Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas 11 SMA/SMK khususnya SMA dan SMK Pusat Keunggulan (PK) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig.
Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kelas 11 SMA/SMK Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig
PAIBP Kelas XI Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK masuk pembahasan kedua di semester ganjil.

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig

1. Dibanding khutbah dan tablig, cakupan dakwah itu lebih luas, seluas segala aspek kehidupan setiap muslim. Dakwah tidak mesti berbicara dan berceramah, tetapi melakukan perbuatan sehari-hari yang mencerminkan tata nilai Islam, bahkan diam pun demi menegakkan kebenaran, dapat juga bagian dari dakwah.

2. Syarat dai:
(a) satunya kata dengan perbuatan
(b) memahami objek dakwahnya
(c) berani dan tegas, tetapi tetap bijak dan santun dalam berdakwah
(d) memiliki ketabahan dan kesabaran yang kokoh
(e) tugasnya hanyalah menyampaikan, tidak memastikan hasilnya
(f ) terus berdoa agar dakwahnya berhasil.

3. Khutbah jika dikaitkan dengan shalat dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
(a) Khutbah sebelum shalat, misalnya Khutbah Jum’at.
(b) Khutbah sesudah shalat, misalnya Khutbah Shalat ’Idain, Shalat Khusuf dan Shalat Kusuf, Shalat Istisqa’, dan khutbah saat Wukuf di Arafah;
(c) Khutbah yang tidak berkaitan dengan shalat, misalnya Khutbah Nikah.

4. Rukun Khutbah:
- Membaca hamdalah
- membaca shalawat Nabi
- berwasiat taqwa kepada diri dan jamaah
- membaca satu atau beberapa ayat al-Qur’an
- berdoa untuk kaum muslimin dan muslimat.

5. Tablig bukan sekadar ceramah atau pesan biasa, tetapi sebuah ceramah yang datangnya dari Allah Swt. yang disampaikan kepada satu orang atau banyak orang agar mengamalkan pesan tersebut.

6. Ketentuan tablig:
(a) menggunakan cara yang sopan, lemah lembut, tidak kasar, dan tidak merusak
(b) menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
(c) mengutamakan musyawarah dan diskusi
(d) materinya menggunakan rujukan yang kuat dan jelas sumbernya
(e) dilandasi keikhlasan dan kesabaran
(f). tidak menghasut untuk bermusuhan, berselisih, merusak, dan mencari-cari kesalahan orang lain.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/SMK semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) ~ sekolahmuonline.com"

close