Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK) ~ sekolahmuonline.comPembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 8 tentang Meraih Berkah dengan Mawaris.
Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris

1. Ajaran Islam tidak hanya mengatur masalah ibadah, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, yang di dalamnya termasuk juga masalah kewarisan. Keberadaan warisan menjadi bukti bahwa orangtua harus bertanggung jawab terhadap keluarga, anak, dan keturunannya.

2. Dasar hukum waris yang paling utama adalah Q.S.an-Nisa’/4:7-12 dan 176, Q.S.an-Nahl/16:75 dan Q.S.al-Ahzab/33:4 serta beberapa hadis Nabi saw.

3. Posisi hukum kewarian Islam di Indonesia merujuk kepada ketentuan dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Inpres No.1 tahun 1991. 

4. Ketentuan-ketentuan tentang warisan adalah yang paling lengkap diuraikan secara rinci dalam al-Quran terutama mengenai ketentuan pembagian harta warisan (furudul muqaddarah). Hal ini menunjukkan bahwa persoalan ilmu mawaris dan hukum mempelajarinya perlu mendapat perhatian yang serius dari kaum muslimin. 

5. Orang yang memperoleh harta warisan dari orang yang meninggal dunia karena empat sebab, yaitu; sebab nasab hakiki, sebab nasab hukmi, sebab pernikahan dan sebab hubungan agama.

6. Hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum dilakukan pembagian waris, yaitu pengurusan jenazah, wasiat, dan hutang

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XII Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris (Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Kurikulum 2013 Lengkap:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 8 Meraih Berkah dengan Mawaris (PAIBP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK) ~ sekolahmuonline.com"

close