Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK K-13) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK K-13) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk anda Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK yang masih menggunakan Kurikulum 2013 (K-13). Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 10 tentang Rahmat Islam bagi Alam Semesta.
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta

1. Sejarah peradaban umat Islam dari periode klasik hingga modern mengalami masa-masa pasang dan surut. Berdasarkan teori periodisasi dari Harun Nasution, masa-masa kejayaan peradaban Islam berada pada awal periode klasik (650-1000 M). Pada masa tersebut terjadi ekspansi dan integrasi (penyatuan wilayah), sedangkan bagian kedua dari periode klasik (1000-1250 M) adalah masa mulai munculnya benih-benih perpecahan, meskipun masih berjaya.

2. Pada periode pertengahan bagian pertama (1250-1500 M), benih perpecahan sudah mulai berdampak, sehingga terjadi kemunduran. Pada masa berikutnya (1500-1700 M) peradaban Islam kembali mengalami kejayaan, yaitu pada masa-masa awal tiga kerajaan Besar. Sedangkan pada masa berikutnya (1700-1800 M), peradaban Islam kembali terpuruk, hingga timbul kesadaran kembali pada diri para tokoh Islam, untuk kembali bangkit dari keterpurukan, yaitu dari tahun 1800 hingga sekarang. Kebangkitan tersebut kemudian melahirkan gerakan modernisasi dalam Islam.

3. Pada masa keemasannya, peradaban Islam mengalami kemajuan di semua bidang kehidupan. Di bidang sains dan keagamaan misalnya, hampir semua disiplin keilmuan mengalami kemajuan, seperti; filsafat, kedokteran, astronomi, matematika, fisika, kimia, sejarah, geografi, geometri, kesenian, bahasa, sastra, kepustakaan, fiqih, tasawuf, dan bidang lain.

4. Pada setiap disiplin keilmuan tersebut, terlahir banyak pakar. Banyak diantaranya bukan hanya pakar di satu bidang saja, melainkan juga ahli di berbagai bidang keahlian. Para ilmuwan tersebut banyak memberikan sumbangan nyata dalam memelopori kebangkitan dan pencerahan dunia, terutama Eropa dan sekitarnya.

5. Banyak tokoh dan ahli sejarah dari kalangan mereka yang secara jujur mengakui besarnya peran peradaban umat Islam terhadap dunia Barat. Diantara ilmuwan Islam yang dimaksud adalah; Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Battani, Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Ibnu Batutah, Jabir Ibnu Hayyan, Umar Khayyam, Ibnu Nafis, dan lain-lain.

6. Para ilmuwan Islam tersebut juga banyak meninggalkan bukti fisik karya mereka, baik dalam bentuk arsitektur bangunan atau pun yang lain. Masjid Kordoba, masjid Sultan Ahmet, Universitas Al-Azhar, makam Tajmahal, observatorium Margha, dan museum Aya Sofia, adalah sedikit dari sekian banyak bukti kejayaan peradaban Islam di masa lalu.

7. Hal terpenting bagi kita setelah mempelajari semua fakta sejarah peradaban umat Islam di masa lalu, menganalisis faktor pendukung kemajuan dan kemunduran, adalah mengambil ibrah (pelajaran) agar kita dapat mengulang kembali masa kejayaan tersebut dan mengantisipasi faktor yang meyebabkan kemunduran.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 semua Bab:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 10 Rahmat Islam bagi Alam Semesta (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK K-13) ~ sekolahmuonline.com"

close