Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 4 tentang Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi.
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Rangkuman PAIBP Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

1. Kandungan Q.S.Ali-Imran/3:159 dan H.R. At-Tirmidzi menjelaskan bahwa musyawarah termasuk salah satu sifat orang yang beriman. Hal ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim terutama dalam hal-hal yang penting.

2. Mencintai musyawarah dalam mengambil keputusan pada segala hal yang terkait dengan kehidupan keluarga dan masyarakat. Seperti memilih lembaga pendidikan yang cocok, memilih tempat kerja, memilih ketua RT, dan lain-lain. 

3. Bersikap lemah lembut dalam bermusyawarah, baik ketika menyampaikan pendapat maupun menanggapi pendapat orang lain. 

4. Berlapang dada untuk memaafkan semua pihak yang mungkin berlaku tidak wajar sehingga memancing amarah kita.

5. Konsisten terhadap keputusan hasil musyawarah, terutama jika menyangkut kepentingan bersama.

6. Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh sikap tawakal kepada Allah Swt., sehingga terhindar dari segala sikap buruk sangka apabila ternyata keputusan musyawarah tersebut tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

7. Antara musyawarah (syura) dengan demokrasi terdapat titik temu, di mana dalam demokrasi terdapat prinsip syura, yaitu adanya kebebasan berpendapat, keterbukaan, dan kejujuran, sementara demokrasi, menjangkau ruang lingkup yang lebih luas.

8. Terjadi pro dan kontra di kalangan para ulama tentang demokrasi, sebagian menerima dan sebagian menolak.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Lengkap:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 4 Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)"

close