Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs)

Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal Materi Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kurikulum 2013 untuk Kelas VII SMP/MTs yang disertai dengan pembahasan atau jawabannya. Kali ini kita akan membahas Bab Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam Bab ini ada beberapa materi pembelajaran yaitu: Makna Bhinneka Tunggal Ika; Keberagaman dalam masyarakat Indonesia; Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia; dan Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan


Selamat membaca dan mempelajarinya, jangan lupa share atau berbagi kepada yang lainnya. Berbagi tak akan membuat Anda jadi hilang ilmunya. Karena berbagi itu indah.

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan faktor-faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia!

Jawaban:

Faktor-faktor penyebab 
keberagaman masyarakat Indonesia antara lain:
- Letak strategis wilayah Indonesia
- Kondisi negara kepulauan
- Perbedaan kondisi alam
- Keadaan transportasi dan komunikasi
- Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

2. Jelaskan pengertian suku bangsa atau etnik!


Jawaban:

Suku bangsa berarti sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. 

Kesadaran dan identitas biasanya dikuatkan oleh kesatuan bahasa. Jadi, suku bangsa merupakan gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaan.

3. Ciri-ciri mendasar apakah yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya?

Jawaban:

Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, antara lain bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal

4. Jelaskan penyebab keberagaman bangsa Indonesia!

Jawaban:

Keberagaman bangsa Indonesia disebabkan oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia

5. Sebutkan beberapa contoh suku bangsa di Indonesia berdasarkan asal daerah tempat tinggalnya!

Jawaban:

Beberapa suku bangsa di Indonesia berdasarkan asal daerah tempat tinggal antara lain di:
- Pulau Sumatra terdapat suku Aceh, Gayo Alas, Batak, Minangkabau, dan Melayu
- Pulau Jawa terdapat suku Jawa, Sunda, Badui, Samin, 
- Kalimantan terdapat suku Dayak
- Sulawesi terdapat suku Bugis, Manado, Gorontalo, Makasar.
- Maluku terdapat suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate
- Bali dan Nusa Tenggara terdapat suku Bali, Lombok, Bima, dan Timor
- Papua terdapat suku Asmat, dan suku Dani.

6. Apakah keberagaman suku bangsa dan budaya dapat menghalangi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa? Jelaskan bagaimana caranya agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud meskipun terdapat keberagaman suku bangsa dan budaya!

Jawaban:
Keberagaman suku bangsa dan budaya tidak menghalangi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu akan ter wujud apabila ada sikap toleran yang dimiliki oleh setiap warga negara. 
Mereka harus menyadari bahwa keberagaman suku bangsa dan budaya merupakan salah satu kekayaan 
bangsa yang menjadi dasar persatuan dan kesatuan. Harapannya, semoga di dalam perbedaan suku bangsa dan budaya, seluruh warga negara tetap dapat menjalin persahabatan. 

7. Jelaskan mengapa Indonesia memiliki keragaman agama?

Jawaban:
Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah ruah.  Kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia sangat menarik minat dan diperlukan oleh bangsa lain. Hal inilah yang membuat para pedagang dan penjajah dari bangsa-bangsa lain banyak berdatangan. Selain berdagang dan menjajah, mereka juga menyebarkan ajaran agama. 
Ajaran agama Hindu dan Budha dibawa oleh para pedagang bangsa India yang sudah lama berdagang dengan Indonesia. Ajaran agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat dan Parsi sekitar abad ke-13. Para pedagang dari Cina yang menganut agama Kong Hu Chu datang berdagang sekaligus membawa agamanya. Pedagang-pedagang dari Eropa membawa agama Kristen dan Katolik. Tak ketinggalan pula sejarah membuktikan bahwa kedatangan bangsa Eropa yang bertahun-tahun bahkan ratusan tahun menjajah Indonesia datang ke Indonesia selain untuk menjajah dan merampas hasil kekayaan alam Indonesia juga membawa agama Kristen dan Katolik. Berbagai ajaran agama diterima oleh bangsa Indonesia karena masyarakat sudah mengenal kepercayaan seperti animisme dan dinamisme.

8. Kamu sekolah di sekolah yang siswa-siswinya datang dari berbagai latar belakang dan dengan beragam (berbeda) agama. Bagaimana sikapmu dalam bergaul dengan teman-teman sekelas atau satu sekolahan yang beda agama tersebut?

Jawaban:
Adanya keragaman agama tidak boleh menjadi penghambat dalam pergaulan. Setiap pelajar harus mengembangkan sikap toleran, hormat menghormati, dan bekerja sama antarpemeluk agama serta kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terwujud kerukunan hidup.

9. Jelaskan pengertian ras!

Jawaban:
Istilah ras berasal dari bahasa Inggris, race. Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan.

Setiap manusia memiliki perbedaan ras dengan manusia lainnya karena adanya perbedaan ciri-ciri fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, dan ciri fisik yang lain.

10. Jelaskan mengapa masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras? Sebutkan contoh beberapa ras yang 
ada dalam masyarakat Indonesia!

Jawaban:
Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras. Hal ini disebabkan oleh kedatangan bangsa asing ke wilayah Indonesia, sejarah penyebaran ras di dunia serta letak dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

Beberapa ras yang ada dalam masyarakat Indonesia antara lain:
- Pertama adalah ras Malayan- Mongoloid yang ada di Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. 
- Kedua adalah ras Melanesoid yang mendiami daerah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.
- Ketiga adalah ras Asiatic Mongoloid seperti orang Tionghoa, Jepang, dan Korea. Ras ini tersebar di seluruh Indonesia.
- Keempat adalah ras Kaukasoid, yaitu orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.

Tambahan:
Kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman ras berpotensi menimbulkan konflik yang tidak hanya merugikan kelompok-kelompok masyarakat tetapi juga merugikan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, setiap warga negara harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kekerabatan, dan persahabatan sehingga terwujud perdamaian. Hal itu sesuai dengan Sila kedua Pancasila, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab bahwa bangsa Indonesia menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia tanpa membeda-bedakan ras.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Keberagaman Masyarakat Indonesia Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs)"

Memuat...
close