Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda lengkap dengan jawabannya mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 3 yang membahas tentang Informasi dalam Teks Eksplanasi.
Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi


Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di di bawah ini. Selamat dan semangat belajar.

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi


Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 3 membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama tentang Pengetahuan dalam Teks Eksplanasi. Sedangkan Pembelajaran Kedua membahas tentang Urutan Kejadian dalam Teks Eksplanasi.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Bacalah teks di bawah ini!

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.

Berdasarkan isinya, teks di atas termasuk ke dalam teks ….
A. laporan hasil observasi
B. eksposisi
C. eksposisi definisi
D. prosedur kompleks
E. eksplanasi

Jawaban: E

2. Cermati kutipan teks eksplanasi di bawah in!

Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya.

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf di atas dinamakan paragraf….
A. deduktif
B. induktif
C. naratif
D. campuran
E. sebab akibat

Jawaban: A

3. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!

Penanganan sampah plastik yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan sampah plastik bekas menjadi sebuah pembuatan kerajinan tangan, atau penanganan lainnya dengan membakarnya. Karena sampah plastik tidak bisa terurai jika ditimbun kedalam tanah. Oleh sebab itu, kita harus menyadari bahwa sampah plastik itu sangat berbahaya pada lingkungan sekitar.

Informasi yang terdapat dalam teks di atas adalah…
A. Penanganan sampah plastik
B. Pembuatan kerajinan tangan
C. Sampah plastik tidak bisa diuraikan
D. sampah plastik itu sangat berbahaya pada lingkungan sekitar
E. Memanfaatkan sampah plastik

Jawaban: D

4. Bacalah kutipan teks eksplanasi berkut!

Membuang sampah seenaknya kedalam sungai sepertinya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan tradisi turun temurun bagi warga Jakarta. Padahal kebiasaan buruk tersebut sangat besar dampaknya pada lingkungan, terutama bagi sungai yang mengalir diarea jakarta. Karena hal ini dapat menimbulkan aliran sungai tersumbat oleh sampah dan akhirnya akan menimbulkan banjir. Sehingga banjir terjadi disebabkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.

Gagasan utama paragraf di atas adalah…
A. Kebiasaan atau bahkan tradisi turun temurun bagi warga Jakarta
B. Membuang sampah di sungai sangat besar dampaknya pada lingkungan.
C. Banjir terjadi disebabkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.
D. Sungai yang mengalir diarea Jakarta.
E. Aliran sungai tersumbat oleh sampah

Jawaban: C

5. Di bawah ini merupakan ciri-ciri fakta, kecuali…
A. Mengandung sebuah kenyataan yang kebenarannya bisa dibuktikan.
B. Memiliki sumber data yang akurat, tepat dan nyata misalnya saja masalah tempat kejadian, tanggal dan waktu kejadian.
C. Mempunyai keterangan saksi sebagai nara sumber yang kebenarannya bisa diuji.
D. Memiliki sifat subjektif. Dimana data yang diberikan tidak dikarang secara bebas, mengada-ada dan pastinya benar-benar nyata keasliannya.
E. Kalimat fakta pada umumnya bisa memberikan jawaban yang mengacu pada struktur 5 W + 1 H.

Jawaban: D

6. Bacalah kutipan teks eksplanasi berkut!

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi apabila bulan beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tidak akan selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan. Mengapa? Sebab kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Akan ada saat dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilah node.

Fakta yang terdapat dalam teks eksplanasi di atas adalah mengenai….
A. fenomena alam
B. terjadinya gerhana bulan
C. oposisi bulan dan matahari
D. gerhana matahari
E. kemiringan bidang orbit

Jawaban: B

7. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor. Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD.

Kutipan teks eksplanasi di atas urutan kejadiannya menggunakan pola….
A. proses
B. sebab akibat
C. penegasan
D. kronologi
E. uraian

Jawaban: B

8. Cermati teks eksplanasi berikut!

Terdapat empat siklus yang membentuk pelangi ini, antara lain: Pembiasan sinar matahari. Pelangi terbentuk karena terdapat pembiasan sinar cahaya matahari yang dibelokkan ketika sedang menuju satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang terdapat pada atmosfer.

Sinar matahari melewati tetesan air. Ketika cahaya matahari melalui tetesan air, cahaya matahari tersebut akan dibelokkan yang membuat warna-warna tadi berpisah dengan sendirinya.

Pembelokkan cahaya. Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang tidak sama yang mana membuat warna pelangi menjadi semakin indah. Terbentuklah warna pelangi. Warna yang dibelokkan pertama kali adalah warna ungu, sedangkan untuk warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah. Warna pelangi terlihat utuh disebabkan oleh geometri optik dalam penguraian warna.

Kutipan teks eksplanasi di atas urutan kejadiannya menggunakan pola….
A. sebab akibat
B. penegasan
C. kronologi
D. uraian
E. proses

Jawaban: E

9. Menjelaskan setiap urutan itu ke dalam detail-detail yang tegas sehingga pembaca dapat melihat seluruh proses kejadian dengan jelas.

Pernyataan di atas merupakan salah satu langkah-langkah urutan kejadian teks eksplanasi dengan pola pengembangan….
A. Kronogi
B. Sebab akibat
C. Proses
D. Penjelasan
E. Deskripsi

Jawaban: C

10. Cermatilah teks eksplanasi berikut!

Banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini. Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukimam. Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis. Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.

Teks di atas dapat diklasifikasikan teks eksplanasi karena....
A. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi
C. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi
D. menjelaskan sebuah permasalahan
E. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya

Jawaban: E

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi lengkap dengan jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 lengkap:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 3 Informasi dalam Teks Eksplanasi ~ sekolahmuonline.com"

close