Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas XII Bab 5 yang membahas tentang Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial.
Rangkuman Sosiologi Kelas XII Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial


Sosiologi Kelas 12 Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Bab 5, membahas dua pembelajaran.

Pembelajaran Pertama membahas tentang Evaluasi Pemberdayaan Komunitas. Sedangkan Pembelajaran Kedua membahas tentang Melaksanakan Pemantauan, Evaluasi dan Laporan.

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas 12 Bab 5 tentang Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial yang Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Sosiologi Kelas 12. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman Sosiologi Kelas XII Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial


Rangkuman Pembelajaran 1: Evaluasi Pemberdayaan Komunitas


√ Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang terencana dan sistematis, serta harus “objektif” dalam arti dilakukan berdasarkan data atau fakta, bukan berdasarkan praduga atau intuisi seseorang.
Prinsip-prinsip Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas yaitu; harus selaras dengan tujuan yang hendak dicapai, objektif, menggunakan alat ukur yang tepat, berbentuk data (kuantitatif dan kualitatif) serta harus efektif dan efisien.

√ Hasil evaluasi yang baik adalah; memiliki tujuan yang jelas, menggunakan instrument yang tepat, mampu memberi gambaran yang jelas, praktis dan objektif.

√ Pendekatan dalam pelaksanaan pemberdayaan adalah pendekatan kebutuhan, pendekatan informan kunci, pendekatan forum masyarakat, pendekatan indikator dan pendekatan survei/sensus.
Pendekatan Sistem dalam Evaluasi Pemberdayaan Komunitas terdiri atas: Raw input, Instrumen input, Environment input, Proses pemberdayaan itu sendiri serta Output.
Pendekatan dalam Pelaksanaan Pemantauan Aksi Pemberdayaan Komunitas, yaitu: 
Penggunaan catatan-catatan atau rekaman data, Survei terhadap peserta program dan Survei terhadap seluruh warga masyarakat, Pendekatan dalam Evaluasi Dampak Program Aksi Pemberdayaan Komunitas antara lain : Pendekatan “Eksperimental, Pendekatan yang Berorientasi pada Tujuan (Goal Orientation Approach), Pendekatan yang Berfokus pada Keputusan (The Decision Focused Approach), Pendekatan yang Berorientasi pada Pemakai (The User Focused Approach), Pendekatan yang Responsive (The Responsive Approach), dan terakhir Pendekatan yang Bebas Tujuan (Goal Free Approach)

√ Model-Model Evaluasi Pemberdayaan Komunitas, yaitu: Model fisik, Model naratif, Model grafik, Model matematik, Model deskriptif, Model prediktif, Model normatif, Model ikonik, Model analog, dan Model simbolis.

Rangkuman Pembelajaran 2: Melaksanakan Pemantauan, Evaluasi dan Laporan


√ Pelaksanaan evaluasi mampu dilakukan dalam tipe-tipe; sebelum program 
dilaksanakan, saat program berjalan dan setelah program selesai dilaksanakan
Langkah-langkah pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas: persiapan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporan kegiatan.

√ Teknik pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas mampu di lakukan melalui:
a. Diskusi kelompok Terarah (DKT) / Focus Grop Discussion (FGD)
b. dengan melakukan dialog khusus membahas tema tertentu. 
c. Survey: melakukan pendataan menggunakan angket/ kuesioner yang telah disusun.
d. Observasi: melakukan pengamatan dan wawancara melalui kegiatan tanya 
jawab langsung kepada informan

√ Sistematika penulisan laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan secara umum 
terdiri atas empat bagian:
a. Bagian pendahuluan: berisi latar belakang, maksud dan tujuan, serta manfaat. 
b. Bagian pelaksanaan: terdiri atas waktu dan tempat pelaksanaan evaluasi serta 
teknik evaluasi yang digunakan. 
c. Bagian hasil dan dampak pelaksanaan kegiatan: berisi hasil deskripsi kegiatan, 
perkembangan pelaksanaan program, dan dampak kegiatan.
d. Bagian akhir termampu kesimpulan dan saran.

√ Dalam menulis laporan evaluasi termampu beberapa teknik yang perlu 
diperhatikan, diantaranya bahasa, notasi ilmiah, penulisan daftar pustaka, dan tata 
letak penulisan. Penulisan laporan evaluasi pemberdayaan mampu dirasakan oleh berbagai pihak, yaitu bagi kegiatan pemberdayaan bersangkutan, aparat/ fasilitator pemberdayaan, dan pelaksanaan evaluasi. Evaluasi pemberdayaan mampu di 
lakukan untuk menanggulangi ketimpangan sosial dalam masyarakat. Hasil evaluasi mampu dijadikan acuan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan mengatasi ketimpangan sosial dalam masyarakat.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Sosiologi Kelas 12 Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Bagi Anda yang ingin membaca postingan Sekolahmuonline yang membahas soal-soal Sosiologi Kelas 12 Lengkap silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 5 Evaluasi Pemberdayaan Komunitas dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...