Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Sosiologi Kelas 10: Gejala Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com

Soal Sosiologi Kelas 10: Gejala Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya mata pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA khusus pembahasan Gejala Sosial.
Soal Sosiologi Kelas X SMA/MA Pembahasan Gejala Sosial lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya
Selamat membaca dan mempelajari, semoga membantu memberi kemudahan Anda dalam belajar secara mandiri dengan hanya bermodal kuota internet tanpa mengeluarkan biaya yang banyak untuk ambil les privat.

Soal Sosiologi Kelas X Gejala Sosial

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian Gejala Sosial dan sebutkan contohnya! 

Jawaban:

Pengertian Gejala Sosial dan Contohnya

Gejala sosial yang ada di masyarakat dapat diartikan sebagai fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat.

Gejala sosial juga diartikan sebagai suatu peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat, baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Contoh gejala sosial di masyarakat adalah kemiskinan, tawuran antarpelajar, kepadatan penduduk. 

Catatan:
Fenomena sosial merupakan gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Munculnya fenomena sosial di masyarakat berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial itu tidak dapat kita hindari, namun kita masih dapat mengantisipasinya. Perubahan sosial akan mengakibatkan beberapa dampak baik itu positif maupun negatif.
Fenomena sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah sosial. Adapun beberapa contoh fenomena sosial seperti munculnya kesenjangan sosial, demam musik luar (boyband/girlband), pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya.

2. Jelaskan faktor penyebab gejala sosial yang ada di masyarakat!

Jawaban:

Faktor-faktor penyebab gejala sosial

a. Faktor kultural, yaitu nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat/komunitas.
b. Faktor struktural, yaitu suatu keadaan yang mempengaruhi struktur, struktur yang dimaksud adalah sesuatu yang disusun oleh pola tertentu.

3. Jelaskan konsep dasar sosiologi dalam konteks gejala sosial!

Jawaban:

Konsep Dasar Sosiologi dalam Konteks Gejala Sosial:

a. Sosialisasi adalah seluruh proses seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dengan dewasa, berkembang, berhubugan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-idividu yang hidup dalam masyarakat di sekitarnya.
b. Kelompok sosial adalah sekumpulan individu dengan karakteristik tertentu dan kesamaan identitas yang saling berinteraksi bersama serta memiliki kesadaran kolektif sebagai satu kesatuan.
c. Stratifikasi sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.
d. Lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan khusus masyarakat.
e. Perubahan sosial adalah perubahan nilai-nilai, norma-norma,pola sikap serta perilaku yang terjadi pada Lembaga sosial dan memengaruhi system sosial.
f. Konflik sosial adalah keadaan masyarakat yang ditandai pertentangan akibat hubungan yang tidak serasi antara Tindakan,norma,dan nilai sosial dalam interaksi sosial.

4. Jelaskan ragam gejala sosial!

Jawaban:

Ragam Gejala Sosial

a. Ekonomi, tingkat pendapatan yang dimiliki individu dapat menimbulkan gejala sosial di masyarakat.
b. Budaya, Indonesia memiliki budaya yang beraneka ragam sehingga kita harus saling menghormati budaya lain.
c. Lingkungan alam, karakteristik gejala sosial dalam bidang lingkungan alam menyangkut aspek kondisi kesehatan.
d. Psikologis, perilaku seseorang/individu dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologisnya.

5. Jelaskan dampak gejala sosial dalam masyarakat!

Jawaban:

Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

Dampak positif

Bila kita dapat terbuka dan mengimbangi perubahan sosial-budaya yang ada, maka perubahan tersebut akan berdampak positif dan memberikan kita manfaat. Hal ini dapat dilihat dengan kemajuan bidang tekhnologi.

Dampak negatif

Seseorang yang tidak dapat menerima perubahan yang terjadi akan mengalami keguncangan budaya (culture shock). Ketidaksanggupan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawa kearah prilaku menyimpang.

6. Bagaimanakah cara mengatasi dampak gejala sosial? Siapa sajakah pihak-pihak yang ikut berperan untuk mengatasi gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat

Jawaban:

Cara Mengatasi Dampak Gejala Sosial

Dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial di masyarakat sangat beragam, mulai dari dampak positif maupun negatif. Adanya dampak negatif di masyarakat harus menjadi perhatian khusus bagi kita, karena dapat merugikan orang lain. Untuk itu perlu adanya pengendalian sosial.
Pengendalian sosial merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, sehingga anggotanya dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok atau masyarakat.
Dengan adanya pengendalian sosial, diharapkan masyarakat dapat memahami mengenai norma. Norma menjadi aturan-aturan yang bertujuan untuk mendorong individu atau kelompok dalam mencapai nilai-nilai sosial.
Pihak-pihak yang ikut berperan untuk mengatasi gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat, antara lain:
- Keluarga
- Sekolah
- Masyarakat
- Polisi
- Media massa

7. Diantara contoh gejala sosial di masyarakat adalah kemiskinan. Kemiskinan ada yang absolut dan ada yang relatif. Jelaskan pengertian masing-masing dan apa penyebab dari kemiskinan menurut sosiologi?

Jawaban:

Kemiskinan Absolut dan Kemiskinan Relatif

1) Kemiskinan absolut, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan minimum hidupnya. Dalam sosiologi, kemiskinan merupakan suatu gejala sosial yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gejala sosial ini terjadi diberbagai negara di dunia termasuk Indonesia.
2) Kemiskinan relatif, yaitu seseorang atau sekelompok orang dapat memenuhi kebutuhan minimum hidupnya, namun dirinya masih merasa miskin bila dibandingakan dengan orang lain atau kelompok lain.

Penyebab Kemiskinan

Kemiskinan terjadi dikarenakan ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer. Namun dalam sosiologi, salah satu faktor penyebab munculnya masalah tersebut karena lembaga kemasyarakatan tidak berfungsi dengan baik, yaitu lembaga kemasyarakatan dibidang ekonomi. Permasalahan tersebut dapat menyebar kebidang lainnya, seperti pendidikan dan sosial.

8. Diantara contoh gejala sosial di masyarakat masalah kependudukan. Jelaskan tentang masalah kependudukan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban:

Masalah Kependudukan dan Cara Mengatasinya

Indonesia adalah negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Penduduk merupakan sumber penting bagi pembangunan. Hal ini dikarenakan penduduk menjadi subjek dan obyek pembangunan. Dengan adanya pembangunan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk disuatu negara. Kependudukan juga dapat menimbulkan masalah, seperti kepadatan penduduk, pemerataan penduduk, ledakan penduduk, dan sebagainya.

Masalah-masalah kependudukan tersebut perlu adanya penanggulangan, karena dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan penduduk. Adapun beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kependudukan diantanya:
1) Melalui program keluarga berencana (KB)
2) Transimigrasi
3) Mengatur pertumbuhan jumlah penduduk

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal mata pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA khusus pembahasan Gejala Sosial lengkap dengan jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi Kelas 10: Gejala Sosial (Sosiologi Kelas X SMA/MA) ~ sekolahmuonline.com"

close