Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas X Bab 1 yang membahas tentang Pengetahuan Dasar Geografi.
Rangkuman Geografi Kelas X Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi


Geografi Kelas 10 Bab pertama ini membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama tentang Ruang Lingkup Geografi. Pembelajaran Kedua membahas tentang Objek, Aspek, dan Konsep Esensial Geografi. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Prinsip dan Pendekatan Geografi.

Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di bawah ini. Selamat dan semangat belajar

Rangkuman Geografi Kelas X Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi


1. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan

2. Sejarah geografi itu dimulai dari geografi klasik yang berkembang di sekitar abad VI – I SM; geografi abad pertengahan dan renaissance; geografi modern; geografi akhir abad XIX dan awal abad XX; dan geografi mutakhir.

3. Geografi umum membahas tentang karakteristik Bumi mencakup tiga bagian yaitu Terestrial, Astronomis, dan Komparatif. Sedangkan Sedangkan geografi khusus mendeskripsikan tentang wilayah yang terdiri dari tiga aspek, yaitu Atmosfer, Litosfer, dan Manusia.

4. Cabang-cabang geografi terdiri atas: (1) Geografi Fisik; (2) Geografi Manusia; dan (3) Geografi Regional. 

5. Objek kajian geografi meliputi objek material dan objek formal. Objek formal meliputi semua fenomena geosfer, sedangkan objek formal adalah cara pandang yang digunakan untuk menganalisis objek material tersebut.

6. Aspek geografi terdiri dari aspek fisik yang mengkaji tentang gelaja yang terdapat pada bentang alam meliputi aspek topologi, aspek abiotik dan aspek biotik

7. Aspek sosial (manusia) yang mengkaji tentang gejala yang terdapat pada bentang budaya meliputi aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek budaya dan politik.

8. Konsep esensial geografi merupakan ungkapan atau gambaran abstrak mengenai fenomena esensial dari objek kajian geografi, diantaranya yaitu, konsep lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi/interdependensi, diferensiasi area dan keterkaitan ruang.

9. Dalam ilmu geografi trdapat empat prinsip utama yang digunakan untuk memahami karakteristik dan keterkaitan fenomena dengan permasalahan lainnya, yaitu prinsip penyebaran, printip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi

10. Pendekatan geografi digunakan untuk memahami berbagai masalah dan gejala geosfer. Ada tiga pendekatan geografi yaitu pendekatan analisis keruangan, pendekatan analisis ekologi (kelingkungan) dan pendekatan analisis kompleks wilaayah (kewilayahan).

11. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ahli geografi adalah keterampilan observasi, deskripsi, klasifikasi, pemetaan dan analisis.


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close