Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 12 Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 12 Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Essay atau Uraian lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Sosiologi Kelas XII Bab 1 yang membahas tentang Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat.
Soal Sosiologi Kelas XII Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat dan Kunci Jawabannya


Pada postingan sebelumnya, pada Bab yang sama, Sekolahmuonline sudah menyajikan soal Pilihan Ganda lengkap dengan Kunci Jawabannya. Bagi pembaca khususnya adik-adik kelas 12 yang mempelajari Sosiologi dan belum membacanya, silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay Sosiologi Kelas XII Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat dan Kunci Jawabannya


Sosiologi Kelas 12 Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan soal pilihan ganda, membahas empat pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Definisi dan Teori Perubahan Sosial. Pembelajaran Kedua membahas tentang Jenis-jenis Perubahan Sosial. Pembelajaran Ketiga membahas tentang Faktor-faktor Perubahan Sosial. Sedangkan Pembelajaran Keempat membahas tentang Akibat Perubahan Sosial.

Nah berikut ini Soal Essay Sosiologi Kelas 12 Bab 1 yang Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Sosiologi Kelas 12. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan perubahan sosial menurut Kingsley Davis!

Jawaban:
Perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

2. Sebutkan perubahan struktur sosial menurut Haper!

Jawaban:
Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut.:
a. Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan perubahan peran dan indovidu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia. 
b. Perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial. 
c. Perubahan dalam fungsi-fungsi struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya

3. Sebutkan aspek yang mengalami perubahan dalam masyarakat!

Jawaban:
Aspek yang mengalami perubahan dalam masyarakat adalah,
 a. Pendidikan
 b. Ekonomi
 c. Hukum
 d. Sosial
 e. Teknologi

4. Jelaskan teori perubahan evolusi!

Jawaban:
Teori evolusi menjelaskan bahwa perubahan sosial terjadi secara lambat untuk waktu yang lama di dalam sistem masyarakat. 

5. Jelaskan teori perubahan siklus! 

Jawaban:
Teori siklus menyatakan bahwa perubahan sosial ini bagaikan roda yang sedang berputar, artinya perubahan zamam merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh manusia dan tidak dapat dikendalikan oleh siapapun

6. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat mencakup berbagai aspek. Terjadinya perubahan sosial dapat diketahui melalui beberapa ciri. Sebutkan ciri-ciri tersebut!

Jawaban:
Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti Pendidikan, ekonomi, hukum, sosial, teknologi, dan sebagainya.
Terjadinya perubahan sosial dapat diketahui melalui ciri-ciri berikut ini:
1. Tidak ada masyarakat yang stagnan, karena setiap manusia mengalami perubahan-perubahan, baik terjadi secara lambat maupun cepat.
2. Perubahan yang terjadi di masyarakat tidak dapat diisolasikan di bidang kebendaan atau spiritual saja.
3. Perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sifatnya sementara dalam proses penyesuaian diri.
4. Perubahan yang terjadi pada Lembaga sosial akan diikuti dengan perubahan pada lembaga lainnya.

7. Evolusi merupakan perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Hal ini diakibatkan dari adanya usaha-usaha
masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi yang baru muncul mengikuti pertumbuhan masyarakat. Menurut Inkeles, evolusi memiliki tiga teori. Sebutkan ketiga teori tersebut!

Jawaban:
Tiga teori evolusi menurut Inkeles:
1) Unilinear Theory of Evolution
Teori ini menjelaskan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai tahapan-tahapan tertentu.
2) Universal Theory of Evolution
Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap tertentu yang tetap.
3) Multilined Theories of Evolution
Teori ini memfokuskan pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap atau fenomena-fenomena perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. 

8. Revolusi dapat terjadi bila memenuhi beberapa syarat. Sebutkan syarat-syarat terjadinya revolusi menurut sosiologi!

Jawaban:
Secara sosiologi, agar revolusi dapat terjadi harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah sebagai berikut:
1) Harus adanya keinginan untuk mengadakan suatu perubahan.
2) Adanya seorang pemimpin yang dapat memimpin dalam masyarakat.
3) Adanya pemimpin yang dapat menampung keinginan masyarakat agar terjadi pergerakan menuju perubahan.
4) Seorang pemimpin harus menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat.
5) Adanya momentum untuk memulai suatu gerakan.

9. Perubahan model pakaian, rambut, sepatu, termasuk yang tidak berpengaruh signifikan terhadap masyarakat keseluruhan sebab tidak menimbulkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan. Oleh karena itu perubahan-perubahan tersebut digolongkan dalam jenis perubahan kecil. Jelaskan yang dimaksud dengan perubahan kecil!

Jawaban:
Perubahan kecil ialah perubahan yang terjadi namun unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat

10. Perubahan yang dikehendaki atau direncanakan merupakan perubahan yang diperkirakan (telah direncanakan) terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan dalam masyarakat. Jelaskan perencanaan yang dimaksud!

Jawaban:
Dalam konteks perubahan yang dikehendaki maka ada perencana sosial inilah yang akan memimpin masyarakat dalam merubah sistem sosialnya. 

11. Munculnya perubahan didukung oleh beberapa faktor pendorong, sehingga perubahan sosial dapat terjadi di masyarakat. Sebutkan lima faktor pendorong  perubahan sosial!

Jawaban:
Faktor pendorong perubahan sosial di masyarakat adalah sebagai berikut.
a. Kontak dengan kebudayaan lain
b. Sistem Pendidikan formal yang maju
c. toleransi
d. sikap saling menghargai hasil karya orang lain
e. sistem terbuka lapisan masyarakat
f. ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu
g. adanya orientasi ke masa depan

12. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tidak selalu berjalan dengan baik. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat menghambat perubahan tersebut. Sebutkan lima faktor yang dapat menghambat perubahan
sosial!

Jawaban:
Faktor yang dinilai menghambat terjadinya suatu perubahan sosial antara lain adalah sebagai berikut.
a. Kurangnya Hubungan dengan Masyarakat Lain
b. Perkembangan Ilmu Pengetahuan yang Terlambat
c. Sikap Masyarakat Tradisional yang Konservatif

13. Perubahan dalam masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri maupun dari luar masyarakat. Sebutkan 3 faktor pendorong yang berasal dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat!

Jawaban:
a. Faktor yang berasal dari dari dalam masyarakat:
1) Berkembangnya Ilmu Pengetahuan
2) Jumlah Penduduk
3) Pertentangan dan Pemberontakan

b. Faktor yang berasal dari luar masyarakat:
1) Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
2) Peperangan
3) Terjadinya bencana alam

14. Selain faktor dari dalam masyarakat, perubahan sosial juga dipengaruhi oleh faktor dari luar masyarakat. Salah satu faktornya adalah adanya bencana alam. Berikan penjelasan mengapa faktor bencana alam dapat menyebabkan perubahan sosial!

Jawaban:
Kerusakan alam biasanya oleh ulah manusia sendiri. Sebagai contoh penebangan hutan secara sembarangan dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Hal ini mendorong manusia untuk pindah dan mencari tempat yang baru. Kemudian mereka membangun pemukiman dan Lembaga-lembaga yang baru. Mereka akan berpindah tempat karena merasa tidak aman dan tidak nyaman dari tempat sebelumnya.

15. Selain faktor-faktor yang dapat mendorong suatu perubahan sosial, terdapat pula beberapa faktor yang dapat menghambat terjadinya perubahan sosial. Salah satu faktor penghambat adalah kurangnya hubungan dengan masyarakat lain. Berikan penjelasan mengapa faktor kurangnya hubungan dengan masyarakat lain bisa meghambat perubahanh sosial!

Jawaban:
Manusia tidak pernah lepas dari hubungan dengan manusia atau masyarakat lain dalam suatu pergaulan. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain mengakibatkan suatu masyarakat menjadi terasing dari pergaulan hidup dengan masyarakat lainnya. Akibatnya mereka tidak mengetahui kemajuan atau perkembangan yang terjadi pada masyarakat lain. Apabila pergaulan saja sangat terbatas, maka yang terjadi adalah keterbatasan pemikiran sehingga keinginan untuk berubahpun juga sangat minim.

16. Berbagai bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tentu akan menimbulkan berbagai dampak. Salah satunya adalah dampak positif. Sebutkan dampak positif perubahan sosial bagi masyarakat.

Jawaban:
Dampak positif perubahan sosial bagi masyarakat adalah:
a. Berkembangnya ilmu pengetahuan
b. Terciptanya tenaga kerja professional
c. Terciptanya lapangan keja baru
d. Efektivitas dan efisiensi kerja meningkat

17. Dampak positif dari perubahan sosial mengarah pada kesejahteraan masyarakat haruslah kita dukung. Berikan penjelasanmu mengapa kita harus mendukung perubahan sosial tersebut? 

Jawaban:
Karena dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari

18. Dampak negatif perubahan sosial pada umumnya ditunjukkan dengan kerugian yang dialami oleh masyarakat. Kerugian tersebut dapat berupa kerugian material maupun nonmaterial. Sebutkan dampak negatif perubahan sosial.

Jawaban:
Dampak negatif perubahan sosial adalah:
a. Terjadinya disintegrasi sosial
b. Terjadinya pergolakan daerah
c. Kenakalan remaja
d. Terjadinya kerusakan lingkungan
e. Ekosistem adat istiadat berkurang
f. Lembaga sosial tidak berfungsi secara optimal
g. Munculnya paham duniawi

19. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dapat menimbulkan pergolakan di daerah. Hal ini dapat terjadi karena akibat dari beberapa faktor. Sebutkan faktor-faktor tersebut!

Jawaban:
Faktor-faktor terjadinya pergolakan di daerah adalah:
1) Perbedaan agama, ras, suku bangsa, dan politik.
2) Tidak memperhatikan tatanan hidup.
3) Mengabaikan nilai dan norma di masyarakat.
4) Kesenjangan ekonomi.

20. Akibat adanya perubahan sosial di masyarakat, nilai adat istiadat semakin ditinggalkan oleh masyarakat. Jelaskan mengapa akibat perubahan sosial nilai adat istiadat ditinggalkan oleh masyarakat!

Jawaban:
Adat istiadat ditingalkan oleh masyarakat karena nilai tersebut dianggap tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan digantikan dengan nilai kebudayaan moderen.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Sosiologi Kelas 12 Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Bagi Anda yang ingin membaca postingan Sekolahmuonline yang membahas soal-soal Sosiologi Kelas 12 Lengkap silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Soal Essay + Jawabannya Sosiologi Kelas 12 Bab 1 Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat ~ sekolahmuonline.com"

close