Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 8 tentang Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik.
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK
Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK K-13)

1. Bekerja keras berarti berusaha atau beriktiar secara sungguh-sungguh, dengan kata lain bekerja keras adalah bekerja dengan gigih dan sungguhsungguh untuk mencapai suatu yang dicita-citakan.

2. Orang yang bekerja keras akan dengan senang hati menjalani kehidupan ini. Setiap detik kehidupan yang dijalaninya adalah kerikil kecil bagi dasar bangunan masa tuanya. Setiap detak nafas kehidupan dilaluinya dengan kepuasan hati, dan setiap langkahnya adalah perbuatan yang bermanfaat bagi siapa saja yang dijumpainya.

3. Empat prinsip yang harus dimiliki seorang muslim dalam bekerja dan bertanggung jawab Pertama. bekerja secara halal (thalaba ad-dunya halalan). Kedua, bekerja demi menjaga diri supaya tidak menjadi beban. Ketiga, bekerja demi mencukupi kebutuhan keluarga (sa’yan ala iyalihi) dan Keempat, bekerja untuk meringankan beban hidup tetangga (ta’aththufan ala jarihi).

4. Orang yang bekerja keras adalah orang yang dapat memanfaatkan waktunya dengan baik. Dia dapat memanfaatkan dua pertiga waktunya (16 jam) untuk bekerja dan beribadah dan 8 jam sisanya digunakan untuk beristirahat (tidur). Ibadah di sini tidak hanya dalam bentuk ibadah mahdlah (khusus) tetapi juga semua aktivitas lainnya yang didasari dengan niat yang tulus ikhlas karena Allah Swt.

5. Tanggung jawab seorang berkaitan erat dengan kewajiban yang dibebankan padanya. Semakin tinggi kedudukannya di masyarakat, maka semakin tinggi pula tanggung jawabnya. Seorang pemimpin negara bertanggung jawab atas perilaku dirinya, keluarganya, saudara-saudaranya, masyarakatnya dan rakyatnya.

6. Tanggungjawab itu bukan saja terhadap apa yang diperbuatnya akan tetapi melebar sampai semua akibat dan bekas-bekas dari perbuatan tersebut. Orang yang meninggalkan ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah atau anak yang sholeh, kesemuanya itu akan meninggalkan bekas kebaikan selama masih berbekas sampai kapanpun. Dari sini jelaslah bahwa orang yang berbuat baik atau berbuat jahat akan mendapat pahala atau menanggung dosanya ditambah dengan pahala atau dosa orang-orang yang meniru perbuatannya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 semua Bab:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 11 Memaksimalkan Potensi Diri untuk Menjadi yang Terbaik (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013) ~ sekolahmuonline.com"

close