Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Essay atau Uraian mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Soal-soal Bahasa Indonesia Kelas 12 berikut membahas Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah.
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas XII Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah


Bahasa Indonesia kelas 12 Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan sebelumnya, terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran:
Kegiatan Pembelajaran Pertama: Mengidentifikasi informasi, dalam cerita sejarah.
Kegiatan Pembelajaran Kedua: Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi.

Oh ya, Anda mungkin tertarik untuk membaca contoh soal pilihan ganda Bab 3 ini. Silahkan baca saja postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas XII Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian teks sejarah!

Jawaban:
Teks sejarah adalah tulisan yang berisi cerita, kejadian atau peristiwa yang benar-benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lalu.
Teks sejarah bukanlah cerita imajinasi, namun dapat disampaikan melalui gaya penulisan prosa nonfiksi

2. Jelaskan perbedaan antara teks cerita sejarah dengan teks sejarah!

Jawaban:
Teks cerita sejarah berbeda dengan teks sejarah.

Teks sejarah adalah tulisan yang berisi cerita, kejadian atau peristiwa yang benar-benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lalu.

Bedanya sangat jelas bahwa teks sejarah bukanlah cerita imajinasi, namun dapat disampaikan melalui gaya penulisan prosa nonfiksi maupun fiksi.

Sedangkan pengertian teks cerita sejarah adalah kisah imajinasi yang ditulis dengan tokoh atau latar sejarah yang benar-benar terjadi. Meskipun imajinatif, teks ini tetap memuat sejarah yang faktual, namun hanya digunakan untuk latar belakang dan beberapa unsur lainnya saja. Teks cerita adalah istilah umum. Bisa jadi mengacu pada cerpen, novel, novelet, atau skenario drama

3. Sebutkan dan jelaskan struktur teks cerita sejarah!

Jawaban:
Struktur teks cerita sejarah secara umum adalah orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi dan diuraikan dalam tahapan-tahapan lebih terperinci sebagai berikut: 
pengenalan situasi, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, penyelesaian dan koda.

Penjelasan:
Sebenarnya teks cerita sejarah memiliki 3 struktur penyusun, yaitu:
- Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
- Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
- Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak.

Teks cerita sejarah, seperti cerita lainnya (novel, cerpen, dll) termasuk dalam kategori cerita ulang. Sehingga, baik teks cerita sejarah ataupun novel sejarah memiliki struktur teks yang sama, yakni: orientasi, pengungkapan peristiwa, konflik, komplikasi, evaluasi, dan koda. Berikut adalah struktur teks cerita sejarah menurut Kemdikbud (2017, hlm. 43).
a. Pengenalan situasi cerita (orientasi, exposition)
Pada bagian ini, penulis mulai memperkenalkan latar belakang baik waktu, tempat, maupun lokasi dan awal mula kejadian atau peristiwa. Tokoh dan hubungan antartokoh juga mulai diperkenalkan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhannya.
b. Pengungkapan peristiwa
Bagian ini mengungkapkan peristiwa atau kejadian awal yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, atau kesukaran yang menghadang tokoh, terutama tokoh utama (protagonis).
c. Konflik (rising action)
Disini terjadi peningkatan masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang menyebabkan kesukaran tokoh ikut meningkat pula.
d. Puncak Konflik (komplikasi)
Merupakan bagian yang paling mendebarkan, menghebohkan dan memuncak dari masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang dihadapi oleh para tokohnya.
e. Penyelesaian (resolusi)
Jika tidak diikuti oleh koda, biasanya bagian ini adalah akhir dari cerita (ending) yang berisi pengungkapan bagaimana tokoh utama dan tokoh lainnya menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpanya. Terkadang dapat melalui penjelasan maupun penilaian terhadap nasih dan sikap yang dialami oleh tokohtokoh yang terlibat dalam peristiwa.
f. Koda
Merupakan komentar yang membahas kembali isi semua peristiwa dan perilaku tokoh yang terlibat. Terkadang bagian ini memberikan interpretasi amanat, tetapi tidak disarankan. Lebih baik biarkan pembaca menyimpulkannya sendiri. Bagian ini adalah opsional, terkadang koda digunakan untuk membuat semacam teaser untuk buku lanjutannya, dsb.


4. Sebutkan ciri-ciri teks cerita sejarah!

Jawaban:
Ciri-ciri teks cerita sejarah adalah sebagai berikut:
1. Disajikan secara kronologis berdasarkan urutan kejadian atau urutan peristiwa di masa lampau.
2. Berbentuk recon teks atau cerita ulang. Cerita ulang atau recon dibedakan menjadi dari tiga jenis, yakni:
a. Rekon pribadi, yang memuat keterlibatan penulis dalam peristiwa secara langsung.
b. Rekon faktual, berisi kejadian faktual, eksperimen ilmiah, jurnal warta, catatan kepolisian, dsb.
c. Rekon imajinatif, memuat kisah faktual namun dikhayalkan kembali menjadi cerita yang lebih rinci dan menarik.
3. Sering menggunakan konjungsi (kata penghubung) temporal. 
4. Isinya berupa fakta yang diperoleh berdasarkan data-data yang dikumpulkan.
5. Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi

5. Sebutkan dan jelaskan fungsi teks cerita sejarah!

Jawaban:
Fungsi teks cerita sejarah adalah rekreatif, inspiratif, intruktif dan edukatif.

Penjelasan:
1. Fungsi rekreatif, memberikan rasa gembira dan senang kepada pembaca.
2. Fungsi inspiratif, memberikan inspirasi, imajinasi dan kreatifitas untuk keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara untuk lebih baik lagi.
3. Fungsi intruktif, sebagai alat bantu dalam pembelajaran.
4. Fungsi edukatif, dapat dijadikan petunjuk dan pelajaran kehidupan bagi manusia dalam berperilaku.

6. Teks cerita sejarah sarat dengan nilai-nilai kehidupan yang ada di masyarakat. Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai tersebut!

Jawaban:
Cerita sejarah banyak mengandung nilai-nilai yang disajikan secara implisit (langsung) dan implisit (tidak langsung). Sebagian besar nilai yang dihasilkan masih sesuai dengan kehidupan saat ini atau dapat menjadi pembelajaran di masa ini. 
Berikut adalah nilai-nilai yang dapat hadir dalam cerita sejarah.
a. Nilai budaya
Nilai yang diambil dari budaya yang berkembang secara turun menurun di masyarakat (berhubungan dengan budaya melayu) Ciri khas nilai-nilai budaya dibandingkan nilai lainnya adalah masyarakt takut meninggalkan atau menentang nilai tersebut karena ‘takut’ sesuatu yang buruk akan menimpanya.
b. Nilai moral
Nilai yang berhubungan dengan masalah moral. Pada dasarnya nilai moral berkaitan dengan nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.
c. Nilai agama/ religi
Nilai yang berhubungan dengan masalah keagaman. Nilai religi biasanya ditandai dengan penggunaan kata dan konsep Tuhan, mahluk ghaib, dosa-pahala, serta surga-neraka
d. Nilai pendidikan/ edukasi
Nilai yang berhubungan dengan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang/kelompak orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan
e. Nilai estetika
Nilai yang berhubungan dengan keindahan dan seni.
f. Nilai sosial
Nilai yang berhubungan dengan kehidupan di dalam masyarakat. Biasanya berupa nasihat-nasihat yang berkaitan dengan kemasyarakatan. Indikasi nilai sosial dikaitkan dengan kepatuhan dan kepantasan bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Jelaskan pengertian teks eksplanasi dan apa tujuan utama teks eksplanasi?

Jawaban:
Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan sebab akibat suatu fenomena, baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya. Teks eksplanasi berisi fakta yang dapat menjawab pertanyaan tentang “bagaimana” dan “mengapa” suatu fenomena terjadi.

Oleh sebab itu, tujuan utama teks eksplanasi adalah untuk memaparkan proses dan sebab terjadinya suatu fenomena. Penjelasan yang dipaparkan dalam teks eksplanasi berdasarkan bidang keilmuan (bersifat ilmiah) yang mengacu pada fakta, realita, teori, dan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan.

8. Apa yang dimaksud dengan mengontruksi nilai-nilai cerita sejarah dalam bentuk teks esplanasi dan mengidentifikasi nilai-nilai yang ada dalam teks cerita sejarah?

Jawaban:
Mengontruksi nilai-nilai cerita sejarah dalam bentuk teks esplanasi adalah kegiatan menata kembali nilai-nilai yang ada pada teks cerita sejarah menjadi teks eksplanasi.

Mengidentifikasi nilai-nilai yang ada dalam teks cerita sejarah adalah kegiatan mengenali nila-nilai yang ada dalam teks tersebut yang nantinya akan dikontruksi dalam teks eksplanasi. 

9. Sebutkan dan jelaskan struktur teks eksplanasi!

Jawaban:
Teks eksplanasi tersusun atas suatu struktur yang memudahkan kita dalam memahami isi teks. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.
a. Pernyataan umum
Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang dan tinjauan umum topik yang dapat berupa definisi, klasifikasi, sejarah, dan asal usul. Bagian dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam terjadi.
b. Deretan penjelas
Pada bagian ini berisi perincian proses atau sebab terjadinya suatu fenomena yang juga mencakup akibat dan dampak yang ditimbulkan.
c. Interpretasi
Bagian ini berisi penafsiran penulis mengenai topik dengan perspektif tertentu yang lebih luas dan menyeluruh, serta menjelaskan korelasi peristiwa yang menyertainya.
d. Simpulan
Pada bagian akhir teks terdapat tanggapan penulis dalam menyikapi fenomena berupa pernyataan reflektif yang bersifat umum.

10. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengontruksi nilai-nilai teks cerita sejarah dalam teks ekspanasi!

Jawaban:
Langkah-langkah dalam mengontruksi nilai-nilai teks cerita sejarah dalam teks ekspanasi adalah sebagai berikut:
- menentukan cerita sejarah, 
- mengidentifikasi nilai-nilai cerita sejarah
- membuat kerangka tulisan
- mengontruksi
- menyunting/mengoreksi ulang
- menulis kembali
- mengevaluasi.

Penjelasan:
Langkah-langkah dalam mengontruksi nilai-nilai teks cerita sejarah dalam teks ekspanasi:
a. Menentukan cerita sejarah.
Pada tahap ini kalian menentukan cerita sejarah yang akan yang akan diidentifikasi nilai-nilainya.
b. Mengidentifikasi nilai-nilai cerita sejarah.
Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam karya tersebut yang akan dijadikan bahan untuk dikontruksi dalam teks eksplanasi.
c. Membuat kerangka tulisan.
Tahap ini dimaksudkan untuk membuat acuan mengontruksi.
d. Mengontruksi 
Kegiatan mengontruksi nilai-nilai dalam teks cerita sejarah menjadi teks eksplanasi.
e. Menyunting/mengoreksi ulang 
Mengoreksi ulang merupakan kegiatan melihat kembali kesalahan baik teknis, maupun nonteknis serta dapat melihat hal-hal yang perlu ditambah atau dikurangi dari tulisan tersebut. 
f. Menulis kembali.
Pada kegiatan ini dilakukan revisi terhadap tulisan setelah dilakukan penyuntingan. Dengan demikian hasil tulisan akan menjadi lebih bagus.
g. Evaluasi 
Tahap ini merupakan pemeriksaan untuk memastikan bahwa penulis telah mengontruksi sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat, silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Lengkap:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Bab 3 Informasi dalam Teks Sejarah ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close