Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10. Kali ini akan membahas Seni Musik Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang kedua yaitu Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya. 
Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran. Ketiga kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
- Pembelajaran Kedua: Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
- Pembelajaran Ketiga: Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional

Soal Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

A. Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

Keberagaman alat musik tradisional di Indonesia berbanding seiring dengan keberagaman suku, etnis dan budaya masyarakat Indonesia. Ini sangat unik untuk diteliti karakteristiknya. Untuk meneliti karakterisik alat musik tradisional tersebut, perlu diadakan kegiatan menganalisis dengan cara membandingkan. Metode Analisis perbandingan yang biasa digunakan dalam bidang akutansi, kita gunakan untuk mendalami lebih dalam karakterisik alat musik tradisional berdasar bahan, warna suara, tangga nada yang digunakan dan fungsinya di masyarakat.

Tahap menganalisa dengan cara membandingkan perlu dilakukan untuk dapat menggali lebih dalam keunikan, karakteristik dan fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya. Alat musik tradisional tercipta seiring dengan peradaban masyarakatnya. Di Indonesia banyak dijumpai ragam alat musik tradisional dari berbagai daerah, hal ini dilatarbelakangi oleh ragam suku, etnis dan budaya masyarakat Indonesia yang beragam pula.

Secara teori menganalisis dengan cara membandingkan disebut Analisis perbandingan. Analisis dengan cara ini digunakan untuk membandingkan antara dua atau lebih kelompok sampel data. Analisis perbandingan biasa digunakan dalam bidang ekonomi akutansi. Metoke ini dalam bidang akutansi digunakan untuk mengukur / menganalisa statistic perubahan-perubahan nilai ekonomi pada objek yang dianalisis.

Pada kegiatan pembelajaran yang kedua ini, analisis perbandingan yang digunakan untuk membandingkan alat musik tradisional berdasar bahan, warna suara, tangga nada dan fungsinya dalam masyarakat untuk mengukur keberagaman, keunikan, karakteristik, dan fungsinya dalam masyarakat.

B. Soal Pilihan Ganda Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

Soal-soal di bawah ini hanya terdiri dari soal-soal pilihan ganda atau multiple choices. Terdiri dari 5 soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Selamat membaca dan mempelajari. Jika ada kekeliruan atau kekurangjelasan, silakan dijadikan bahan diskusi bersama teman atau guru Seni Budaya di kelas kalian.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang paling tepat !

1. Gambar di bawah ini alat musik tradisional seruling.
Jenis alat musik ini banyak dijumpai di Indonesia dengan banyak ragam dan karakternya. Alat musik tradisional Seruling dibuat dari bahan dasar... 
a. perunggu
b. kayu
c. fiber
d. bambu
e. peralon

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Alat musik tradisional seruling terbuat dari bambu. Alat musik tradisional seruling banyak di jumpai di Indonesia dengan bermacam ragamnya. Di Indonesia juga masih banyak dijumpai pohon bambu, terutama di pulau Jawa dan Sumatera

2. Gender merupakan alat musik tradisional Jawa dan salah satu perangkat gamelan Jawa. Gambar alat musik Gender di bawah ini terbuat dari bahan…
a. perunggu
b. kayu
c. bambu
d. galvalum
e. fiber

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Alat musik gender alat musik tradisional karawitan jawa yang terbuat dari perunggu. Perunggu merupakan bahan baku yang lazim digunakan untuk alat musik tradisional Gamelan.

3. Perhatikan gambar di bawah ini
Gambar di atas menunjukan gambar sebuah pertunjukan musik menggunakan alat musik tradisional seruling. Namun kedua gambar tersebut menggambarkan perbedaan fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi tersebut yang benar di bawah ini adalah….
a. fungsi adat dan komunikasi
b. fungsi hiburan dan apresiasi
c. fungsi ekonomi dan sosial
d. fungsi edukasi dan ekonomi
e. fungsi hiburan dan komunikasi

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Alat musik tradisional seruling ketika dimainkan ke dalam sebuah pertunjukan musik dangdut atau musik kreasi akan lebih berfungsi sebagai apresiasi dan hiburan bagi penontonnya.

4. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukan seseorang sedang memainkan alat musik tradisional kendang. Kendang di Indonesia banyak ragamnya, ditinjau dari visual khas daerahnya, gambar tersebut menunjukan kendang khas daerah…
a. sumatera dan kalimantan
b. kalimantan dan papua
c. jawa dan sunda
d. jawa dan bali
e. papua dan maluku

Kunci jawaban: D
Pembahasan :
Sebuah pertunjukan musik tradisional dengan pakaian daerah yang dikenakan pemain musiknya menunjukan karakter daerahnya. Sesuai gambar contoh, pertunjukan musik tradisional dengan alat musik kendang menunjukan khas daerah Jawa dan bali. 

5. Gambar di bawah ini menunjukan alat musik tradisional seruling dan kendang.
Perhatikan gambar di atas!
Perbedaan fungsi antara alat musik kendang dan seruling dalam permainan musik yang benar adalah…
a. kendang dan seruling sebagai alat musik melodis saja
b. kendang dan seruling sebagai alat musik ritmis saja
c. kendang sebagai alat musik ritmis dam seruling sebagai alat musik harmoni
d. kendang sebagai alat musik ritmis dan seruling sebagai alat musik melodis
e. kendang sebagai alat musik melodis dan seruling sebagai alat musik ritmis

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Sesuai petunjuk gambar pada soal tersebut dan sesuai dengan fungsi alat tradisional kendang dan seruling dalam permainan musik tradisional, kendang mempunyai fungsi ritmis, dan seruliing mempunyai fungsi melodis.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang kedua tentang Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh warga negara. Jika bisa dipermudah, jangan sampai dipersulit. Semoga cita-cita baik seluruh anak bangsa tercapai. Jika belum, mari terus berusaha hingga titik darah penghabisan. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia. Merdeka! NKRI Jaya!

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional per kegiatan pembelajaran:
Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com"

close