Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PG Seni Budaya Bab 1 Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional

Soal PG Seni Budaya Bab 1 Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional. Pembaca Sekolahmuonline, masih membahas Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10. Kali ini masih pembahsan Bab Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional.

Soal PG Seni Budaya Bab 1 Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional


Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Selamat dan semangat belajar.

Soal PG Seni Budaya Bab 1 Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat 


1. Salah satu ciri musik tradisional adalah “ sederhana”, hal ini disebabkan karena :

A. Hasil ekspresi spontan masyarakat

B. Menggunakan bahasa daerah

C. Untuk upacara adatdan iringan tari

D. Pendek dan berisi pengulangan melodi

E. Tidak menggunakan alat modern


Jawaban: D


2. Musik Tradisional saat ini banyak dimainkan oleh orang tua, bahkan ada yang sudah jarang dimainkan, musik tradisional akan mengalami kepunahan jika :

A. Dipadukan dengan musik modern

B. Digunakan dalam pementasan pementasan modern

C. Disimpan di museum agar tidak hilang

D. Dipelajari dan di modifikasi

E. Dikenal di luar negeri


Jawaban: C


3. Indonesia adalah negara kepulauan, setiap pulau memiliki kekayaan budaya yang berbeda, pernyataan yang tepat mengenai karakter musik tradisional Jawa dan Sumatra adalah….

A. Karakter musik tradisional Jawa pada umumnya lebih lembut dan disajikan dalam tempo lambat dan sedang.

B. Musik tradisional Sumatra sangat dipengaruhi budaya melayu yang sangat sopan dengan suasana bunyi yang lembut dalam tempo lambat.

C. Kedua pulau memiliki karakter yang sama, karena memiliki kemiripan pada alat musiknya

D. Kedua pulau banyak menggunakan tangga nada pentatonik, sehingga memiliki karakter yang sama.

E. Musik Sumatra sebagian besar dianggap memiliki kekuatan magis dan disakralkan


Jawaban: A


4. Jakarta, era.id - Aktivitas plagiarisme memang sulit dihilangkan dari sejarah peradaban manusia modern. Gilanya lagi, plagiator biasanya dengan sengaja menghilangkan sumber dari karya atau ide tersebut agar terkesan orisinal dan otentik miliknya sendiri. 

Dalam perjalanannya, bangsa Indonesia pun tak luput dari bidikan para plagiator, tersebutlah sejumlah kesenian dan budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh negara lain, seperti yang dirangkum era.id berikut :

• Kerajinan perak Bali

• Kopi gayo dan kopi toraja

• Wayang kulit

• Reog Ponorogo

• Lagu rasa sayange

( sumber https://www.era.id/read/KmUlkq-milik-indonesia-yang-diakui-negara-lain )

Simak berita On line di atas, kasus di atas menumbuhkan rasa sedih dan rasa memiliki masyarakat Indonesia, sikap apresiatif masyarakat terhadap musik tradisional yang tepat agar kasus tersebut tidak meluas dan kekayaan seni budaya Indonesia tetap terjaga adalah….

A. Mengoleksi buku buku dan alat musik tradisional

B. Menjadi pelaku, pengguna, penikmat musik tradisional yang aktif

C. Menunjukan sikap marah melalui media sosial

D. Menyalahkan pemerintah khususnya yang menaungi bidang kebudayaan

E. Menjaga perdamaian karena kekayaan budaya Indonesia masih banyak


Jawaban: B


5. Bacalah dengan seksama artikel dibawah ini.

Semakin Punahnya Alat Musik Tradisional di Era Milenial

Di era sekarang ini orang sudah sangat jarang yang simpati pada hal-hal yang berhubungan dengan istilah tradisional kecuali orang yang benar-benar menyukai suatu hal yang tradisional. padahal kita sebagai generasi muda harus menghidupkan kembali atau melestarikan semua peninggalan nenek moyang kita agar tidak hilang ciri khas dari suatu daerah dan masih tetap terjaga dengan rapi tidak tergeser oleh hal baru yang belum tentu baik untuk generasi muda. 

Yang sekarang ini mulai menghilang adalah sudah jarang generasi muda yang memainkan alat musik tradisional bahkan hampir tidak ada. Semua ini terjadi karena adanya perubahan alat musik tradisional seperti angklung, gamelan dan lainnya menjadi yang lebih modern seperti gitar, piano dan lainnya. Kita sebagai generasi milenial jangan smapai lupa bahwa kita harus tetap melestarikan peninggalan nenek moyang.

Menurut Tumbijo (1997 :13) musik tradisional adalah seni budaya yang sejak lama truun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu. Jadi alat musik tradisional merupakan kesenian hasil budaya manusia di dalam masayarakat yang berupa alat yang tujuannya menghasilkan musik yang diwariskan oleh nenek moyang kita yang berkembang di suatu daerah tertentu. 

Fungsi dari musik itu sendiri bagi masyarakat adalah sebagai media hiburan, pengiring tari, sarana ekonomi, dan lainnya.

Alat musik tradisional sekarang ini jumlahnya sudah sedikit atau bahkan hampir hilang keberadaanya karena tergeser oleh alat yang lebih modern dan kurang adanya keinginan warga Indonesia untuk mekestarikannya. Pandangan generasi sekarang mengenai alat musik tradisional adalah bahwa alat musik tradisional itu kuno tidak keren tidak bagus kurang indah dan sebagainya. 

Dan juga biasanya mereka generasi milenial lebih bangga belajar alat musik modern seperti piano, biola, gitar dan lainnya. Mereka yang memandang seperti tu sebenarnya salah, bahwa alat musik tradisional pun bisa menjadi keren indah dengan terus berlatih mengembangkan kemampuan untuk bisa menggunakan alat musik tradisional dan sebagi generasi muda seharusnya bisa menginovasikan alat musik tradisional menjadi lebih keren dan indah sesuai keinginan mereka sekreatif mereka. 

Dengan begitu alat msuik peninggalan nenek moyang kita tidak akan mudah hilang atau tergerus oleh alat musik modern. 

(sumber: https://www.kompasiana.com/ratu83030/5d103dd8097f3632163fdfb2/semakin-punahnya-alat-musik-tradisional-di-era-milenial)


Untuk menyelesaikan dan mengantisipasi persoalan maka solusi yang tepat adalah….

A. Generasi muda diwajibkan mempelajari alat musik tradisional Indonesia dan dilarang mempelajari alat musik barat.

B. Musik tradisional sudah masuk kedalam kurikulum di sekolah dasar dan menengah jadi tidak perlu kuatir, jika masyarakat sudah tidak lagi menggelar acara adat, festival atau kompetisi yang menggunakan music tradisional

C. Musik tradisional memang sudah berkembang dan turun menurun sejak jaman nenek moyang, dan pasti terus diwariskan ke generasi milenial secara alamiah

D. Generasi muda harus menyambut estafet sebagai pelestari musik tradisional, dengan menjadi penikmat, pelaku dan aktif mengadakan dan mengikuti kompetisi musik tradisional

E. Setiap kegiatan hendaknya menampilkan acara musik tradisional dari desa desa, sehingga orang tua yang masih memainkan musik tradisional merasa di hargai.


Jawaban: D


6. Perencanaan latihan yang baik akan membantu kita untuk dapat menyajikan permainan musik tradisional dengan baik fungsi jurnal latihan adalah….

A. Membuat jadwal latihan

B. Menentukan program latihan

C. Merencanakan pertemuan dengan narasumber

D. Mencatat kemajuan dan kendala latihan

E. Mencatat evaluasi dari penonton


Jawaban: D


7. Pendalaman terhadap karya musik tradisional, dengan mempelajari latar belakang, makna, konsep dan fungsi akan sangat diperlukan pada saat memainkan alat musik tradisional untuk mendapatkan kualitas….

A. Teknik permainan

B. Bunyi yang dihasilkan

C. Pembawaan

D. Pemilihan kostum

E. Penampilan


Jawaban: C

Lengkapnya baca di sini: 20 Soal PG Seni Budaya Kelas 10 Bab 1

Posting Komentar untuk "Soal PG Seni Budaya Bab 1 Jenis dan Fungsi Alat Musik Tradisional"

Memuat...