Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah soal Essay lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata. Soal kami himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas 11. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay Geografi Kelas XI Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian sumber daya alam!

Jawaban: 
sumber daya alam adalah kekayaan berupa benda mati maupun hidup yang ada di muka bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup

2. Jelaskan secara singkat pembagian sumber daya alam berdasarkan jenisnya!

Jawaban: 
Pembagian sumber daya alam berdasarkan sifatnya
a. Sumber Daya Alam Nonhayati (Abiotik), SDA yang berasal dari benda-benda mati 
dilingkungan alam fisik.
b. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik), SDA yang berasal dari makhluk hidup.

3. Komoditas logam dan mineral apa yang paling banyak ditemukan di Indonesia? Tuliskkan beserta wilayah ditemukannya!

Jawaban: 
Komoditas logam dan mineral
a. Emas dan Perak , di seluruh pulau besar di Indonesia.
b. Tembaga, di wilayah Papua, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.
c. Bauskit, di wilayah Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Pulau Sumatera, 
dan Pulau Kalimantan.
d. Nikel, di wilayah Pulau Sulawesi, Kalimantan bagian tenggara, Maluku, dan Papua.
e. Timah, di wilayah Bangka Belitung, Pulau Karimata,dan sebelah barat Kalimantan.
f. Intan, di wilayah Martapura, di Kalimantan Selatan
g. Pasir Besi, di wilayah Sumatera, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor.

4. Jelaskan potensi pariwisata di Indonesia!

Jawaban: 
Potensi pariwsata 
a. Wisata Alam (Bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budi daya)
b. Wisata Budaya (Perjalanan yang dilakukan untuk memperluas pandangan hidup dengan cara mengunjungi tempat lain atau ke luar negeri untuk mempelajari 
keadaan rakyat, kebiasaan dan adat istiadat mereka, cara hidup mereka, serta kebudayaan dan seni mereka.
c. Wisata Buatan (Kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan objek wisata yang sangat dipengaruhi oleh upaya dan aktivitas manusia).

5. Jelaskan pokok-pokok pikiran strategi nasional untuk pembangunan berkelanjutan yang dituangkan dalam Agenda 21 Indonesia!

Jawaban: 
Ada 4 pokok cakupan Agenda 21:
a. Pelayanan masyarakat di bidang pengentasan kaum miskin, perubahan pola konsumsi, dinamisasi kependudukan, pengelolaan dan peningkatan kesehatan, 
pengembangan perumahan dan permukiman, dan sistem perdagangan global, instrumen ekonomi serta neraca ekonomi dan lingkungan terpadu.
b. Pengelolaan limbah yang meliputi perlindungan atmosfer, pengelolaan bahan kimia beracun, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, pengelolaan limbah radioaktif, serta pengelolaan limbah padat dan cair.
c. Pengelolaan sumber daya tanah yang memuat penatagunaan sumber daya tanah, pengelolaan hutan, serta pengembangan pertanian di perdesaan dan pengelolaan sumber daya air.
d. Pengelolaan sumber daya alam yang mengutamakan konservasi keanekaragaman hayati, pengembangan bioteknologi, serta pengelolaan terpadu wilayah pesisir dan lautan.

6. Tuliskan lima hal yang perlu diperhatikan dalam tindakan pelestarian sumber daya lahan pertanian!

Jawaban: 
Tindakan sumber daya lahan pertanian:
a) Pencegahan erosi permukaan tanah menggunakan berbagai teknik (Kulturteknis, biologis, dan teknis mekanis)
b) Pengayaan kandungan bahan organik tanah mencapai tingkat optimal dan pengembalian limbah panen ke dalam tanah sebagai kompos dan pupuk kandang,
c) Pergiliran variestas dan penanaman multivarietas pada satu hamparan.
d) Pengayaan jenis dan populasi mikroba bermanfaat dalam tanah
e) Pendidikan, pelatihan, dan penyadaran petani akan pentingnya pemeliharaan 
kelestarian sumber daya lahan pertanian

7. Apa yang dimaksud dengan lahan pertanian sawah dan bukan sawah? Jelaskan dan berikan contoh!

Jawaban: 
Lahan pertanian sawah adalah lahan pertanian yang berpetak-petak dan dibatasi oleh pematang, saluran untuk menahan/ menyalurkan air, yang biasanya ditanami padi sawah tanpa memandang di mana diperoleh/status lahan tersebut. Contohnya Lahan Sawah untuk Padi.
Lahan pertanian bukan sawah adalah semua lahan pertanian selain lahan sawah. Contohnya Tegal/Kebun, Ladang, Lahan yang sementara tidak diusahakan

8. Apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan?

Jawaban: 
Upaya sadar dan berencana dalam pemanfaatan sumber daya secara bijaksana dalam proses pembangunan, yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup.

9. Jelaskan perbedaan antara pembangunan berkelanjutan dan pembangunan berwawasan lingkungan!

Jawaban: 
Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, 
masyarakat, dsb) yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan. Pembangunan berkelanjutan artinya memperhatikan dan mempertimbangkan dimensi lingkungan hidup untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hidup. Sedangkan, pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan atau suistainable development adalah suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam dan sumber daya manusia, degan menyerasikan sumber alam dengan manusia dalam pembangunan.

10. Tuliskan 5 (lima) ciri-ciri pembangunan berkelanjutan!

Jawaban: 
Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan:
a) Pembangunan yang dilaksanakan tidak terjadi atau mampu meminimalkan kerusakan dan pencemaran lingkungan 
b) Pembangunan yang dilaksanakan memperhatikan antara lingkungan fisik dan lingkungan sosial 
c) Pembangunan yang dilaksanakan mampu mengendalikan pemanfaatan sumber daya 
d) Pembangunan yang dilakukan mendasar pada nilai-nilai kemanusiaan serta memperhatikan moral atau nilai yang dianut dalam masyarakat 
e) Pembangunan yang dilaksanakan harus memiliki sifat fundamental dan ideal serta 
berjangka pendek dan panjang 

11. Jelaskan manfaat bijih besi bagi kehidupan!

Jawaban:
Biji besi dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan besi baja dan kawat baja, bahan dasar pembuatan tiang rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan, bahan pembuatan besi tuang, besi tempa, pembuatan baja lunak, dan baja sedang yang kemudian akan diolah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari

12. Jelaskan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia!

Jawaban:
Hutan sebagai aru-paru dunia karena hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida pada siang hari yang merupakan hal tersebut dibutuhkan oleh manusia

13. Jelaskan fungsi ekologis hutan mangrove!

Jawaban:
Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai habitat (tempat hidup) binatang laut untuk berlindung, mencari makan, dan berkembang biak, Fungsi ekologis yang lain dari hutan mangrove adalah untuk melindungi pantai dari abrasi air laut

14. Sebutkan budi daya sumber daya alam yang dapat dikembangkan di perairan laut!

Jawaban:
Budi daya sumber daya alam yang dapat dikembangkan di perairan laut adalah:
- Rumput laut
- Mutiara
- Lobster
- Kepiting
- Udang 

15. Jelaskan pengertian Sumber Daya Kehutanan dan Sumber Daya Laut!

Jawaban:
- Sumber Daya Kehutanan dapat diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam dalam persekutuan alam dan lingkungannya, yag satu dengan lalinnya tidak dapat dipisahkan

- Sumber daya laut adalah unsur hayati dan nonhayati yang terdapat di wilayah laut. Potensi sumberdaya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut.

16. Apa yang Anda ketahui tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources)? Jelaskan dan beri contohnya masing-masing!

Jawaban:
- Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources), yaitu sumber daya alam yang dapat pulih kembali dalam waktu yang relative cepat. 
Contohnya hutan, tanah pertanian, perkebunan dan peternakan

- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources), yaitu sumber daya alam yang setelah dipakai langsung habis dan memerlukan waktu yang sangat lama dalm proses pemulihannya.
Contohnya minyak bumi, batau bara, bauksit, bijih besi dan barang tambang lainnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay atau Uraian Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata lengkap dengan Kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Baca dan pelajari juga soal-soal Geografi kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya juga rangkuman setiap Bab pada judul-judul di bawah ini [Tinggal Klik Judulnya].

Soal Geografi Kelas 11:

Rangkuman Geografi Kelas 11:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata ~ sekolahmuonline.com"

close