Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional. 
Rangkuman atau ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional
Rangkuman atau ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional

Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional terdiri dari empat kegiatan pembelajaran:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi
• Kegiatan Pembelajaran Kedua: Pengertian dan Fungsi Pertunjukan Musik Tradisional
• Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Pertunjukan Musik Tradisional Pengiring Tari dan Teater Tradisional
• Kegiatan Pembelajaran Keempat: Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional

Rangkuman atau Ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional

Nah, berikut ini rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional. Semoga membantu memudahkan Anda dalam mempelajari Seni Budaya khususnya Seni Musik bab ini.

• Apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam menonton/ mendengar/melihat/mengamati suatu karya musik tradisional sehingga seseorang dapat memiliki rasa kepekaan terhadap estetik, wawasan, dan kreativitas musik dalam memberikan penilaian dan penghargaan terhadap mutu suatu karya musik tradisional.

• Tahapan-tahapan atau tingkatan-tingkatan seseorang dalam mengapresiasi adalah simpatik, empatik, dan kritik. Mengapresiasi musik tradisional berfungsi untuk menumbuhkembangkan sikap penghargaan, kemampuan daya analitis, pemahaman makna musik tradisional, dan menambah wawasan musik tradisional.

• Kegiatan-kegiatan dalam mengapresiasi musik tradisional meliputi kegiatan persepsi, pengetahuan, analisis, dan penilaian terhadap musik tradisional.

• Musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di suatu daerah tertentu dan diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

• Ciri umum musik tradisional adalah ide tidak melalui tulisan berupa notasi atau partitur tetapi secara lisan, diwariskan turun temurun secara lisan, syair lagunya berbahasa daerah, melodi dan iramanya juga menunjukkan ciri khas kedaerahan, serta melibatkan alat-alat musik daerah.

• Secara umum fungsi musik dalam masyarakat meliputi fungsi ritual, hiburan, ekspresi diri, komunikasi, ekonomi, pengiring tarian, dan pengiring teater tradisional.

• Musik tari merupakan salah satu unsur yang menunjang dalam pertunjukan tari. Sehingga dapat dikatakan musik dalam tari adalah suatu pola ritmis yang dapat memberikan makna, struktur, dinamika, serta kekuatan gerakan tari. Coba kita bayangkan, gerak tari tanpa musik rasanya belum lengkap, sehingga unsur musik yang dinamakan ritme harus selalu dipertimbangkan agar gerak tersebut ingin bermakna, memiliki struktur, dinamika, serta kekuatan.

• Musik dalam tari dibedakan dalam tiga jenis, yakni; sebagai musik pengiring tari, sebagai musik ilustrasi, dan sebagai musik partner gerak.

• Musik pada pertunjukan teater bukan hanya sebagai “pelengkap” saja, akan tetapi mempunyai peranan, makna, dan fungsi yang sangat penting serta memegang peran inti dalam kelancaran sebuah pementasan teater, karena dengan penataan musik yang sesuai dengan tema cerita akan semakin menguatkan maksud dari skenario dan membantu aktor dalam memainkan sebuah adegan yang diperankan.

• Fungsi dan peranan musik dalam pertunjukan teater dalam urutannya sebagai; musik pembuka, musik penutup, musik pergantian babak, musik ilustrasi, musik soundtrack, musik soundtrack, musik penokohan, musik aksentuasi, musik setting, dan musik pelebur emosi.

• Pada perkembangannya jenis-jenis teater yang berkembang di Indonesia antara lain; teater rakyat, teater keraton, teater urban, dan teater kontemporer.

• Secara sederhana penampilan pertunjukan musik adalah sebuah kegiatan untuk menampilkan karya musik kepada orang lain. Kegiatan ini merupakan ajang untuk menampilkan kemampuan memainkan pertunjukan musik.

• Menampilkan pertunjukan musik memiliki fungsi sebagai berikut:
✓ Media aktualisasi diri.
✓ Media pengembangan bakat.
✓ Media apresiasi.

• Teknik penampilan pertunjukan musik, meliputi :
✓ Penampilan perorangan
✓ Penampilan kelompok

• Prosedur untuk menampilkan sebuah pertunjukan musik, yakni:
✓ Persiapan
✓ Pelaksanaan
✓ Evaluasi

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman Seni Budaya (Seni Musik) Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional ~ sekolahmuonline.com"

close