Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK lengkap dengan jawabannya. Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI kali ini akan membahas Bab Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi.
Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi
Oh ya, sebelumnya Sekolahmuonline sudah membahas soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi dalam bentuk soal essay. Bagi yang belum membacanya, silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Kembali ke pembahasan Bab Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi, perlu para pembaca Sekolahmuonline ketahui, pada Bab Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi ini terdiri dari dua pembelajaran. Pembelajaran 1 Struktur Teks Eksplanasi. dan Pembelajaran 2 Kebahasaan Teks Eksplanasi. 

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan dalam postingan.

Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas XI Bab Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!
Perhatikan: Kunci jawaban ada di bawah soal. Kerjakan sendiri terlebih dahulu, kemudian dapat dicocokkan dengan kunci jawaban yang ada. Kunci jawaban cukup dijadikan referensi sementara saja. Jika ada keraguan, silahkan dijadikan bahan diskusi bersama teman-teman sekolah dan guru bahasa Indonesia di sekolah kalian.
Perhatikan kutipan berikut untuk soal nomor 1-2!
1) Mudik terjadi bukan sebagai bentuk mobilitas semata. 2) …, mudik sudah menjadi budaya bangsa Indonesia. 3) Mudik merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia sejak dahulu. 4) Fenomena mudik terjadi karena fenomena migrasi. 5) …, setiap tahun fenomena mudik semakin bertambah seiring dengan jumlah migrasi ke kota-kota besar.

1. Konjungsi antarkalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …. 
A. selain itu, oleh sebab itu
B. sebaliknya, oleh karena itu
C. namun, oleh karena itu
D. akan tetapi, jadi
E. sungguh pun demikian, selanjutnya 

2. Kalimat yang memuat keterangan tempat terdapat pada nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

3. Perhatikan paragraf acak berikut!
1) Hujan asam biasanya terjadi karena letusan gunung berapi.
2) Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman yang rendah pada setiap tetes airnya.
3) Selain letusan gunung berapi, hujan asam dapat disebabkan asap industri dan asap kendaraan bermotor.
4) Untuk mencegah dan menanggulangi hujan asam, kita dapat mengurangi pemakaian kendaran bermotor dan menanam pohon.
5) Hujan asam memiliki dampak yang membahayakan makhluk hidup, khususnya manusia.
6) Hujan asam dapat merusak lingkungan dan menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang hidup di air.

Urutan tepat kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi teks eksplanasi padu adalah …
A. 2) – 1) – 3) – 4) – 5) – 6)
B. 2) – 1) – 3) – 5) – 6) – 4)
C. 2) – 1) – 3) – 5) – 4) – 6)
D. 2) – 1) – 3) – 6) – 4) – 5)
E. 2) – 1) – 3) – 6) – 5) – 4)

4. Akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang abad 20 dan 21, Akibat gempa bumi banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu,dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.

Berdasarkan sturukturnya, teks eksplanasi diatas merupakan bagian….
A. Kronologis (urutan peristiwa)
B. Penyebab maupu akibat
C. Pengenalan objek
D. Asal usul peristiwa
E. Kesimpulan

5. Perhatikan penggalan teks eksplanasi kompleks berikut!
Tape ialah makanan fermentasi tradisional yang terbuat dari berbagai karbohidrat, terutama dari singkong, beras putih, atau beras ketan. Tape nerupakan salah satu makanan yang sering disajikan pada acara-acara pesta pernikahan di Jawa.

Penggalan teks eksplanasi komplek tersebut tergolong ke dalam bagian...
A. penjelasan umum
B. penjelasan proses
C. Penutup
D. keluar
E. Pembukaan

6. Perhatikan teks berikut!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
A. kronologis (urutan peristiwa)
B. sebab atau akibat
C. sengenalan obyek
D. asal-asul peristiwa
E. kesimpulan

7. Cermati teks eksplanasi berikut!
Bulliying berawal dari hubungan paling dekat, yaitu keluarga. Dalam keluarga, jika seorang anak dididik dengan penuh kasih sayang dan tanpa kekerasan maka anak tersebut berpeluang untuk tidak melakukan tindakan bulliying. Namun apabila seorang anak dididik dengan kekerasan dan selalu dibanding-bandingkan dengan yang lain, maka anak tersebut memiliki potensi utnuk melakukan tindak bulliying terhadap teman-teman di sekitarnya yang dianggap lebih buruk dari dirinya.
Selanjutnya adalah dari pergaulan dan media. Saat ini banyak sekali media-media yang menayangkan tindakan yang kurang bagus untuk ditiru, akan tetapi banyak sekali anak-anak yang pada akhirnya meniru adegan tersebut karena kurangnya pengawasan keluarga dan memiliki pergaulan yang kurang benar. Bebrapa alasan seorang anak melakukan bulliying adalah karena ia ingin diakui, balas dendam, karena pernah menjadi korban bulliying sebelumnya, mencari perhatian, ingin terkenal, dan lain sebagainya.
Tindakan bulliying ini tentunya memiliki akibat yang nyata dalam diri serang anak, seperti gangguan psikologis. Gangguan psikologis yang dialami para korban bulliying yang paling ringan adalah merasa cemas dan tidak aman, namun pada kasus yang paling berat adalah korban bulliying bisa saja sampai melakukan bunuh diri.
Bulliying bukanlah suatu tindakan yang baik, melihat kemampuan setiap individu berbeda-beda. Namun tindakan bulliying dapat diatasi dengan kecakapan dalam mengolah emsi yang baik. Serang individu yang memiliki kecakapan emsi yang baik cenderung dapat lebih tegas dan tegas dalam menghadapi bulliying.
(Sumber: https://sinau.info)

Kesalahan struktur teks eksplanasi di atas adalah....
A. Tidak terdapat unsur struktur pernyataan umum
B. Tidak terdapat unsur struktur urutan sebab akibat
C. Tidak terdapat unsur struktur interpretasi
D. Struktur interpretasi berada sebelum pernyataan umum
E. Struktur pernyataan umum dan interpretasi tidak terdapat pada teks

8. Cermati teks eksplanasi berikut!
Jika dianalisis lebih jauh lagi, budaya Indonesia yang beragam tersebut sebenarnya banyak yang bertentangan dari etika atau norma sosial bahkan norma agama. Akan tetapi karena kegiatan tersebut merupakan buadaya yang sudah dilakukan semenak dahulu kala leh nenek moyang suatu ras maka, menurut pernyataan kebanyakan orang mengatakan budaya sangat perlu dilestarikan untuk tetap menjaga identitas suatu ras tersebut.
Salah satu contoh budaya yang dirasa terlalu mengenyampingkan etika adalah budaya warga suku sasak cre event “bau nyale”. Bau nyale artinya menangkap nyale, nyale merupakan hewan laut berupa cacing laut yang dapat dikonsumsi. Cacing laut tersebut muncul sekali setahun pada bulan, hari, dan pantai tertentu. Itulah yang menyebabkan event “Bau Nyale” menadi sangat spesial bagi masyarakat sasak.
Konon cacing tersebut merupakan jelmaan putri Mandalika yang melakukan bunuh diri di laut dikarenakan masalah dilema percintaannya. Tradisi “Bau Nyale” merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Lombok terutama Lombok Tengah pada waktu tertentu yakni sekitar akhir bulan Februari atau pertengahan bukan Maret.
Yang menjadi keganjalan dalam tradisi tersebut adalah cara dan etika para pemuda-pemudi dalam melestarikan budayanya. Nyale yang dibiasanya muncul pada waktu 3 sampai 5 hari sehingga para pemburu harus begadang semalaman menunggu munculnya nyale ke permukaan laut. Selama semalaman tersebut untuk mengusir rasa jenuh mereka biasanya melakukan hal-hal di luar etika.
Tentu saja kemeriahan acara tersebut mengandung nilai-nilai negatif jika dilihat dari sisi norma dan etika yang dilakukan oleh para remaja sehingga sangat tidak patut dilakukan oleh anak di bawah umur. Akan tetapi kembali lagi pada pernyataan bahwa budaya merupakan hal yang harus dilestarikan menjadi budaya yang dirasa kurang beretika dan melanggar norma sosial tersebut masih dipertahankan hingga kini
(Sumber: https://jagad.id)

Pernyataan berikut yang termasuk struktur interpretasi pada teks eksplanasi di atas adalah....
A. Salah satu contoh budaya yang dirasa terlalu mengenyampingkan etika adalah budaya warga suku sasak cre event “bau nyale”. Bau nyale artinya menangkap nyale, nyale merupakan hewan laut berupa cacing laut yang dapat dikonsumsi. Cacing laut tersebut muncul sekali setahun pada bulan, hari, dan pantai tertentu. Itulah yang menyebabkan event “Bau Nyale” menadi sangat spesial bagi masyarakat sasak.
B. Konon cacing tersebut merupakan jelmaan putri Mandalika yang melakukan buuh diri di laut dikarenakan masalah dilema percintaannya. Tradisi “Bau Nyale” merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Lombok terutama Lombok Tengah pada waktu tertentu yakni sekitar akhir bulan Februari atau pertengahan bukan Maret.
C. Tentu saja kemeriahan acara tersebut mengandung nilai-nilai negatif jika dilihat dari sisi norma dan etika yang dilakukan oleh para remaja sehingga sangat tidak patut dilakukan oleh anak di bawah umur. Akan tetapi kembali lagi pada pernyataan bahwa budaya merupakan hal yang harus dilestarikan menadi budaya yang dirasa kurang beretika dan melanggar norma sosial tersebut masih dipertahankan hingga kini
D. Jika dianalisis lebih jauh lagi, budaya Indonesia yang beragam tersebut sebenarnya banyak yang bertentangan dari etika atau norma sosial bahkan norma agama. Akan tetapi karena kegiatan tersebut merupakan buadaya yang sudah dilakukan semenak dahulu kala leh nenek moyang suatu ras maka, menurut pernyataan kebanyakan orang mengatakan budaya sangat perlu dilestarikan untuk tetap menjaga identitas suatu ras tersebut.
E. Yang menjadi keganjalan dalam tradisi tersebut adalah cara dan etika para pemuda-pemudi dalam melestarikan budayanya. Nyale yang dibiasnya muncul pada waktu 3 samapi 5 pagi hari sehingga para pemburu harus begadang semalaman menunggu munculnya nyale ke permukaan laut. Selama semalaman tersebut untuk mengusir rasa jenuh mereka biasanya melakukan hal-hal di luar etika.

9. Perhatikan teks berikut!
Kekeringan diklasifikasikan menjadi dua: kekeringan alamiah dan kekeringan antropogenik. Kekeringan alamiah terjadi akibat tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu musim, kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah, kekurangan kandungan air di dalam tanah sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman tertentu pada periode waktu tertentu pada wilayah yang luas, pasokan komoditi ekonomi kurang dari kebutuhan normal. Kekeringan antropogenik adalah kekeringan yang disebabkan oleh ketidakpatuhan pada aturan. Kekeringan antropogenik terjadi karena kebutuhan air lebih besar dari pasokan yang direncanakan akibat ketidak-patuhan pengguna terhadap pola tanam/pola penggunaan air dan kerusakan kawasan tangkapan air, sumber air akibat perbuatan manusia.

Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan pola pengembangan ….
A. Pengembangan proses
B. Pengembangan sebab-akibat
C. Pengembangan umum-khusus
D. Pengembangan deduksi
E. Pengembangan induksi

10. Perhatikan kerangka karangan berikut!
1) Proses terjadinya efek rumah kaca
2) Penyebab terjadinya efek rumah kaca
3) Akibat efek rumah kaca
4) Solusi efek rumah kaca
5) Definisi efek rumah kaca

Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan tepat kerangka karangan tersebut adalah ….
A. 5)-1)-2)-3)-4)
B. 5)-1)-2)-4)-3)
C. 5)-2)-1)-3)-4)
D. 5)-2)-1)-4)-3)
E. 5)-3)-1)-2)-4)

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi

1. C
2. E
3. B
4. C
5. A
6. B
7. A
8. C
9. B
10. C

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 lengkap:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 4 Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...