuan di bidang pendidikan, ditandai dengan lahirnya lembaga-lembaga seperti Sekolah Thawalib, Jamiat Khair, Al Irsyad, Persyarikatan Ulama, dan Muhammadiyah. 
6. Gerakan pembaharuan di bidang politik, ditandai dengan berdirinya Ormas dan Orsospol

7. Di antara partai politik Islam yang tumbuh sebelum zaman kemerdekaan adalah Persaudaraan Muslimin Indonesia (Permi), Sarikat Islam (SI), dan Partai Islam Indonesia (PII). SI didirikan di Solo pada tanggal 11 November 1911 sebagai kelanjutan dari SarIkat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh Haji Samanhudi pada tanggal 16 Oktober 1905.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 9 tentang Rahmat Islam bagi Nusantara (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Semoga bermanfaat dan memudahkan anda dalam belajar. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosila media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Lengkap:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 9 Rahmat Islam bagi Nusantara (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)"

Memuat...