Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi.




Sosiologi Kelas 12 Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Bab 2, membahas tiga pembelajaran.

Pembelajaran Pertama membahas tentang Globalisasi dan Fenomenanya. Pembelajaran Kedua membahas tentang Ruang Lingkup dan Faktor-faktor Penyebab Globalisasi. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Permasalahan Sosial dan Tantangan Akibat Globalisasi.

Bagi Anda yang ingin membaca Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab lainnya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas 12 Bab 2 tentang Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi yang Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Sosiologi Kelas 12. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman Sosiologi Kelas XII Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi


A. Rangkuman Pembelajaran 1: Globalisasi dan Fenomenanya


✓ Dari kata globe itulah kemudian muncul istilah globalize atau globalisasi yang artinya mendunia.

✓ Globalisasi merupakan proses yang menghasilkan dunia tunggal, masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung di hampir semua aspek kehidupan, baik kehidupan politik, ekonomi, maupun kebudayaan.

✓ Dalam bentuknya yang umum, globalisasi dapat didefinisikan oleh empat fenomena yang muncul dan meningkat sejak pertengahan abad ke-20, yaitu, perubahan yang sangat cepat di bidang elektronika, terjadinya aktivitas ekonomi dan perpindahan orang-orang yang bersifat lintas bangsa atau negara, diciptakannya ruang-ruang pergaulan sosial yang bersifat lintas bangsa atau bersifat trans-nasional, dan terjadinya perubahan-perubahan secara kuantitatif maupun kualitatif mengenai ideologi, nilai-nilai, dan norma-norma sosial.

✓ Terdapat empat pendekatan untuk memahami globalisasi dalam bentuknya yang dominan sekarang, yaitu pendekatan sistem global, pendekatan budaya global, pendekatan politik global, dan pendekatan kapitalisme global.

✓ Globalisasi mempunyai dua ciri utama, yaitu, pertama deteritorialisasi dan kedua trans-nasionalisme. Apabila dulu masyarakat industri mengandalkan bahwa bisnis harus terikat pada suatu tempat atau negara nasional tertentu, akibat perkembangan teknologi komunikasi, hal tersebut menjadi tidak sesuai lagi.

✓ Secara agak esktrim dapat dinyatakan bahwa dalam konteks globalisasi, diskusi mengenai negara bangsa menjadi usang dan tidak relevan lagi. Inilah yang disebut deterritorialisasi. Sedangkan, trans-nasionalisme dapat dilihat dalam berlakunya sistem perdagangan atau perusahaan yang operasionalnya melampui batas-batas wilayah negara nasional.

B. Rangkuman Pembelajaran 2: Ruang Lingkup dan Faktor-faktor Penyebab Globalisasi


1. Berdasarkan ruang lingkupnya, terdapat lima macam globalisasi, yaitu, globalisasi ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial dan budaya, dan agama.

2. Terdapat tiga faktor penyebab timbulnya globalisasi, yaitu kemajuan tekonologi informasi dan komunikasi serta semakin rendahnya biaya transportasi, menyebar dan meluasnya kapitalisme dalam kerjasama ekonomi internasional, dan memenangan politik-ekonomi neoliberalisme

C. Rangkuman Pembelajaran 3: Permasalahan Sosial dan Tantangan Akibat Globalisasi


a. Permasalahan sosial yang muncul akibat globalisasi adalah:
1. Pembangunan cenderung bersifat ekonomi, menimbulkan dua krisis sekaligus, yaitu, pertama, polarisasi kelas sosial antara yang sangat kaya dengan yang sangat miskin, dan kedua, krisis lingkungan.
2. Rusaknya tatanan sosial lokal dan nasional, lingkungan alam, bahasa dan budaya lokal dan nasional, kearifan lokal, dan nilai-nilai luhur bangsa.
3. Dominasi ekonomi oleh para pemilik modal, sehingga menimbulkan ketimpangan. Beberapa dampak positif dari globalisasi: komunikasi yang 
semakin cepat dan mudah, meningkatnya taraf hidup masyarakat, mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, tingkat pembangun yang semakin tinggi, meningkatnya tourisme dan pariwisata, dan kegiatan ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien.

b. Tantangan globalisasi yang mendasar dan harus dihadapi oleh masyarakat lokal dan nasional, antara lain sebagai berikut:
1. Berkembangnya sikap individualistik,
2. Apreasi yang memudar terhadap budaya bangsa,
3. Pandangan yang kristis terhadap ideologi bangsa,
4. Diversivikasi masyarakat,
5. Keterbukaan yang lebih tinggi,
6. Tuntutan kemampuan bersaing yang lebih tinggi, memerlukan respon tertentu dari masyarakat sehingga permasalahan-permasalahan tersebut justru menjadi peluang untuk mewujudkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup masyarakat bangsa.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Sosiologi Kelas 12 Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Bagi Anda yang ingin membaca postingan Sekolahmuonline yang membahas soal-soal Sosiologi Kelas 12 Lengkap silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 2 Permasalahan Sosial dalam Arus Globalisasi ~ sekolahmuonline.com"

close