Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10. Kali ini akan membahas Seni Musik Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang ketiga yaitu Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional. 
Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional [Seni Musik]
Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran. Ketiga kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
- Pembelajaran Pertama: Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
- Pembelajaran Kedua: Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
- Pembelajaran Ketiga: Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional

Soal Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional + Kunci Jawabannya

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang paling tepat !

1. Pengertian presentasi yang benar di bawah ini ...
a. suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang
b. suatu kegiatan diskusi pada suatu forum
c. suatu kegiatan berpidato di hadapan banyak orang
d. suatu kegiatan menyusun materi analisis
e. suatu kegiatan menulis di hadapan banyak orang

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara dihadapan banyak orang. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau pendidikan.

2. Tujuan dari suatu presentasi adalah….
a. memberi kabar
b. merangkum kegiatan
c. menyampaikan informasi
d. mencatat suatu peristiwa
e. menyampaikan pendapat

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk promosi produk (marketing), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Presentasi dalam pembelajaran di sekolah, lebih mengacu pada tujuan presentasi untuk memberikan informasi atau memaparkan hasil dari suatu proses pembelajaran. Presentasi tersebut disampaikan kepada forum di kelasnya yaitu kepada teman-teman sekelasnya dan kepada guru pengajarnya.

3. Adi seorang siswa yang sedang melakukan presentasi di kelas pada kegiatan pembelajaran seni budaya. Namun nampak sekali Adi kurang siap dalam melakukan presentasi, padahal di kelasnya lengkap tersedia media untuk presentasi, dan Adi cukup mengusai media tersebut. Sisi lain Adi sebenarnya salah satu siswa yang cukup sering menyampaikan presentasi di Kelas. Hanya saja Adi siswa yang cukup sibuk dengan berbagai kegiatan di sekolah. Dari pernyataan soal ini apa yang menjadi penyebab apa yang menjadi penyebab ketidaksiapan Adi ketika presentasi di kelas waktu itu….
a. Penguasaan media
b. Penyampaian informasi
c. Materi presentasi yang kurang dikuasai
d. Penampilan
e. Kecakapan dalam berbicara

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Dilihat dari pernyataaan soal menunjukan bahwa Adi secara personal mempunyai kecakapan individu yang memadai untuk presentasi di kelas, karena Adi terlalu sibuk dengan kegiatan sehingga kurang mempersiapkan dirinya untuk menguasai materi presentasi. Sehingga kendala yang prinsip pada kurang siapnya Adi dalam presentasi dikelas adalah kurang menguasai materi.

4. Amir siswa berasal dari daerah yang tidak terdapat internet, di sekolahnya tidak tersedia media seperti LCD proyektor dll yang mendukung presentasinya. Sekiranya media apa yang cocok untuk mendukung presentasi disekolah…
a. LCD
b. Power Point
c. Internet
d. Papan tulis
e. Laptop

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Dari uraian soal dapat diketahui bahwa Amir berasal dari daerah tertinggal yang minim akan fasilitas teknologi di sekolahnya. Maka dari itu untuk presentasi di kelas dapat menggunakan media yang ada di kelas tersebut seperti papan tulis

5. Penampilan menjadi faktor yang menentukan pada saat presentasi, selain aspek-aspek yang lain seperti kelengkapan materi, penyampaian informasi, dan media. Aspek-aspek tersebut tentu saling terkait satu sama lain. Di bawah ini mana aspek kriteria penampilan yang cocok bagi siswa yang akan tampil presentasi….
a. percaya diri
b. pemalu
c. intonasinya kurang jelas
d. bicaranya pelan
e. kurang meyakinkan

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Berdasarkan uraian soal dapat diketahui kriteria penampilan yang cocok untuk presentasi adalah Percaya Diri. Kriteria ini penting dipunyai bagi siswa yang akan melakukan presentasi di kelas.

Terdapat beberapa teknik presentasi yaitu kelengkapan informasi/data, penyampaian materi, penggunaan media, dan penampilan. Keempat teknik ini menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi untuk mencapai presentasi yang berkualitas dan tujuan presentasi tercapai.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang ketiga tentang Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh warga negara. Jika bisa dipermudah, jangan sampai dipersulit. Semoga cita-cita baik seluruh anak bangsa tercapai. Jika belum, mari terus berusaha hingga titik darah penghabisan. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia. Merdeka! NKRI Jaya!

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional per kegiatan pembelajaran:
Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com"

close