Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman Geografi Kelas X Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan


Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Teori Pembentukan Planet Bumi meliputi teori pembentukan tata surya, teori pembentuk permukaan teori kontraksi, teori dua benua, teori pergeseran benua, teori konveksi dan teori lempeng tektonik
- Kedua: Perkembangan Kehidupan di Bumi, meliputi zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum dan zaman Neozoikum
- Ketiga: Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi terhadap kehidupan, meliputi rotasi dan revolusi bumi.

Rangkuman Geografi Kelas X Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan


1. Pembentukan bumi diawali dengan pembentukan tata surya berjuta tahun lalu, hal ini dijelaskan dibeberapa teori diantaranya teori pasang surut gas, teori ledakan besar, teori kabu nebula, dan teori planetasimal.

2. Pembentukan bumi terjadi secara bertahap diawali dengan fase big bang, fase pembentukan bintang-bintang, fase pendinginan nebula, fase pembentukan matahari dan cincin planet, fase akresi, fase pembentukan bumi dan terakhir adalah fase pembentukan atmosfer.

3. Teori kontraksi menyatakan bahwa bumi mengalami pendinginan yang menyebabkan permukaan bumi mengkerut sehingga terbentuklah relief bumi seperti saat ini.

4. Teori dua benua menyatakan bahwa Bumi dahulu terbagi menjadi dua benua yaitu Laurasia dan Gondwana, kedua benua ini mengalami pergerakan terus menerus hingga pada akhirnya terpecah menjeadi beberapa benua seperti saat ini.

5. Teori apungan benua menyatakan bahwa pangea terpecah menjadi beberapa benua. Benua-benua ini mengapung dan karena ada gerak rotasi menyebabkan benua-benua terpusat di ekuator.

6. Teori konveksi menyatakan bahwa terdapat arus konveksi dari dalam mantel bumi ke bagian punggung tengah samudera kemudian lava tersebut membeku dan mengganti kulit bumi yang lama.

7. Dalam teori lempeng tektonik dikenal tiga arah pergerakan lempeng, yaitu konvergen, divergen dan transform.

8. Zaman pembentukan bumi terbagi kedalam empat tahap, yaitu zaman arkaekum, zaman paleozoikum, zaman mesozoikum dan zaman neozoikum.

9. Zaman arkaekum merupakan zaman tertua dan belum terdapat kehidupan.

10. Zaman paleozoikum terbagi menjadi enam periode, yaitu periode kambrium, periode ordovisium, periode silur, periode devon, periode karbon dan periode permian

11. Zaman mesozoikum terbagi mejadi tiga periode, yaitu periode trias, periode jura dan periode kreta

12. Zaman Neozoikum terbagi menjadi dua periode, yaitu tersier dan kuarter.

13. Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya, yang mengakibatkan pergantian siang dan malam, perbeedaan waktu di wilayah di muka bumi, gerak semu harian bintang, dan perbedaan gravitasi di permukaan bumi

14. Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi karean adanya gaya tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi.

15. Dampak revolusi bumi terhadap kehidupan adalah perbedaan lama siang dan malam, pergantian musim, gerak semu tahunan matahari, penanggalan masehi dan perubahan kenampakan rasi bintang

Demikian Rangkuman atau Ringkasan Geografi Kelas 10 Bab 4 yang membahas tentang Bumi sebagai Ruang Kehidupan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar. (Sumber Rangkuman: Modul PJJ Geografi Kelas X)

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close