Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 10 Bab 3 yang membahas tentang Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini.
Rangkuman Sejarah Kelas X Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini

✓ Pemahaman tentang sejarah yang setelah dilihat secara umum dari para ahli ialah memiliki makna sebagai cerita, atau kejadian yang benar-benar telah terjadi pada masa lampau.

✓ Dilihat dari pengertian sejarah, maka sejarah dapat dibagi tiga yaitu: 
1. Sejarah sebagai Peristiwa, adalah sesuatu yang terjadi pada masyarakat manusia di masa lampau,
2. Sejarah sebagai Ilmu Sejarah dikategorikan sebagai ilmu karena dalam sejarah pun memiliki “batang tubuh keilmuan” (the body of knowledge) dan metodologi yang spesifik
3. Sejarah sebagai cerita, merupakan sesuatu karya yang dipengaruhi oleh subjektivitas sejarawan.

✓ Sejarah sebagai cerita merupakan sesuatu karya yang dipengaruhi oleh subjektivitas sejarawan. A rtinya: memuat unsur-unsur dari subjek, si penulis /sejarawan sebagai subjek turut serta mempengaruhi atau memberi “warna”, atau “rasa” sesuai dengan “kacamata” atau selera subjek (Kartodirdjo, 1992:62).

✓ Tujuan dan kegunaan sejarah, pada hakikatnya adalah memberi pelajaran bagi masyarakat sekarang, untuk dapat mengambil pelajaran di masa lalu agar di masa depan menjadi lebih baik.

✓ Empat jenis kegunaan sejarah, yakni:
- fungsi edukatif
- fungsi inspiratif
- fungsi instruktif
- fungsi rekreasi

✓ Dalam perkembangannya, sejarah memiliki sejarah yang dimulai dari tulisan-tulisan sejarah di Eropa, pertama kali muncul dalam bentuk puisi, yaitu Homerus (Homer) dengan karyanya Iliaddan Odyssey, dan dalam perkembangannya itu terdapat konflik para sejarawan tentang penulisan dan isi dari sejarah hingga munculnya dua kebangkitan kembali unsur lama dalam ilmu sejarah, yakni kebangkitan kembali politik dan narasi.

✓ Karena pembahasan sejarah meliputi masyarakat di masa lalu yang berupa peristiwa yang unik dan mengubah hidup masyarakat tersebut, maka sejarah dapat dijadikan sebuah pembelajaran dari peristiwa masa lalu tersebut untuk kehidupan masa kini. 

✓ Kehidupan para tokoh pendiri bangsa dapat dijadikan sumber infirasi bagi generasi berikutnya dalam melangkah dan bergerak untuk menjadikan negara kita bisa jauh lebih baik.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca soal Sejarah Kelas 10 lengkap dengan Kunci Jawabannya:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com"

close