Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 11 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 11 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal essay (esai) atau uraian Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS Ganjil) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK. Soal-soal berikut adalah gabungan dari soal-soal semua Bab PAIBP Kelas XI semester gasal (semester 1). Dari Bab 1 sampai dengan Bab 5.
Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 11 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) lengkap dengan kunci jawabannya
PAS Ganjil atau UAS Ganjil dalam kurikulum merdeka (merdeka belajar) adalah bagian dari Asesemen. Dalam Asesemen termasuk jenis assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran).

Sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan contoh soal PAS Ganjil PAIBP kelas XI dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 50 soal lengkap dengan kunci jawabannya. Bagi pembaca Sekolahmuonline yang ingin membaca dan mempelajarinya silakan buka judul berikut ini:

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memberi kemudahan Bapak/Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi anak-anak kelas XI tentu juga senang dan bermanfaat sekali jika soal-soal di bawah ini banyak yang keluar pada tes PAS Ganjil PAIBP besok.

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas XI

Bab-bab yang diujikan dalam soal PAS Ganjil PAIBP kelas 11 di bawah yaitu:
  1. Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK
  2. Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain
  3. Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba
  4. Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig
  5. Bab 5 Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia
Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya PAS Ganjil PAIBP Kelas XI semester ganjil/gasal kurikulum merdeka (merdeka belajar). Selamat membaca dan mempelajari. 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Sebutkan tingkatan berpikir, sehingga seseorang itu sudah sampai taraf علم/ilm, ظن (dhann/dugaan), dan شكّ (syakk/keraguan)? 

Jawaban:
Tingkatan berpikir:
- Tingkat علم/ilm: Jika pengetahuan itu, didukung bukti-bukti kuat dinamakan علم/ilm.
- Tingkat ظن (dhann): Jika buktinya belum meyakinkan, namun kebenarannya lebih dominan, disebut ظن (dhann/dugaan). 
- Tingkat شكّ (syakk): jika kemungkinan benar dan salahnya seimbang disebut شكّ (syakk/keraguan).

2. Perhatikan potongan Q.S. ar-Rahmān/55: 33 berikut ini!
يَٰمَعْشَرَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ إِنِ ٱسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا۟... 

Terjemahkan potongan ayat tersebut!

Jawaban:
Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi)

Lengkapnya Surat Ar-Rahman Ayat 33:

يَٰمَعْشَرَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ إِنِ ٱسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا۟ مِنْ أَقْطَارِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ فَٱنفُذُوا۟ ۚ لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَٰنٍ

Artinya: Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.


3. Sebutkan 3 ciri dari ulil albab?

Jawaban:
Tiga ciri ulil albab:
- Pertama, memiliki akal pikiran yang lurus, nurani yang bersih, sehingga menjadi hamba Allah Swt. yang terbaik.
- Kedua, dalam kondisi apapun, tidak menghalangi untuk mengambil maslahat dari segala ciptaan Allah Swt.
- Ketiga, melakukan pemikiran kritis, utuh, obyektif, dan seimbang terhadap segala problema yang muncul

4. Amati dengan cermat Hadis ini

عن ابي ذر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلعم: تفكروا في خلق الله ولا تفكروا في ذات الله فتهلكوا (رواه ابو الشيخ) 

Berdasarkan Hadis tersebut, jelaskan 3 (tiga) kandungan isinya!

Jawaban:
Tiga kandungan isi dari Hadis:
- Pertama, manusia dipersilakan berpikir tentang sesuatu secara mendalam, optimal atau maksimal.
- Kedua, obyek yang menjadi focus kajiannya adalah segala ciptaan Allah Swt.
- Ketiga, tidak diperkenankan berpikir tentang Dzat Allah Swt.

5. Tulis kembali Q.S. Ali Imran/3: 191 dengan benar!

Jawaban:
Q.S. Ali ‘Imrān/3 ayat 191:
ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya:
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

6. Sebutkan dan jelaskan secara singkat isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan hadis terkait! 

Jawaban:
Isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan hadis terkait, diantaranya: Penciptaan alam semesta, dan silih bergantinya siang dan malam, pusaran angin, keteraturan lintasan benda-benda langit, dan bumi dengan segala isinya, semua itu jangan dijadikan sebagai peristiwa biasa, tanpa hikmah dan tujuan, tetapi harus dipikirkan, sehingga keberadannya dapat diambil sisi positif dan negatifnya melalui akal pikiran serta akal budi yang dimiliki seseorang.

7. Jelaskan hubungan antara kecanggihan IPTEK dan kedekatan (taqarrub) kepada Allah Swt.! 

Jawaban:
Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) harus semakin menumbuhkan kedekatan (taqarrub) kepada Allah Swt. Itu artinya, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, hidupnya harus semakin baik dan benar di sisi Allah Swt., termasuk semua nikmat yang diterima, pasti akan diminta pertanggungjawaban.

8. Jelaskan secara singkat hubungan berpikir dan kemuliaan manusia! Apa hubungan antara berpikir dan peran manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi? 

Jawaban:
Berpikir menjadi ciri khas manusia. Disebabkan kemampuan berpikir, manusia menjadi makhluk yang dimuliakan Allah Swt.

Peran sebagai khalifah, diamanahkan kepada manusia, karena faktor berpikir juga. Karena kemampuan berpikirlah, ilmu pengetahuan dan teknologi akan diserap didapat dan ditemukan.

9. Sebutkan isi kandungan Q.S. arl-Rahmān/55: 33 dan hadis terkait! 

Jawaban:
Isi kandungan Q.S. arl-Rahmān/55: 33 dan hadis terkait, di antaranya:
a) Rajin, cinta, dan semangat menuntut ilmu itu mutlak dilakukan, tetapi penting sekali melakukan seleksi ilmu dan guru, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, akibat kebodohan diri, atau dibodohi pihak lain.
b) Membaca itu berkaitan dengan qalam (pena) sebagai alat untuk menulis, sehingga tulisan itu menjadi penghubung antar manusia walaupun mereka berjauhan tempat, sebagaimana mereka berhubungan dengan perantaraan lisan.
c) Setiap orang harus bercita-cita memiliki iptek yang tinggi, sebagaimana peran para ulama, sehingga sampai kini, meski sudah wafat, ilmu masih bermanfaat untuk generasi akan datang, dan harus menjadi kesadaran bersama, bahwa untuk menjadi ulama itu bukan hal mudah.
d) Saat ini, semakin sedikit ulama akibat diwafatkan oleh Allah Swt. dan itu berpengaruh kepada hilangnya ilmu yang dimiliki para ulama yang berakibat bagi kehidupan, sehingga semakin susah menemukan teladan yang dapat dicontoh. 

10. Tulis kembali Al-Quran Surat Ar-Rahman Ayat 33 lengkap dengan terjemahnya! 

Jawaban:
Surat Ar-Rahman Ayat 33 lengkap dengan terjemah/artinya:

يَٰمَعْشَرَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ إِنِ ٱسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا۟ مِنْ أَقْطَارِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ فَٱنفُذُوا۟ ۚ لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَٰنٍ

Artinya: Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

11. Rasulullah Saw. bersabda, ‘’Kalian tak akan masuk surga, sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan satu amalan, jika dilakukan membuat kalian saling mencintai? Itu adalah sebarkan salam’’ (HR. Muslim dari Abu Hurairah). Sebutkan 3 kandungan makna dari kalimat sebarkan salam’’?

Jawaban:
Tiga kandungan makna dari kalimat sebarkan salam dalam hadits tersebut adalah:
• Menjaga sikap dan perilaku dari menyakiti dan berbuat aniaya kepada pihak lain;
• Setiap muslim harus menebarkan manfaat dan maslahat untuk pihak lain;
• Bertekad untuk menjaga seluruh anggota badannya melukai pihak lain. 

12. Sebutkan hubungan antara Iman (Akidah), Islam (Syariah), dan Ihsan (Akhlak)?

Jawaban:
Hubungan antara Iman (Akidah), Islam (Syariah), dan Ihsan (Akhlak) adalah Ketiganya (Akidah, Syariah dan Akhlak) harus menyatu dan tidak boleh terpisah. Akidah (Iman) menghasilkan Syariah (Islam), dan Syariah tidak melupakan Akhlak (Ihsan). Tentunya, penyatuan tersebut memiliki makna yang amat dalam, bahwa kepribadian muslim itu ditopang oleh Iman, Islam dan Akhlak


13. Tulislah teks hadis yang menjelaskan bahwa cabang iman itu berjumlah 63, dan sebutkan 3 cabang iman yang lain, selain 4 cabang iman yang sudah dipelajari?

Jawaban:
Teks Hadis yang menjelaskan bahwa cabang iman itu berjumlah 63 adalah:

الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Iman itu ada tujuh puluh atau enam puluh cabang lebih, yang paling utama adalah ucapan ‘Laailaahaillallah’, sedangkan yang paling rendahnya adalah menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan, dan malu itu salah satu cabang keimanan” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan 3 cabang iman lain, selain 4 cabang yang sudah dipelajari, antara lain: Membuang duri dari jalan; malu berbuat tidak baik atau patut, dan bertanggung jawab.

Catatan:

بِضْعٌ :
(Bidh'un): Bilangan antara tiga hingga sembilan. Jadi lafal bidh'un wa sab'un bisa berarti: 73, 74, ... 79. Demikian juga dengaan lafal "Bidh'un wa Sittuun" dapat memiliki arti: 63, 64, ... 69.

14. Buatlah kisah nyata tentang runtuhnya karir seseorang disebabkan penggunaan medsos yang salah, dan apa saja pelajaran yang kalian ambil!

Jawaban:
Kisah nyata tentang runtuhnya karir seseorang disebabkan penggunaan medsos yang salah adalah:
(1) Kasus musisi berinisial J yang mencuit kalimat di medsosnya yang berbunyi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) adalah Kacung dari WHO (World Health Organization).
Lihat di: Liputan6.com; News.detik.com; atau newsmaker.tribunnews.com
(2) Kasus Sersan Mayor T yang istrinya tak bijak Bermedsos, akhirnya KASAD (Kepala Staf Angkatan Darat) menghukum ringan ke Bintara T tadi dengan penahanan 14 hari (sumber: okezone: senin, 18 Mei 2020/news)

(Kisah di atas hanya contoh yang bersumber dari media yang telah disebutkan) 
3. Dan lain-lainnya

15. Sebutkan 3 isi kandungan Q.S. Ibrāhīm/14: 7, khususnya yang dihubungkan dengan kata syukr dan kufr?

Jawaban:
Tiga isi kandungan Q.S. Ibrāhīm/14: 7, khususnya yang dihubungkan dengan kata syukr dan kufr. Pertama, Kewajiban setiap manusia untuk bersyukur dari segala nikmat yang sudah diterima. Kedua, hindari bersikap dan berbuat kufur (menutupi atau menggunakan nikmat di jalan yang tidak benar). Ketiga, syukur berakibat bertambahnya nikmat, sebaliknya kufur berakibat kesengsaraan yang diderita

16. Sebutkan 3 usaha, agar tidak terjadi perilaku menyimpang di kalangan pelajar?

Jawaban:
Tiga usaha, agar tidak terjadi perilaku menyimpang di kalangan pelajar adalah:
• Beri kesempatan yang banyak, agar pelajar dapat mengembangkan segala minat, bakat dan potensinya.
• Wujudkan kehidupan keluarga yang harmonis. Hubungan antar keluarga berjalan baik.
• Setiap anak itu unik, bahkan yang lahir kembar sekalipun. Karena itu, jangan membiasakan menyamaratakan potensi anak.

17. Perhatikan dengan cermat Q.S. al-Māidah/5: 90 ini!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿٩٠﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung." (Q.S.5:90)

Sebutkan 3 isi dan kandungan ayat tersebut!

Jawaban:
Tiga isi dan kandungan Q.S. Al-Māidah/5: 90 adalah:
• Minuman keras, dan berjudi, merupakan perbuatan keji dan termasuk perilaku setan.
• (Berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan panah juga perbuatan yang buruk.
• Semua perbuatan (keempat perbuatan) itu haram dilakukan dan harus dijauhi. 

Terjemahan Q.S. al-Māidah/5: 90:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿٩٠﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung." (Q.S.5:90)

18. Sebutkan masing-masing dari jenis narkotika dan psikotropika?

Jawaban:
Dua jenis narkotika dan psikotropika adalah:
• 2 Jenis Narkotika adalah Morfin dan Putau
• 2 Jenis Psikotropika adalah Amphetamine dan Shabu

19. Di antara 2 jenis zat adiktif adalah nikotin dan alkohol, jelaskan secara singkat dampak negatif bagi yang menggunakan!

Jawaban:
Dampak negatif bagi yang menggunakan:
• Nikotin: melemahkan kemampuan jaringan pelindung di paru-paru; serta memicu penyakit jatung.
• Alkohol adalah menimbulkan kecanduan dan dapat merusak tubuh, mental, bahkan kualitas hidup

20. Sebutkan 5 cara mencegah penyalahgunaan narkoba! 

Jawaban:
Lima cara mencegah penyalahgunaan narkoba adalah:
• Mencintai dan mensyukuri hidup yang merupakan anugerah Allah Swt.
• Temu-kenali dan kembangkan daya, minat, dan bakat, serta hobi kalian.
• Setiap orang memiliki problema tersendiri. Hadapi dan cari solusinya dengan benar.
• Memiliki teman akrab itu pilihan.
• Berani berkata tidak, serta menolak ajakan teman untuk penyalahgunaan narkoba

21. Pelaksanaan Khutbah Jum’at dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian. Sebutkan!

Jawaban:
Pelaksanaan Khutbah Jum’at dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu:
• Khutbah Jum’at I (Khatib berdiri di mimbar yang diawali salam; Khatib duduk kembali saat dikumandangkan adzan; Selesai adzan, khatib berdiri dan membaca rangkaian dari rukun-rukun khutbah; Penutup khutbah I).
• Dilanjutkan Khutbah II (selesai khutbah pertama, khatib duduk sebentar; lalu berdiri untuk khutbah kedua; membaca rukun-rukun khutbah mulai membaca hamdalah sampai doa.

22. Sebutkan 3 rukun Khutbah Jum’at?

Jawaban:
Tiga rukun Khutbah Jum’at, antara lain: membaca hamdalah, syahadaitan, dan shalawat

23. Ada beberapa persyaratan yang harus diindahkan bagi mubalig, agar jamaah memiliki kerelaan hati untuk mengamalkan apa yang disampaikan. Sebutkan syarat-syarat itu!

Jawaban:
Syarat menjadi mubalig agar jamaah dengan kerelaan hati mengamalkan apa yang disampikan adalah:
• Hindari upaya memaksa, apalagi menggunakan kekerasan, dan tidak terkesan menggurui.
• Gunakan pula metode yang menyenangkan dengan prinsip 3 F (Fun, Fresh, dan Focus).
• Tidak berlebihan dalam menggunakan humor dan jenaka

24. Jika kalian ingin berprofesi sebagai seorang dai yang sukses, maka harus memenuhi syarat seperti yang sudah diperankan oleh para Rasul, sebutkan 3 syarat yang paling utama!

Jawaban:
Tiga syarat menjadi dai yang sukses adalah:
• Satunya kata dengan perbuatan, sikap dan perilakunya tingkah lakunya benar-benar menjadi teladan.
• Memahami objek dakwahnya, sehingga tepat sasaran dakwahnya.
• Memiliki keberanian dan ketegasan, namun tetap bijak dan santun dalam berdakwah.

25. Saat ini beragam kepentingan masyarakat ingin dipenuhi secara cepat. Banyak juga problema yang diderita. Bagaimana strategi kalian (jika menjadi dai, khatib atau mubalig, sehingga masyarakat bisa tenang dan tenteram? 

Jawaban:
Strategi mejadi dai, khatib, dan mubalig, agar jamaah menjadi senang dan tenteram:
• Membutuhkan waktu yang tidak pendek dan kesabaran yang tinggi
• Menggunakan beragam metode dan strategi
• Mendayagunakan sarana penunjang yang memadai/mendukung

26. Ulama Indonesia ini pernah diundang untuk presentasi di hadapan para ulama Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, tepatnya tahun 1870 M. Siapakah Beliau ini?

Jawaban:
Ulama Indonesia ini pernah diundang untuk presentasi di hadapan para ulama Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, tepatnya tahun 1870 M adalah Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani.

Pembahasan:
Siapakah beliau Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani?

Nama lengkap beliau adalah Abu Abdul Mu’ti Muhammad bin Umar al-Tanara alJawi al-Bantani. Dikenal juga dengan nama Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani. Lebih terkenal dengan nama Syekh atau Imam Nawawi Banten. Ayahnya adalah Umar bin Arabi yang merupakan seorang ulama di Banten.

Dikisahkan juga, bahwa Syekh Nawawi masih keturunan dari Sunan Gunung Jati (salah satu Wali Songo) dari Sultan Banten I, yakni Maulana Hasanuddin. Imam Nawawi juga dikabarkan masih memiliki jalur nasab dari Sayyidina Husein r.a, salah satu cucu Rasulullah Saw. selain Sayyidina Hasan r.a. 

Sebutan al-Jawi, menunjukkan bahwa beliau berasal dari Pulau Jawa, sebab Banten menjadi bagian dari Pulau Jawa. Namun, di seantero dunia, beliau diberi gelar Sayyidul Hijaz (Maha Guru Jazirah Arab, Saudi Arabia sekarang). Kebesaran nama Imam Nawawi sepadan dengan Imam Syafi’i (salah satu tokoh madzhab, sehingga dikenal dengan Madzhab Syafi’i).

Beliau dilahirkan di Kampung Tanara, Serang, Banten pada ahun 1815 Masehi, atau 1230 Hijriah, dan beliau wafat pada tanggal 25 Syawal 1314 Hijriah, atau 1897 Masehi. Imam Nawawi menghembuskan nafasnya yang terakhir pada usia 84 tahun. 

Di Makkah, Imam Nawawi giat menghadiri majelis-majelis ilmu, khususnya di Masjidil Haram. Hingga, setelah dilihat kedalaman ilmu (Faqih) oleh imam masjid utama tersebut, yakni Syekh Ahmad Khatib Sambas (ini juga tokoh Indonesia yang kaliber dunia) memintanya untuk menggantikan posisinya Mulailah Imam Nawawi menjadi pengajar dan membuka majelis ilmu sendiri di Masjidil Haram.

27. Syekh Yusuf pada tahun 1644, menunaikan ibadah haji dan tinggal di Makkah untuk beberapa lama, lalu belajar kepada ulama-ulama terkemuka di berbagai negara. Sebutkan di negara-negara manakah itu?

Jawaban:
Syekh Yusuf pada tahun 1644, menunaikan ibadah haji dan tinggal di Makkah untuk beberapa lama, lalu belajar kepada ulama-ulama terkemuka di berbagai negara. Negara-negara tersebut adalah Yaman dan Damaskus

28. Syekh Abdus Samad termasuk pengarang yang produktif. Sebutkan kedua karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan?

Jawaban:
Syekh Abdus Samad termasuk pengarang yang produktif. Kedua karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan adalah Hidayatus Salikin dan Siyarus Salikin.

29. Syekh Nuruddin awalnya belajar bahasa Melayu di Aceh, lalu memperdalam ilmu agamanya saat beribadah haji ke Makkah. Sepulang dari Makkah, didapati bahwa di Aceh, aliran wujudiyah sudah berkembang. Jelaskan apa itu aliran wujudiyah?

Jawaban:
Pengertian aliran wujudiyah adalah aliran dalam tarekat/tasawuf yang menyatakan bersatunya atau menyatunya Khaliq dengan Makhluk. Aliran ini, menurut mayoritas ulama adalah sesat, karena itu harus dihindari.

30. Banyak karya-karya Syekh Abdul Rauf Singkil yang sempat dipublikasikan melalui murid-muridnya, di antaranya Tarjuman al-Mustafīd. Sebutkan isi garis besar dari isi kitab tersebut?

Jawaban:
Karya Syekh Abdul Rauf Singkil adalah Tarjuman al-Mustafīd. Berikut ini isi garis besarnya, yaitu: naskah pertama Tafsir Al-Qur’an yang lengkap berbahasa Melayu.


Lengkap semua bab contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK beserta kunci jawabannya lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 11 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close