Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PJOK Kelas 12 Pelajaran 2. Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Kecil Softball (PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)

Contoh Soal PJOK Kelas 12 Pelajaran 2. Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Kecil Softball (PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan kembali untuk Anda yang duduk di kelas XII SMA/MA/SMK/MAK, Contoh soal beserta jawabannya mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Contoh soal kali ini membahas materi Bab 1 (Pelajaran 1) tentang Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik Dan Strategi Permainan Bola Kecil. Agar tidak terlalu panjang dan melelahkan dalam membaca, pembahasan contoh soal PJOK kelas XII Bab 2 kali ini, Sekolahmuonline khususkan membahas materi Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Softball. Selamat membaca dan selamat mempelajari.
PJOK kelas XII, Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik Dan Strategi Permainan Bola Kecil, Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Softball, Contoh Soal PJOK Kelas 12 Pelajaran 2 Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik Dan Strategi Permainan Bola Kecil

Perlu Anda ketahui, ada beberapa pembahasan pada Bab 2 atau Pelajaran 2 PJOK kelas XII ini. Materi-materi yang dikaji pada Bab 1 PJOK Kelas XII adalah Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Kecil yang terdiri dari:
- Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Softball
- Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis
- Menganalisis, Pola Penyerangan dan Pertahanan Taktik dan Strategi Permainan Tenismeja

Contoh Soal PJOK Kelas XII tentang Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Softball

1. Jelaskan pengertian permainan softball dan apa tujuan permainan softball?

Jawaban:


Softball adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan softball. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run).

Tujuan permainan softball adalah mencetak angka sebanyak mungkin dan mematikan lawan supaya tidak mendapatkan poin

Tambahan pembahasan:
Softball atau sofbol adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. Bola sofbol dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

2. Jelaskan pengertian taktik dalam penyerangan softball

Jawaban: 

Taktik dalam penyerangan softball adalah siasat yang dipergunakan oleh regu yang mendapatkan giliran memukul, secara individu atau kelompok untuk menyerang lawan dan berusaha memperoleh nilai dan kemenangan dalam pertandingan.

3. Apa saja taktik penyerangan yang sering dipergunakan dalam permainan softball?

Jawaban: 

Taktik penyerangan yang sering dipergunakan dalam permainan softball adalah sebagai berikut:
- Pukulan Tanpa Ayunan (bunt)
- Pukul dan lari
- Mencuri base
- Pukulan Melayang

4. Jelaskan pengertian Pukulan Tanpa Ayunan (bunt) dalam permainan softball!

Jawaban:

Pukulan tanpa ayunan adalah usaha pemukul melakukan pukulan ke arah base pertama, pitcher atau base ketiga dengan tujuan untuk membantu pelari menuju base di depannya.

5. Apa yang kamu ketahui tentang siasat pukul dan lari dalam permainan softball? Apa keuntungan siasat tersebut dan kapan siasat tersebut dipergunakan?

Jawaban:

Pukul dan lari adalah siasat yang dilakukan oleh pemukul untuk membantu agar pelari dapat maju beberapa base di depannya dengan selamat. Taktik ini dilakukan apabila ada pelari di base 1 atau 2.
Keuntungan pukul lari adalah memungkinkan tidak terjadinya out sehingga dapat membantu mencapai base di depannya. 
Taktik pukul dan lari dapat dipergunakan dalam situasi unggul 1 angka dan sebelum terjadi 2 out. Pukul dan lari dikatakan berhasil jika dapat menyelamatkan pelari dari base 1 mencapai base 3.

6. Jelaskan pengertian mencuri base dalam permainan softball!

Jawaban:

Mencuri base adalah siasat yang dilakukan oleh pelari di base. Keberhasilan siasat ini dipengaruhi kecepatan dan kejelian pelari melihat pelepasan bola oleh pitcher.

7. Siapa yang dapat melakukan mencuri base dalam permainan softball?

Jawaban:

Mencuri base dapat dilakukan oleh:
a) Satu orang pelari yang melakukan mencuri base, dari satu base ke base berikutnya sewaktu pitcher melakukan pitching.
b) Dua pelari pada dua base melakukan mencuri base, misalnya seorang pada base 1, yang lain pada base 3, atau masingmasing pada base 2 dan 3.

8. Kapan taktik Pukulan Melayang dalam permainan softball dapat dilakukan dan seperti apa pemain yang pantas untuk melakukannya?

Jawaban:

Taktik ini sangat tepat dilakukan pada saat permainan berlangsung ketat. Hal ini dilakukan sebelum terjadi 2 mati atau selisih nilai tidak lebih dari 2, ada pemain di base 3, atau base 2 dan base 1.
Pukulan melayang harus dilakukan oleh seorang pemukul yang baik, karena harus memukul bola melampung ke arah outfield. Bola dipukul jauh dan melambung ke arah outfielder, pelari pada base bersiap meninggalkan base. Jika kemungkinan bola tidak tertangkap oleh fielder, pelari dapat langsung menuju base di depan home. Akan tetapi, jika diperkirakan bola dapat ditangkap oleh outfielder, pelari siap berada di base, bersamaan dengan bola menyentuh glove penjaga, langsung lari secepatnya mencapai base di depannya.

9. Jelaskan tentang Pola Pertahanan dalam Permainan Softball!

Jawaban:

Pada dasarnya taktik dan strategi pertahanan permainan softball adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untuk bertahan mematahkan atau menangkis serangan lawan, dengan jalan mematikan pelari atau pemukul, agar tidak maju ke base di depannya atau mendapatkan nilai.

10. Jelaskan tentang pembagian regu bertahan dalam permainan softball!

Jawaban:

Dalam permainan softball, khususnya regu bertahan, pemain-pemainnya dibagi dalam 2 kelompok besar sesuai dengan daerahnya masing-masing, yaitu: infielder di daerah infield (daerah bujur sangkar yang dibatasi oleh garis-garis penghubung antara home base ke first base, second base, third base dan kembali ke home base) dan outfielder di daerah outfield (daerah yang dibatasi oleh garis-garis perpanjangan dari home base ke first base dan dari home base ke third base dan pagar belakang). Pada permainan softball ada dua macam taktik dan strategi pertahanan, yaitu: pertahanan infield dan outfield.

Secara keseluruhan sistem pertahanan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu:
1) Sistem pertahanan pendek (Close system atau biasa disebut C-position), digunakan bila ada pelari di base ke III yang menentukan kemenangan atau keadaan sama/draw (tie game) dan dalam keadaan kurang dari dua mati (out).
2) Sistem pertahanan medium (Medium system atau M-position), merupakan posisi agak lebih aman, terutama jika menghadapi lawan yang suka melakukan pukulan pendek (bunting) dan untuk mencegah pelari di base tidak dapat maju ke base berikutnya atau digunakan untuk melakukan double play artinya mematikan 2 pelari sekaligus dalam waktu dan moment yang bersamaan dan berurutan. Misalnya ada pelari di base I dan hendak menuju ke base II sementara temannya memukul. Jika bolanya (hasil pukulan) dapat dikuasai oleh pemain lapangan, dengan cepat bola tersebut dilemparkan kearah base II untuk mematikan pelari dari base I kemudian sekaligus mematikan pelari yang menuju ke base I. Inilah yang dimaksudkan dengan double play.
3) Sistem pertahanan jauh/dalam (Deep system atau D-position), untuk menghadapi situasi tanpa/tidak ada pelari satupun di base sedangkan pemukulnya adalah pemukul jauh dan akurat (slugger), atau biasa juga untuk menghadapi bila ada pelari di base II dan III dalam keadaan 2 mati (out), sehingga kemungkinan lawan untuk mendapatkan nilai sangat kecil atau sebaliknya besar kemungkinan bagi regu lapangan untuk mematikan lawan. Sebab dalam keadaan seperti ini pihak lawan ada kecenderungan untuk memukul bola sejauh mungkin.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal PJOK Kelas 12 Pelajaran 2 Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Kecil Softball (PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK). Dalam membahas soal-soal di atas kami merujuk buku PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK/MA. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosila media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PJOK Kelas 12 Pelajaran 2. Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi Taktik dan Strategi Permainan Bola Kecil Softball (PJOK Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK)"

close