Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Memudahkan Anda dalam mengingat dan mempelajari Geografi khususnya materi pembahasan Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata.
Rangkuman atau ringkasan Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata
Geografi kelas XI Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Klasifikasi Sumber Daya Alam
- Kedua: Sebaran dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia
- Ketiga: Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam Pembangunan Berkelanjutan

Oh ya, sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan postingan contoh soal pilihan ganda dan soal essay lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya materi dari Bab 3 ini, silahkan baca pada postingan yang berjudul:

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources), yaitu sumber daya alam yang dapat pulih kembali dalam waktu yang relative cepat, contohnya hutan, tanah pertanian, perkebunan dan peternakan. 

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources), yaitu sumber daya alam yang setelah dipakai langsung habis dan memerlukan waktu yang sangat lama dalm proses pemulihannya, contohnya minyak bumi, batau bara, bauksit, bijih besi dan barang tambang lainnya.

3. Sumber Daya Kehutanan dapat diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam dalam persekutuan alam dan lingkungannya, yag satu dengan lalinnya tidak dapat dipisahkan.

4. Sumber daya alam pertanian di Indonesia terbagi menjadi 3 tempat, yaitu sawah, ladang, dan tegalan.

5. Hasil perkebunan di Indonesia juga melimpah. Beberapa hasil perkebunan di Indonesia bahkan telah menjadi salah satu barang yang di ekspor. Beberapa hasil perkebunan Indonesia yang menjadi primadona adalah karet, kopi, tembakau, teh, jati, dan tebu.

6. Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian.
Menurut Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1980 pengelompokan secara rinci bahan galian adalah sebagai berikut, yaitu bahan galian golongan A bahan galian golongan B dan bahan galian golongan C.

7. Sumber daya laut adalah unsur hayati dan nonhayati yang terdapat di wilayah laut.
Potensi sumberdaya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut.

8. Potensi pariwisata Indonesia meliputi wisata alam dengan daya tarik keunikan lingkungan alamnya, wisata budaya dengan daya tarik adat istiada dan seninya, dan wisata buatan dengan berbagai fasilitas rekreasi dan hiburannya. 

9. AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan yang dapat menimbulkan perhubahan terhadap lingkungan hidup.

10. Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan. Pembangunan berkelanjutan artinya memperhatikan dan mempertimbangkan dimensi lingkungan hidup untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hidup.

11. Prinsip pembangunan berkelanjutan antara lain keadilan antar generasi, keadilan dalam satu generasi, prinsip pencegahan dini, perlindungan keanekaragaman hayati dan internalisasi biaya lingkungan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca dan pelajari juga soal-soal Geografi kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya juga rangkuman setiap Bab pada judul-judul di bawah ini [Tinggal Klik Judulnya].

Soal Geografi Kelas 11:

Rangkuman Geografi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close