Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Soal Pilihan Ganda Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com


Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan sebagimana telah Sekolahmuonline sampaikan sebelumnya, terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Teori Pembentukan Planet Bumi meliputi teori pembentukan tata surya, teori pembentuk permukaan teori kontraksi, teori dua benua, teori pergeseran benua, teori konveksi dan teori lempeng tektonik
- Kedua: Perkembangan Kehidupan di Bumi, meliputi zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum dan zaman Neozoikum
- Ketiga: Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi terhadap kehidupan, meliputi rotasi dan revolusi bumi.

Soal Pilihan Ganda Geografi Kelas X Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Menurut Big Bang Theory alam semesta berawal dari ….
A. tabrakan bintang kembar
B. gerakan berputar kabut asap
C. pasang surut tubuh Matahari
D. ledakan dahsyat masa karena reaksi inti
E. gerakan bintang yang memadat dan mengembang

Jawaban: D

Pembahasan:
Teori ledakan besar atau big bang mungkin menjadi salah satu yang paling terkenal. Teori ini menyebutkan bahwa Bumi terbentuk selama puluhan miliar tahun. Mulanya, terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. Putaran tersebut menyebabkan bagian-bagian kecil dan ringan dari kabut terlempar ke luar dan berkumpul membentuk cakram raksasa. Di satu waktu, gumpalan kabut raksasa itu meledak membentuk galaksi dan nebula-nebula.
Selama kurang-lebih 4,6 miliar tahun, nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk Galaksi Bima Sakti yang di dalamnya terdapat Tata Surya. Bagian ringan yang terlempar keluar di awal mengalami kondensasi hingga membentuk gumpalan yang mendingin dan memadat menjadi planet-planet, termasuk Bumi.

2. Tata surya berawal dari sebuah bintang yang lebih besar dari Matahari, pergerakannya bersimpangan dengan matahari dan menimbulkan tonjolan hingga pecah menjadi butir-butir tetesan kecil yang dikenal dengan planet. 

Pernyataan ini diungkapkan dalam teori ….
A. planetasimal
B. nebula
C. pasang surut
D. bintang kembar
E. protoplanet

Jawaban: C

Pembahasan:
Teori pasang surut gas pertama kali dikenalkan oleh James Jeans dan Harold Jeffreys tahun 1918. Menurut mereka, sebuah bintang besar mendekati Matahari dalam jarak dekat dan menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh Matahari yang saat itu masih berupa gas.
Saat bintang tersebut mendekat, akan terbentuk gelombang raksasa pada tubuh Matahari yang disebabkan oleh gaya tarik bintang. Gelombang tersebut mencapai ketinggian yang luar biasa dan menjauh dari inti Matahari menuju bintang tersebut. Gelombang yang membentuk lidah pijar akan mengalami perapatan gas hingga terpecah menjadi planet-planet

3. Lempeng-lempeng tektonik selalu bergerak karena pengaruh arus konveksi yang terjadi dalam lapisan astenosfer. Teori ini dikemukakan oleh ….
A. Tozo Wilson
B. Robert Diesz
C. Eduard Zuess
D. Alfred Wegener
E. Harry H. Hess

Jawaban: A

Pembahasan:
Teori Lempeng Tektonik (Tectonic Plate Theory) adalah teori pembentukan muka bumi yang dikemukakan oleh Tozo Wilson sekitar tahun 1965. 
Menurut Teori Lempeng Tektonik bahwa kulit bumi terdiri atas beberapa lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer, dan lempeng-lempeng pembentuk kulit bumi ini selalu bergerak karena adanya pengaruh arus konveksi dari lapisan astenosfer.

Litosfer bumi terdiri dari dua lempeng yaitu lempeng benua dan lempeng samudera. Lempeng samufdera tersuusn oleh batuan basa yang dapat dijumpai di dasar samudera, sedangkan lempeng benua tersusun oleh batuan asam.

Berdasarkan arah pergerakan lempeng tektonik ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a) Gerak konvergen yaitu berupa gerakan saling bertubrukan antar lempeng tektonik, baik lempeng benua maupun lempeng samudra. Beberapa pegunungan seperti Himalaya muda, Alpen, Rocky dan Andes disebut merupakan relief yang terbentuk akibat proses kenvergensi ini. 

Ada tiga jenis gerkan konvergen yaitu:
- Subduksi : Pergerakan konvergen antara lempeng benua dan lempeng samudera, dengan lempeng samudera jatuh di bawah lempeng benua, karena gravitasi spesifik lempeng benua kurang dari lempeng samudera. 
Contohnya adalah parit yang membentang dari barat Sumatra, selatan Jawa, ke selatan Nusa Tenggara.
- Obduksi : Pergerakan konvergen diantara kerak benua dan kerak samudera, tempat kerak benua tenggelam/ menunjam di bawah kerak samudera. Penunjaman ini terjadi yakni karena adanya perubahan dari batas lempeng divergen kemudian menjadi konvergen, menimbulkan terjadinya kerak benua berbenturan dengan kerak samudera.
-
Kolisi : Gerakan konvergen antara lempeng benua dan lempeng benua. Kedua pelat memiliki massa jenis yang tidak berbeda untuk membentuk pegunungan yang tinggi, seperti Pegunungan Himalaya.

b) Gerak divergen, yaitu Gerakan lempeng dimana lempeng bergerak saling menjauh, dengan gaya yang bekerja pada gerakan ini adalah gaya tarik (tensional). Perbedaan ini menyebabkan magma naik dari pusat bumi, membentuk dasar lautan atau kerak samudera. Contohnya adalah MOR (Mid Ocean Ridges) di dasar Samudera Atlantik;

c) Sesar Mendatar (Transform), yaitu gerakan berlawanan arah yang menyebabkan terjadinya pergesekan antar lempeng tektonik. Sesar San Andreas yang terbentang sepanjang 1.200 km merupakan salah satu relief yang terbentuk akibat adanya proses transform ini.

4. Proses pendinginan mengakibatkan bumi susut dan mengkerut sehingga membentuk relief pegunungan. Pernyataan ini terdapat dalam teori ….
A. pergeseran benua
B. Laurasia-Gondwana
C. kontraksi
D. lempeng tetonik
E. konveksi

Jawaban: C

Pembahasan:
Teori Kontraksi dan Pemuaian (Contraction and Expasion Theory)
Teori ini pada awalnya dicetuskan oleh Descrates (1596-1650) dan kemudian di dukung oleh James Dana (1847) dan Elie de Baumant (1852). Descrates menyebutkan bahwa bumi terus mengalami penyusutan dari masa ke masa karena adanya proses pendinginan. Akibat dari proses penyusutan ini permukaan bumi mengkerut dan terbentuklah relief berupa gunung, lembah dan dataran. Analogi teori ini di adopsi dari kulit buah apel yang mengering. Dari teori ini dapat dijelaskan mengenai proses terbentuknya lipatan pada permukaan bumi, namun teori belum dapat menjelaskan proses terbentuknya daerah-daerah tekanan.

6. Perhatikan fenomena berikut.
(1) terjadinya siang dan malam;
(2) terjadinya pergantian musim;
(3) gerak semu harian benda langit;
(4) perubahan semu tahunan matahari;
(5) perbedaan daerah waktu dunia.

Fenomena yang menunjukkan dampak terjadinya rotasi adalah nomor....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Jawaban: B

Pembahasan:
Akibat perputaran bumi pada porosnya (rotasi bumi) maka akan terjadi beberapa peristiwa di bumi yaitu:
1) Terjadinya siang dan malam
2) Terjadinya perbedaan waktu diberbagai tempat di muka bumi
3) Gerak semu harian bintang
4) Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi
5) Perubahan arah angin

7. Zaman tertua pada pembentuka bumi adalah zaman ….
A. Akaekum
B. Paleozoikum
C. Mesozoikum
D. Tersier
E. Kuarter

Jawaban: A

Pembahasan:
Zaman arkaekum adalah zaman tertua yang berlangsung kurang lebih 2.500 juta tahun. Pada zaman itu bumi masih merupakan bola gas sangat panas yang berputar pada porosnya. Sehingga pada masa itu kehidupan di bumi belum ada

8. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) terdapat banyak hewan reptil seperti dinosaurus
(2) berlangsung sekitar 150 juta tahun
(3) iklim bumi mulai menghangat
(4) sebagai dasar kehidupan modern

Pernyataan tersebut merupakan ciri dari zaman ….
A. Akaekum
B. Paleozoikum
C. Mesozoikum
D. Tersier
E. Kuarter

Jawaban: C

Pembahasan:
Ciri-ciri zaman mesozoikum:
- Terdapat banyak hewan reptil seperti dinosaurus
- Iklim bumi mulai hangat
- Merupakan dasar dari kehidupan modern
- Berlangsung sekitar 150 juta tahun

9. Mahluk bersel satu dan mikroorganisme muncul pada zaman ….
A. Akaekum
B. Paleozoikum
C. Mesozoikum
D. Tersier
E. Kuarter

Jawaban: B

Pembahasan:
Zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun. Pada zaman ini mulai ada tanda-tanda kehidupan seperti makhluk bersel satu (mikroorganisme), hewan-hewan kecil yang tidak bertulang punggung, jenis ikan, dan jenis ganggang atau rumput-rumputan

10. Teori lempeng tektonik yang dikemukakan oleh Tozo Wilson ternyata lahir dari peristiwa perkembangan bumi pada masa ….
A. Pliosen
B. Miosen
C. Oligosen
D. Eosen
E. Paleosen

Jawaban: B

Pembahasan:
Di akhir masa Moisen terjadi perubahan besar pada kulit bumi dan lingkungan alamnya. Benua Afrika lepas dari benua Asia sehingga muncul Laut Merah. Dareah hutan di Afrika Timur berubah menjadi sabana

11. Manusia purba melakukan migrasi dari Asia ke Indonesia pada kala Pleistosen, bersama dengan hewan berbulu tipis yang bermigrasi ke daerah ekuator. 
Penyebab utama mereka melakukan migrasi adalah ….
A. lempeng tektonik bergerak ke arah ekuator
B. meningkatnya suhu di permukaan bumi
C. mencairnya es di Kutub Utara
D. banyaknya gunung berapi yang meleus
E. naiknya permukaan bumi di berbagai wilayah

Jawaban: E

Pembahasan:
Pada kala pleitosen setelah mengalami banjir di lautan kemudian suhu meningkat menyebabkan permukaan air laut turun disertai pengangkatan permukaan bumi. Hal ini menyebakan mudahnya hewan dan manusia purba bermigrasi

12. Vertebrata pertama kali muncul pada era ….
A. prakambrium
B. kambrium
C. paleozoikum
D. mesozoikum
E. neozoikum

Jawaban: D

13. Superbenua atau Pangea ditemukan pada zaman ….
A. prakambrium
B. kambrium
C. paleozoikum
D. mesozoikum
E. neozoikum

Jawaban: C

14. Dinosaurus ada pada periode ….
A. kambrium
B. devon
C. trias
D. jura
E. kreta

Jawaban: C

15. Zona tumbukan antara lempeng benua dengan lempeng samudera disebut zona ….
A. obduksi
B. transform
C. subduksi
D. kolisi
E. divergen

Jawaban: C

16. terbentuknya Pegunungan Himalaya merupakan salah satu bukti gerakan lempen yang disebut…..
A. divergen
B. konvergen
C. transform
D. subduksi
E. obduksi

Jawaban: B

17. Waktu yang dibutuhkan untuk bumi melakukan satu kali rotasi adalah ….
A. 23 jam 56 menit
B. 23 jam 54 menit
C. 23 jam 52 menit
D. 23 jam 50 menit
E. 24 jam 00 menit

Jawaban: A

18. Berikut ini adalah benua yang dahulunya termasuk ke dalam benua Gondwana adalah….
A. Australia
B. Artik
C. Greenland
D. Amerika Utara
E. Eropa

Jawaban: A

19. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) kesamaan garis pantai;
(2) terbentuk palung laut;
(3) terbentuk punggung tengah samudera;
(4) kesamaan struktur batuan;
(5) aktivitas vulkanisme.
Fakta yang menunjukkan teori lempeng tektonik adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

Jawaban: D

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan    contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 4 yang membahas tentang Bumi sebagai Ruang Kehidupan lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar. (Sumber Pengolahan Soal: Modul PJJ Geografi Kelas X)

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close