Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK lengkap dengan jawabannya. Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI kali ini akan membahas Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan.
Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan


Perlu para pembaca Sekolahmuonline ketahui, pada Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan ini terdiri dari dua pembelajaran. Pembelajaran pertama tentang Informasi Penting dari Buku Pengayaan. Pembelajaran kedua tentang Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan.

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan dalam postingan.

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan

Perhatikan: Kunci jawaban ada di bawah soal. Kerjakan sendiri terlebih dahulu, kemudian dapat dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada. Kunci jawaban cukup dijadikan referensi sementara saja. Jika ada keraguan, silahkan dijadikan bahan diskusi bersama teman-teman sekolah dan guru bahasa Indonesia di sekolah kalian.
Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan ….
A. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak lndonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik.
B. Gaya Mochtar Lubis sangat khas, penggunaan majas perbandingan banyak digunakan di dalam buku ini.
C. Semua unsur yang harus dimiliki dalam sebuah buku fiksi terpenuhi dalam buku ini.
D. Buku ini mengisahkan seorang guru yang bernama lsa yang hidup pada masa revolusi.
E. Dalam Burung-Burung Manyar pengarang menghubungkan kejadian yang dialami tokoh utamanya Setidewa alias Teto yang ber-aku.

2. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan …, realita, atau hal-hal yang benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
A. opini
B. fakta
C. pendapat
D. pandangan seseorang
E. kehidupan seseorang

3. Cermati teks berikut dengan saksama!
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntukkan SMA dan MA Kelas XII Program Studi ilmu alam. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S dan Cecep Anwar H.F.S. Dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang ….
A. judul buku dan ikhtisar buku
B. identitas buku dan ikhtisar buku
C. identitas buku dan kelebihan buku
D. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
E. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku

4. Cermati teks berikut dengan saksama!
Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah …
A. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculannya.
B. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.
C. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.
D. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
E. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

5. Perhatikan wacana berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Babl tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi "Melejitkan potensi diri" tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang "Budaya Daerah Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang "Menguasai Ilmu Pengetahuan"Bab VIII membahas tentang "Kegiatan Berkesan".

Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang. Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang....
A. judul buku
B. kesimpulan
C. identitas buku
D. ikhtisar isi buku
E. kelebihan dan kekurangan buku

6. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk ….
A. laporan
B. artikel
C. feature
D. novel
E. skripsi

7. Cermati kutipan teks nonfiksi berikut!
(1) Sumber protein yang sangat baik adalah tempe yang berasal dari kedelai yang difermentasi. (2) Dalam tempe terkandung asam amino esensial yang dapat memperbaiki otot, seperti yang terdapat dalam daging. (3) Tempe mempunyai kelebihan, yakni mengandung kalsium, magnesium, dan potasium lebih banyak daripada sumber protein nabati yang lain. (4) Selain itu, karena merupakan produk fermentasi, tempe mengandung bakteri yang bermanfaat bagi usus yang hampir serupa dengan yogurt. (5) Bakteri ini memperbaiki sistem pencernaan dan daya tahan.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah
A. tempe mengandung asam amino yang dapat memperbaiki otot. 
B. tempe mengandung potasium yang tidak dimiliki nabati lainnya.
C. tempe mengandung banyak kelebihan dibandingkan makanan lain.
D. tempe diolah melalui fermentasi yang sangat baik untuk daya tahan. 
E. tempe dan yogurt merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

8. Maksud kalimat no. (2) dalam teks tersebut adalah …
A. tempe dapat dijadikan sebagai bahan makanan pengganti daging.
B. tempe sumber protein satu-satunya yang dapat memperbaiki otot.
C. asam amino yang terdapat pada tempe hanya terdapat pada daging.
D. tidak perlu mengonsumsi daging, cukup makan tempe sudah cukup.
E. daging dan tempe merupakan makanan yang sama kandungan gizinya.

9. Makna istilah fermentasi dalam teks tersebut adalah …
A. zat kimia untuk mengawetkan makanan 
B. peristiwa biologis yang mengubah fungsi 
C. proses kimia yang disebabkan jasad renik
D. mikroorganisme yang menghasilkan energi
E. penguraian jasad renik dengan pembebasan gas

10. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. sistem pencernaan
B. produk fermentasi
C. bahan dasar tempe
D. kandungan tempe
E. manfaat tempe kedelai 

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan

1. A
2. B
3. C
4. B
5. E
6. A
7. A
8. A
9. C
10. D

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 lengkap:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 7 Informasi Penting dari Buku Pengayaan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...