Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional [Pembahasan 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional [Pembahasan 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan kepada pembaca semuanya, contoh Soal Seni Budaya Kelas X. Kali ini Sekolahmuonline akan suguhkan Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 3 Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional khususnya Kegiatan Pembelajaran yang Pertama yaitu tentang Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya.
Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional [Pembahasan 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi] ~ sekolahmuonline.com
Seni Budaya Kelas X Bab 3 Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional terdiri dari empat kegiatan pembelajaran. Adapun materi-materi pembelajaran yang dibahas dalam bab ini, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi
- Kegiatan Pembelajaran 2: Pengertian dan Fungsi Pertunjukan Musik Tradisional
- Kegiatan Pembelajaran 3: Pertunjukan Musik Tradisional Pengiring Tari dan Teater Tradisional
- Kegiatan Pembelajaran 4: Menampilkan Pertunjukan Musik Tradisional

Agar soal tidak terlalu panjang hingga membuat jenuh dalam membaca dan belajar, soal Sekolahmuonline sajikan per kegiatan pembelajaran.

Nah, berikut ini Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 3 Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional khusus Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi. Soal terdiri dari soal-soal essay (esai) atau uraian. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 Bab 3 Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional Pembahasan Kegiatan Pembelajaran 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan secara umum pengertian apresiasi berdasarkan etimologi Inggris!

Jawaban:
Istilah apresiasi berasal dari etimologi Ingris, yakni appreciate yang berarti menghargai. Jadi apresiasi musik dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk memahami musik dengan jalan menghargainya. Secara umum dapat dikatakan bahwa setiap hasil penciptaan karya seni merupakan suatu bukti nyata fisikal (physical evidence), terbentuk dari suatu proses pemikiran serta usaha seniman dalam berolah seni. Dalam apresiasi mau tidak mau berkaitan dengan pengkajian seni itu sendiri sebagai suatu substansi fenomena fisik yang primair (primary document).

2. Jelaskan pengertian apresiasi dalam karya seni! 

Jawaban:
Secara sederhana apresiasi adalah menonton. Hal ini menunjukan apresiasi adalah sebuah aktivitas menonton. Namun demikian, membahas tentang apresiasi tidak hanya sekadar kegiatan menonton saja.
Apresiasi berasal dari bahasa Inggris, appreciation yang berarti penghargaan yang positif. Sedangkan dalam kamus ilmiah populer menyebutkan “apresiasi” (apreciate) adalah penilaian dan penghargaan hasil karya.

Istilah apresiasi sendiri di dalam dunia seni sudah tidak asing lagi. Apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam melakukan kegiatan menonton/menyaksikan/melihat/mengamati hasil karya seni.
Secara konseptual kegiatan apresiasi bertujuan untuk menumbuhkembangkan potensi diri dalam kepekaan estetik, wawasan, kreativitas serta mengembangkan potensi pribadi.

Dari pengertian di atas dapat dimaksudkan bahwa apresiasi merupakan kegiatan seseorang dalam menonton/menyaksikan/melihat/mengamati suatu karya sehingga seseorang dapat memiliki rasa kepekaan terhadap estetik, wawasan, dan kreativitas seni dalam memberikan penilaian dan penghargaan terhadap mutu suatu karya seni. Berarti apresiasi merupakan kegiatan mengenal, menilai, dan menghargai karya. Maka sasaran utama kegiatan apresiasinya adalah nilai suatu karya.

3. Sebutkan tahapan-tahapan seorang apresiator!

Jawaban:
Tahapan-tahapan atau tingkatan seseorang mengapresiasi terdiri dari:
A. Simpatik
B. Empatik
C. Kritik

Seorang apresiator memiliki tahapan-tahapan yang berbeda dalam mengapresiasi. Tahapan-tahapan atau tingkatan seseorang mengapresiasi terdiri dari:
• Simpatik, artinya dalam tahap ini seseorang hanya memiliki tujuan sekedar menunjukkan kesenangan (hobi) dalam mengamati karya musik tradisional.
• Empatik, disamping sebagai hobi atau kesenangan, dalam tingkatan ini seorang apresiator mampu menunjukkan kepekaan rasa, seakan-akan ia terbawa dalam situasi atau kondisi dalam karya musik tradisional yang disajikan.
• Kritik, merupakan tahapan dimana seorang apresiator memiliki tingkatan lebih tinggi disamping secara simpatik dan estetik, dalam tahapan ini seorang apresiator dapat melakukan penilaian dan penghargaan secara estetik dalam pencapaian artistik pada sebuah karya musik tradisional.

4. Jelaskan perbedaan simpati dan empati itu! Bagaimana cara menumbuhkan perasaan simpati dan empati dalam apresiasi karya seni? 

Jawaban:
Perasaan simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap orang lain atau pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, diderita orang tersebut.
Sedangkan empati adalah melakukan sesuatu kepada orang lain, dengan menggunakan cara berpikir orang lain tersebut, yang menurut orang lain itu menyenangkan, yang menurut orang lain benar.

Sikap apresiasi dalam karya seni terbentuk atas kesadaran akan kontribusi para seniman bagi bangsa dan negara atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya. Dengan berapresiasi seni, dapat mengembangkan rasa empati kepada profesi seniman dan budayawan. Pengenalan akan tokoh-tokoh seni budaya kepada masyarakat sekitar termasuk hal yang dapat menumbuhkan perasaan simpati, dan jika dilakukan secara berulang-ulang akan meningkat menjadi perasaan yang lebih dalam yaitu rasa empati.

5. Sebutkan beberapa fungsi dari apresiasi!

Jawaban:
Dalam kegiatan apresiasi musik memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
A. Menumbuhkembangkan sikap penghargaan terhadap karya musik tradisional.
B. Menumbuhkembangkan sikap pengamatan dan daya analitis secara estetik dalam karya musik tradisional.
C. Memahami dan merasakan makna yang disampaikan dari karya musik tradisional yang disajikan.
D. Menambah wawasan musik tradisional

6. Jelaskan kegiatan dalam apresiasi!

Jawaban:
Kegiatan apresiasi musik tradisional meliputi :
A. Persepsi, mengenalkan akan bentuk pertunjukan musik tradisional. Misalkan mengenalkan beberapa pertunjukan musik tradisional yang berkembang di Indonesia.
B. Pengetahuan, merupakan dasar dalam mengapresiasi baik sejarahnya maupun istilah-istilah yang biasa digunakan dalam musik tradisional.
C. Analisis, pada tahap analisis mulai dicoba mendeskripsikan bentuk musik tradisional yang sedang diamati, kemudian menafsirkan objek seni yang diapresiasi.
D. Penilaian, penilaian terhadap karya-karya musik tradisional yang diapresiasi baik secara subyektif maupun obyektif. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab 3 Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional khususnya Kegiatan Pembelajaran yang Pertama yaitu tentang Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh warga negara. Jika bisa dipermudah, jangan sampai dipersulit. Semoga cita-cita baik seluruh anak bangsa tercapai. Jika belum, mari terus berusaha hingga titik darah penghabisan. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia. Merdeka! NKRI Jaya!

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Apresiasi Pertunjukan Musik Tradisional [Pembahasan 1: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Apresiasi] ~ sekolahmuonline.com"

close