Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia (PAIBP Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia (PAIBP Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas 11 SMA/SMK khususnya SMA dan SMK Pusat Keunggulan (PK) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia.
Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kelas XI SMA/SMK Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia
PAIBP Kelas XI Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia adalah salah satu Bab yang ada di semester genap atau semester 2. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI masuk pembahasan pertama di semester genap.

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia

Dari penjelasan materi tentang Q.S. Yūnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah/5: 32 dapat dirangkum sebagai berikut:

1. Islam mengajarkan tentang toleransi. Hal ini tertuang dalam Q.S. Yūnus/10: 40 – 41;

2. Isi Q.S. Yūnus/10: 40 - 41 adalah:
- Pertama: penduduk Makkah pada masa Nabi Muhammad Saw. terbagi menjadi dua kelompok, yaitu: orang yang beriman terhadap Al-Qur’an dan orang yang tidak beriman selamanya.
- Kedua, Allah lebih mengetahui tentang perbuatan manusia.
- Ketiga, perbuatan setiap manusia di dunia akan dipertanggungjawabkan kepada Allah Swt. di akhirat;

3. Islam adalah agama yang menjamin kehidupan seluruh manusia. Hal ini termaktub dalam Q.S. al-Māidah/5: 32.

4. Isi Q.S. al-Māidah/5: 32 adalah:
- Pertama, Islam melarang manusia
melakukan kekerasan;
- Kedua, Islam mengajarkan untuk memelihara kehidupan manusia. Memelihara seorang manusia, maka seakanakan memelihara kehidupan semua manusia.

5. Toleransi dan memelihara kehidupan manusia adalah sikap yang harus dimiliki pelajar SMA dan SMK untuk menguatkan kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia.

Baca juga:

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 11 SMA/SMK 

Lengkap semua bab contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK beserta kunci jawabannya lihat pada judul-judul postingan di bawah ini:

Lengkap Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 11 SMA/SMK

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK semua Bab lihat pada judul-judul postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 6 Menguatkan Kerukunan melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia (PAIBP Kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close