Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK lengkap dengan jawabannya. Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI kali ini akan membahas 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek.
Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek


Perlu para pembaca Sekolahmuonline ketahui, pada Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek ini terdiri dari dua pembelajaran. Pembelajaran pertama tentang Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang ada pada cerita pendek. Pembelajaran kedua tentang Mendemonstrasikan nilai-nilai kehidupan yang ada dalam cerpen.

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan dalam postingan.

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

Perhatikan: Kunci jawaban ada di bawah soal. Kerjakan sendiri terlebih dahulu, kemudian dapat dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada. Kunci jawaban cukup dijadikan referensi sementara saja. Jika ada keraguan, silahkan dijadikan bahan diskusi bersama teman-teman sekolah dan guru bahasa Indonesia di sekolah kalian.
Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama untuk menjawab nomor 1- 4!

Apakah cinta pantas dikenang? Apakah cinta dibangun demi memberikan rasa kehilangan? Pertanyaan itu mengganggu pikiranku. Mengganggu perasaanku.
Sepulang dari pemakaman seorang tetangga yang mati muda, aku lebih banyak berpikir ketimbang bicara. Iring-iringan pelayat lambat-laun menyurut. Satu per satu menghilang ke dalam gang rumah masing- masing. Seakan-akan turut mencerai-beraikan jiwaku. Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibat mereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman ini seperti pekerjaan sepele yang lain, seperti mengganti tabung dispenser, menyapu daun kering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.
Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Tak ingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga saat ulang tahun. Tidak memandang matamu, menyentuh tanganmu, dan sesekali mencium. (Cerpen “Hari Terakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi)

1. Tema pada penggalan tersebut adalah….
A. Persahabatan
B. Persaudaraan
C. Percintaan
D. Kedamaian
E. Pertemanan

2. Nilai kehidupan yang mendominasi pada penggalan tersebut adalah nilai….
A. Moral
B. Sosial
C. Agama
D. Budaya
E. Pendidikan

3. Bagaimana pengarang menggambarkan rasa cinta pada penggalan tersebut….
A. Merasa kehilangan dengan kepergian orang ysng dicintai.
B. Memikirkan kenamgan indah yang pernah ada.
C. Mengenang rasa cinta yang pernah ada.
D. Menunjukkan kesedihan yang berlarut-larut.
E. Mengantar ke pemakaman

4. Nilai kehidupan akam membawa pada kebermaknaan, yang dalam cerita pendek dimunculkan pada bagian….
A. Tema dan tokoh
B. Amanat dan latar
C. Latar dan tokoh
D. Tema dan amanat
E. Amanat dan sudut pandang

Cermatilah penggalan cerita pendek dengan saksama!

Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pikiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak boleh terpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin. 
Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu. Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakan, bahwa semua keturunan kita akan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah saja kepada-Nya. Doakanlah Lasuddin.

5. Nilai kehidupan yang ada pada penggalan tersebut adalah nilai….
A. Moral dan agama
B. Sosial dan budaya
C. Agama dan budaya
D. Budaya dan agama
E. Pendidikan dan sosial

6. Nilai kehidupan yang akan disampaikan terlihat pada kalimat….
A. Aku masih saja khawatir.
B. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pikiranku.
C. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka?
D. Kita tidak boleh terpengaruh oleh ramalan-ramalan.
E. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin.

7. Amanat yang dapat diambil dari kutipan di atas adalah….
A. Kita harus waspada terhadap ramalan dukun.
B. Agama melarang kita pergi ke dukum.
C. Allah memiliki ketentuan yang pasti.
D. Semua kehidupan sudah ada yang mengaturnya.
E. Kita seharusnya tidak percaya dengan ramalan dukun.

8. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dapat dilakukan dengan…
A. Bermain peran
B. Berdiskusi
C. Ceramah
D. Berpidato
E. Menulis sinopsis.

Bacalah kutipan cerpen dengan saksama!

    Cermat sekali perempuan itu melangkah ke dinding. Gambar-gambar itu diturunkannya. Satu per satu ditatapnya erat-erat seolah tak pernah ia selama ini melihatnya. Lalu mata yang kemerah-merahan menahan tangis sejak pesta mulai sunyi, perlahan kelopaknya dirapatkan. Segumpal besar air mata bergulir di pipinya dan menitik menimpa kaca gambar itu. Perlahan sekali gambar itu ia balikkan. Karton yang berdebu diusapinya dengan ujung baju, samar-samar membayang sederet tulisan. Ia tampak seperti membaca tulisan itu: Kamaruddin, anak tertua, disunat rasul tanggal 6 Februari 1952. Meninggal dunia tanggal 6 Februari 1952.
    Karton yang sebuah lagi dibersihkannya pula dengan ujung jari-jarinya yang gemetar. Di antara bayang-bayang rambutnya yang terjulai menimpa karton gambar itu terbaca: Syaifuddin, anak kedua, disunat rasul tanggal 10 Novembe 1957. Meninggal dunia tanggal 11 November 1957.
   “Oh, masihkan akan ditulis juga kalimat-kalimat seperti ini, dibelakang foto anakku yang ke tiga nanti? Oh… Tuhanku,” keluh wanita itu di antara isakannya.
    “Oh Tuhan, cukuplah anak yang dua ini Kau ambil, ketika sedang kusucikan. 
Mengapa kau coba hamba-Mu seberat ini? Lanjutkan keturunan kami, ya Allah. Oh, anak-anakku yang malang… mengapa mesti mereka, yang menanggung semua ini?”
    Wanita itu menatap lagi kedua gambar itu seperti tidak akan pernah lekang dari matanya yang basah. Kemudian ia menatap ke atas. Katanya, “Jika putraku yang ini, Lasuddin, Kau selamatkan ya 
Tuhan, kami akan serahkan dua per tiga dari sawah-sawah itu buat mereka.”
    Pandangannya ia alihkan pelan-pelan ke tempat suaminya terbenam dalam titik-titik air mata. Panggilan Rosul karya Hamsyad Rangkuti

9. Pernyataa yang sesuai dengan nilai kehidupan pada penggalan tersebut adalah….
A. Nilai kehidupan dalam penggalan cerpen tersebut adalah nilai moral yang ditunjukkan dengan kematian kedua orang putranya ketika di sunat pada tahun yang berbeda.. 
B. Nilai kehidupan dalam penggalan cerpen tersebut adalah nilai agama yang ditunjukkan dengan doa permohonan seorang ibu agar anaknya yang ke tiga tidak meninggal ketika disunat.
C. Nilai kehidupan dalam penggalan cerpen tersebut adalah nilai budaya yang ditunjukkan dengan acara pesta ketika anaknya disunat. 
D. Nilai kehidupan dalam penggalan cerpen tersebut adalah nilai budaya yaitu menyerahkan seserahan sebagai ujud syukur apabila selamat anak ketinganya.
E. Nilai kehidupan yang ada pada penggalan terebut adalah nilai budaya yaitu mengadakan acara sunatan besar-besaran.

10. Dalam mendemonstrasikan penggalan cerpen, nilai kehidupan tercermin pada amanat bahwa…
A. Sebagai manusia wajib menghindari musibah dengan berbagai cara.
B. Berlarut-larut dalam kesedihan adalah sesuatu yang dibenci Allah.
C. Selalu berikhtiar hanya kepada Allah sebagai penentu kodrat manusia.
D. Manusa adalah makhlik yang tidak mudah melupakan kesedihan.
E. Kematian adalah ketentuan dan takdir Allah yang tidak bisa dihindari

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

1. C
2. B
3. A
4. D
5. C
6. D
7. E
8. B
9. B
10. C

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 lengkap:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 8 Nilai Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek ~ sekolahmuonline.com"

close