Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas X Bab 2 yang membahas tentang Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG).
Rangkuman Geografi Kelas X Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)


Geografi Kelas 10 Bab kedua ini membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama tentang Dasar-Dasar Pemetaan yang meliputi pengertian peta, komponen-komponen peta, jenis-jenis peta, dan fungsi peta.
Pembelajaran Kedua membahas tentang Dasar-Dasar Penginderaan Jauh yang meliputi meliputi pengertian penginderaan jauh, komponen-komponen penginderaan jauh, jenis-jenis citra penginderaan jauh dan interpretasi citra foto udara.
Pembelajaran Ketiga membahas tentang Dasar-Dasar Sistem Informasi Geografis (SIG) yang meliputi pengertian SIG, subsistem dalam SIG dan komponen-komponen SIG.

Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di bawah ini. Selamat dan semangat belajar.

Rangkuman Geografi Kelas X Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)


1. Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak yang ada kaitannya dengan permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar.

2. Berdasarkan sumber data peta dapat diklasifikasikan menjadi peta induk dan peta turunan. 

3. Berdasarkan isi peta dibedakan menjadi peta umum dan peta khusus (tematik).

4. Berdasarkan skala peta dapat dibedakan menjadi peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang dan peta skala kecil.

5. Peta yang baik memiliki komponen-komponen peta yaitu judul. Garis tepi, garis astronomi, orientasi, skala, legenda, sumber dan tahun pembuatan, serta lettering dan warna peta

6. Penginderaan jauh adalah cara merekam objek, daerah, atau fenomena dengan menggunakan alat perekam tanpa kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji.

7. Komponenn penginderaan jauh terdiri atas sumber tenaga, atmosfer, interaksi antara tenaga objek, sensor, perolehan data dan pengguna data.

8. Citra adalah gambaran suatu objek yang tampak pada cermin melalui lensa kamera atau hasil penginderaan jauh yang dicetak.

9. Citra hasil pemnginderaan jauh dibedakan menjadi dua yaitu citra foto dan citra non foto.

10. Dalam menginterpretasi citra ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan yaitu rona, warna, bentuk, ukuran, tekstur, bayangan, pola, situs dan asosiasi.

11. Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pemasukan penyimpanan, manipulais, menampilkan, dan menghasilkan informasi geografi besetta atribut-atributnya.

12. SIG terdiri dari beberapa subsistem yaitu data input, data manajemen, data manipulasi dan analisis, serta data output.

13. Komponen SIG terdiri dari beberapa subsistem yaitu data input. Data manajemen, data manipulasi dan analisis, serta data output.

14. Citra hasil pemnginderaan jauh dibedakan menjadi dua yaitu citra foto dan citra non foto.

15. Dalam menginterpretasi citra ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan yaitu rona, warna, bentuk, ukuran, tekstur, bayangan, pola, situs dan asosiasi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 2 Dasar-dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) ~sekolahmuonline.com"

Memuat...