Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10. Kali ini Sekolahmuonline akan membahas Seni Musik Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang pertama yaitu Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. 
Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran. Ketiga kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
- Pembelajaran Pertama: Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
- Pembelajaran Kedua: Perbandingan Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara, dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya
- Pembelajaran Ketiga: Presentasi Hasil Analisis Musik Tradisional

Nah, berikut ini adalah soal pembelajaran yang pertama.

Soal Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan essay (esai) atau uraian. Bagian pertama (A) adalah soal-soal pilihan ganda dan kunci jawaban serta pembahasannya. Sedangkan bagian kedua (B) adalah soal essay dan jawabannya. Selamat membaca dan mempelajari. Jika ada kekeliruan atau kekurangjelasan, silakan dijadikan bahan diskusi bersama teman atau guru Seni Budaya di kelas kalian.

A. Soal Pilihan Ganda Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang paling tepat !

1. Alat musik tradisional dibuat dari bahan yang berbeda beda. Hal ini menyebabkan alat musik tradisional memiliki….
a. perbedaan dalam aspek fungsi
b. tingkat kesulitan dalam memainkan
c. keunikan dalam warna suara yang dihasilkan
d. memiliki banyak jenis dan fungsifungsi
e. tangga nada yang berbeda beda

Kunci jawaban : C
Pembahasan : Alat musik tradisional dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Bahan pada alat musik tradisional mempengruhi karakter suara atau warna suara dari alat musik tradisional tersebut. Hal ini dipengaruhi faktor akustik bahan tersebut, ukuran volume bahan yang digunakan juga mempengaruhi karakter bunyi.

2. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional memiliki beberapa jenis. Efek suara yang keras terang dan tinggi akan didapatkan pada alat musik tradisional yang terbuat dari .…
a. kulit dengan diameter besar pada media logam
b. kayu dengan diameter atau penampang yang kecil
c. kayu dengan diameter atau penampang panjang dan lebar
d. perunggu dengan ketebalan yang sangat tebal
e. perunggu dengan ketebalan yang tipis dan diameter kecil.

Kunci jawaban : E
Pembahasan:
Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional adalah perunggu. Alat musik tradisional berbahan perunggu dengan ketebalan dan diameter yang kecil ketika dibunyikan mempunyai karakter suara yang keras terang dan tinggi sesuai sifat bahannya.

3. Alat musik tradisional yang terbuat dari bahan yang sejenis terkadang bisa memiliki warna suara yang berbeda karena… mempengaruhi warna suara.
a. bentuk dan ukuran alat musik
b. fungsi alat musik
c. bahan yang sama
d. umur alat musik
e. teknik pembuatan

Kunci jawaban : A
Pembahasaan:
Bentuk dan ukuran alat musik tradisional mempengaruhi warna suara ketika dimainkan walaupun terbuat dari bahan yang sama.
Misal Seruling dengan bahan bambu, besar seruling (diameter) atau panjang pendek seruling tersebut dibuat tentu akan berbeda suaranya antara diameter yang besar dan kecil. Seruling dengan diameter yang lebih besar tentu akan menghasilkan karakter suara bas dan yang lebih kecil karakternya melengking

4. Sistem nada pada alat musik tradisional memberikan sebuah kesan ketika dimainkan. Khususnya dalam penggunaan tangga nada yang disesuaikan dengan sistem nada pada alat musik tradisional tersebut. Di bawah ini penggunaan tangga nada tradisional yang sesuai dengan kesan karakter tangga nada tradisional tersebut yang paling tepat.
a. tangga nada pelog memberi kesan ceria
b. tangga nada slendro memberi kesan khidmat
c. tangga nada slendro memberi kesan riang
d. tangga nada pentatonis memberikan kesan monoton
e. tangga nada kromatis memberi kesan dinamis

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Tangga nada slendro dengan notasi 1 2 3 5 6 ketika dimainkan akan memberi kesan riang karena sifat interval nada 1 3 5 menunjukan karakter akord mayor ditambah dengan nada 6 nya menambah suasana yang cemerlang.

5. Beberapa alat musik tradisional memiliki fungsi ganda, kita harus melihat konteks penggunaannya. Alat musik tradisional yang disajikan pada panggung pertunjukan pentas seni di sekolah, lebih mengedepankan fungsi.…
a. Religius
b. Pelengkap upacara adat
c. Komunikasi dan hiburan
d. Iringan tari
e. Identitas daerah

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Pertunjukan musik tradisional di sekolah lebih bersifat apresiasi, komunikasi dan hiburan. Hal ini sesuai dengan tingkat pemahaman seni siswa seusia remaja yang masih sering melakukan aktifitas sebatas eksistensi dan rasa keingintahuan untuk menambah pengalaman.

B. Soal Essay Seni Budaya Kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat !

1. Jelaskan mengapa bahan yang digunakan pada alat musik mempengaruhi warna suara yang dihasilkan ?

Kunci jawaban:
Karena setiap bahan memiliki karakter yang berbeda, logam yang keras, jika dipukul akan menghasilkan bunyi yang keras, Kayu jika dipukul akan menghasilkan suara yang lebih lembut, karena kayu juga dapat meredam bunyi.

2. Sebutkan alat musik tradisional di daerahmu, dan jelaskan fungsinya bagi masyarakat !

Kunci jawaban:
Contoh Jawaban misalnya:
Saya tinggal di Padang, alat musik daerah kami yang sangat terkenal adalah Talempong, yang berfungsi sebagai pelengkap upacara adat seperti penyambutan tamu, pesta perkawinan dan juga sebagai iringan tari.
Talempong bahannya terbuat dari logam, cara memainkan dipukul dengan kayu.

[Jawaban silakan disesuaikan dengan daerah kalian masing-masing]

3. Jelaskan bahan-bahan apa yang digunakan pada alat musik tradisional? 

Jawaban:
Alat musik tradisional pada umumnya dibuat dari bahan bahan yang ada di daerahnya.
Contohnya: di daerah Jawa Barat yang memiliki begitu banyak rumpun bambu, memiliki beragam alat musik yang menggunakan bahan Bambu, seperti Angklung, Calung, Calempung dan Suling.
Berbagai jenis kayu, membran dari kulit binatang, besi, perunggu, kuningan, tembaga, daun lontar, dan begitu banyak bahan lainnya. Dapat menjadi bahan untuk membuat alat musik, khususnya alat musik tradisional.

4. Jelaskan seperti apakah warna suara yang dihasilkan oleh alat musik tradisional? 

Jawaban:
Warna suara sebuah alat musik sangat ditentukan dari bahan yang digunakan. Setiap bahan tentu memiliki karakter suara yang berbeda beda. Untuk mendapatkan warna suara tertentu pembuat alat musik melakukan proses panjang, mencoba berbagai ukuran, bentuk, ketebalan, rongga yang diperlukan untuk menghasilkan bunyi yang khas.

Bahan dari logam akan menghasilkan bunyi yang nyaring, semakin kecil ukurannya bunyi yang dihasilkan akan memiliki frekwensi yang lebih tinggi. Bahan dari kayu dan bambu menghasilkan suara yang lembut dan nyaman di telinga. Nada rendah dihasilkan dari alat musik dengan ukuran rongga dan badan alat yang besar/panjang, sedangkan nada yang lebih tinggi dihasilkan dari alat musik dengan ukuran rongga dan alat musik yang lebih kecil/pendek.
Bahan yang digunakan juga sering menjadi dasar analisa sebuah penelitian tentang periode lahirnya sebuah alat musik. Semakin tua alat musik maka biasanya bahan yang digunakan semakin sederhana. Begitu pula dengan bentuk dan teknik pembuatannya, semakin tua alat musik maka bentuk dan teknik pembuatannya semakin sederhana.

5. Sebutkan dan jelaskan fungsi alat musik tradisional pada masyarakat pendukungnya!

Jawaban:
Alat musik tradisional adalah media ekspresi masyarakat pendukungnya. Dalam kehidupan bermasyarakat alat musik tradisional hadir dan memiliki fungsi sebagai berikut :
a. Religius
Alat musik tradisional digunakan pada kegiatan religius.
Contoh :
Tabuhan bedug yang dimainkan dengan penuh semangat dan gembira di masjid pada saat menyambut hari raya Idul Fitri. Alat musik tiup dari bambu yang digunakan untuk iringan lagu pada ibadah di gereja. Gamelan Bali yang dinamis pada saat upacara Galungan dan lain sebagainya.
b. Pelengkap Upacara Adat
Upacara adat daerah menjadi semakin semarak dengan adanya permainan musik tradisional.
Contoh:
Tabuhan kebogiro pada gamelan jawa yang digunakan untuk mengiringi upacara panggih pengantin pada saat iring iringan pengantin masuk ke pelaminan.
c. Iringan Tari
Selain alat musik tradisional setiap daerah di Indonesia juga memiliki tarian tradisional. Pada saat pementasan tarian tradisional, iringan tari menggunakan alat musik tradisional daerah setempat. Iringan tari menjadi satu kesatuan yang utuh pada penyajian tari.
d. Media komunikasi dan hiburan
Bermain musik tradisional bersama keluarga, warga desa, teman sekolah dapat memunculkan rasa gembira dan menjadi sarana berkomunikasi antar masyarakat. Musik dapat menjadi media hiburan bagi masyarakat untuk mengusir kejenuhan setelah seharian bekerja mencari nafkah

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional khususnya pembahasan pembelajaran yang pertama tentang Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak seluruh warga negara. Jika bisa dipermudah, jangan sampai dipersulit. Semoga cita-cita baik seluruh anak bangsa tercapai. Jika belum, mari terus berusaha hingga titik darah penghabisan. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan bangsa Indonesia. Merdeka! NKRI Jaya!

Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X Bab Analisis Alat Musik Tradisional per kegiatan pembelajaran:
Lengkap Soal Seni Budaya (Seni Musik) kelas X dan Kunci Jawaban atau Pembahasannya:

Posting Komentar untuk "Soal Seni Budaya Kelas 10 Bab Analisis Alat Musik Tradisional Pembahasan Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional Berdasar Bahan, Warna Suara dan Fungsi pada Masyarakat Pendukungnya [Seni Musik] ~ sekolahmuonline.com"

close