Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 7 Hereditas pada Manusia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 7 Hereditas pada Manusia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Kali ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 7 yang membahas tentang Hereditas pada Manusia.
Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 7 Hereditas pada Manusia


Biologi kelas XII Bab Hereditas pada Manusia terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Hereditas pada Manusia ini terdiri dari:
- Pertama: Penentuan Jenis KeIamin dan Kelainan/Penyakit yang diturunkan melalui Autosom
- Kedua: Kelainan/Penyakit yang diturunkan melalui Ganosom dan Golongan Darah

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini. Terimakasih.

Baca juga Rangkuman Biologi Kelas 12:
Baca jugaSoal Biologi Kelas 12:

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 7 Hereditas pada Manusia

1. Jenis kellamin pada manusia dikendalikan oleh sepasang kromosom $eks, yaitu kromosom XX untuk perempuan dan kromosom XY untuk laki-laki.
Berdasarkan susunan tersebut, kromosom perempuan bersifat homogametik, sedangkan susunan kromosom $eks laki-laki bersifat heterogametik. Bila terjadi pembelahan meiosis, maka seorang perempuan hanya akan menghasilkan satu macam sel gamet yaitu X, sedangkan laki-laki akan menghasilkan dua macam sel gamet yaitu X dan Y

2. Kelainan/Penyakit yang diturunkan melalui autosom bersifat dominan antara lain: brakidaktil dan polidakti. 

3. Kelainan/Penyakit yang diturunkan melalui autosom bersifat resesif antara lain: albino, imbisil (gangguan mental), dan siklemia

4. Kelainan/penyakit menurun yang diturunkan melalui sel kellamin (gonosom) ada yang terpaut kromosom X dan ada yang terpaut kromosom Y.

5. Kelainan/penyakit menurun yang terpaut kromosom kellamin X antara lain: hemofili, buta warna, dan anodontia.

6. Kelainan/penyakit menurun yang terpaut kromosom kellamin Y antara lain: hypertrochosis.

7. Golongan darah terdapat beberapa sisitem yaitu ABO, Rhesus dan MN dan bersifat menurun. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 7 yang membahas tentang Hereditas pada Manusia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Biologi Kelas 12:
Lengkap Soal Biologi Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 7 Hereditas pada Manusia ~ sekolahmuonline.com"

close