Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PJOK Kelas 12 Bab 1 Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Besar

Rangkuman PJOK Kelas 12 Bab 1 Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Besar. Berikut ini adalah Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK. Silahkan dibaca dan dipejari, semoga bermanfaat.

Rangkuman PJOK Kelas XII Pelajaran 1 Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Besar


- Strategi adalah siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat, dan sesudah melakukan permainan/pertandingan, seperti: persiapan situasi dan kondisi tempat, peralatan, dan makanan (non-teknis) dan sistem, pola, tipe bertahan, dan menyerang, baik yang bersifat individu, grup maupun tim (teknis).


- Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya.


- Permainan sepakbola termasuk permainan yang bersifat invasi karena penyerangan dan pertahanan harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan.


- Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Taktik penyerangan dalam permainan sepakbola meliputi: menjaga kepemilikan bola, memasukkan bola ke gawang lawan, menciptakan ruang dan menggunakan ruang dalam penyerangan. 


- Taktik pertahanan merupakan suatu siasat yang dilakukan baik perorangan, grup, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan atau merebut bola dari lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Taktik pertahanan dalam permainan sepakbola meliputi: mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola. 


- Strategi adalah siasat yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah permainan dilaksanakan, sedangkan taktik ialah siasat yang dikerjakan pada saat permainan. Strategi dan taktik permainan sepakbola yang terdiri atas penyerangan dan pertahanan. Taktik penyerangan meliputi: menjaga kepemilikan/penguasaan bola, mencetak gol, menciptakan dan menggunakan ruang. Taktik pertahanan meliputi: mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola. Tim yang baik dalam melakukan taktik penyerangan dan pertahanan akan membawa pada kemenangan, sedangkan tim yang jelek dalam penyerangan dan pertahanan akan berakibat pada kekalahan. Sebagai pemain, kalian dapat mengetahui besarnya peran kalian dalam tim dengan melakukan penilaian diri sendiri dan teman. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman PJOK Kelas 12 Bab 1 Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Besar"

close