Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Essay atau Uraian mata pelajaran Sejarah Kelas 10 Bab 3 yang membahas tentang Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya.
Soal Essay Sejarah Kelas X Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini lengkap dengan Kunci Jawabannya


Bagi Anda yang ingin mempelajari soal pilihan ganda Bab 3 dan Kunci Jawabannya dapat membacanya pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay Sejarah Kelas X Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan kaitan antara manusia dengan sejarah!

Jawaban:
Kaitan manusia dengan sejarah yaitu: Manusia dan sejarah merupakan kesatuan dengan manusia sebagai subyek dan obyek sejarah. Sejarah merupakan pengalaman manusia dan ingatan manusia yang diceritakan. Dapat dikatakan bahwa manusia berperan dalam sejarah yaitu sebagai pembuat sejarah karena manusia yang membuat pengalaman menjadi sejarah. Manusia adalah penutur sejarah yang membuat cerita sejarah sehingga semakin jelas bahwa manusia adalah sumber sejarah

2. Jelaskan maksud dari manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu!

Jawaban:
Manusia masa kini merupakan akibat dari perubahan di masa lalu artinya: Peristiwa sejarah yang terjadi adalah sebuah perubahan dalam kehidupan manusia. Sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Perubahan yang terjadi pada masa lalu mempengaruhi kehidupan masa kini. Perubahan tersebut meliputi berbagai aspek kehidupan manusia seperti sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

3. Mengapa tidak semua kejadian bisa disebut sejarah, jelaskan alasannya!

Jawaban:
Tidak semua kejadian bisa disebut sejarah karena ada tiga kategori yang harus dipenuhi sehingga sebuah peristiwa masuk sebagai sejarah yaitu:
 Unik, suatu peritiwa memiliki kekhasan tersendiri yang tidak terdapat pada peristiwa lain.
• Berpengaruh besar, suatu peristiwa mempunyai pengaruh besar terhadap jalan hidup suatu kelompok baik secara nasional bahkan global.
 Bermakna, suatu peristiwa mempunyai nilai dan manfaat bagi kehidupan kelompok di masa selanjutnya baik masa kini maupun masa depan.

4. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Sejarah terulang’? Jelaskan!

Jawaban:
Sejarah terulang artinya di mana peristiwa yang terjadi di masa lalu terjadi kembali di masa kini, dimana kejadiannya sama persis atau polanya hampir mirip.

5. Jelaskan pernytaan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik!

Jawaban:
Pengalaman adalah guru yang terbaik artinya di mana dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat diambil suatu hikmah atau pelajaran untuk menciptakan kondisi atau keadaan yang lebih baik. Dengan belajar sejarah, kita mengetahui hal-hal positif dan juga negatif dari setiap peristiwa yang terjadi, mulai dari pemicu, cara mengatasi dan menyelesaikan, hingga dampak yang ditimbulkannya.

6. Apabila kita membaca kisah sejarah maka kita akan mendapatkan manfaat 
diantaranya yaitu...

Jawaban:
Manfaat membaca kisah sejarah adalah Ketika membaca buku-buku sejarah atau mendengarkan cerita tentang sejarah, kita akan berimajinasi dan membayangkan setiap adegan demi adegan dari cerita sejarah tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa belajar sejarah dapat mendorong kemandirian dalam berpikir.

7. Terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. 
Dikatakan bahwa pada mulanya kolonialisme adalah kelajutan dari patrionalisme. 
Demikianlah, kebijakan kolonialisme hanya mengadopsi kebiasaan lama, dari pernyataan konsep waktu maka disebut...

Jawaban:
Konsep waktu tersebut adalah : Kesinambungan. (Terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama).

8. Bagian dari sebuah peristiwa sejarah yang terulang adalah …

Jawaban:
Bagian dari sebuah peristiwa sejarah yang terulang adalah pola dan peristiwa tersebut yang hampir mirip

9. Sebutkan 3 manfaat belajar sejarah !

Jawaban:
Empat jenis fungsi kegunaan sejarah yakni fungsi edukatif, fungsi inspiratif, fungsi instruktif, dan fungsi rekreasi.

10. Jelaskan maksud sejarah tiga dimensi!

Jawaban:
Maksud sejarah tiga dimensi pada hakikatnya adalah memberi pelajaran bagi masyarakat sekarang, untuk dapat mengambil pelajaran di masa lalu agar di masa depan menjadi lebih baik.


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal dan Rangkuman Sejarah Kelas 10 silahkan dibaca di bawah ini (jika ada link/tautan yang eror, silahkan hubungi kami):

Soal Sejarah Kelas 10:
Rangkuman Sejarah Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Sejarah Kelas 10 Bab 3 Keterkaitan Peristiwa Sejarah Tentang Manusia di Masa Lalu untuk Kehidupan Masa Kini ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...