Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 6 Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 6 Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 6 yang membahas tentang Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup.
Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 6 Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup ~ sekolahmuonline.com
Biologi kelas XII Bab Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup sebagimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Bab Pola-pola Hereditas ini, terdiri dari satu kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup ini terdiri dari:
Pertama : Penentuan jenis kellamin (Determinasi $eks)
Kedua: Pautan
Ketiga: Pindah Silang (Crossing Over)
Keempat: Gagal berpisah (Non-Disjunction)
Kelima: Gen Letal

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini. Terimakasih.

Baca juga Rangkuman Biologi Kelas 12:
Baca juga Soal Biologi Kelas 12:

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 6 Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup

1. Bentuk pola-pola hereditas meliputi determinasi $eks, pautan, pindah silang, gagal berpisah, dan gen letal.

2. Determinasi $eks adalah proses penentuan jenis qelamin pada makhluk hidup berdasarkan kromosom qelamin (gonosom).
3. Berdasarkan susunan kromosom qelamin, tipe penentuan jenis qelamin makhluk hidup dapat dibedakan menjadi empat tipe yaitu, tipe XY, tipe XO, tipe ZW, dan tipe haplo-diploid.

4. Pautan gen terjadi akibat gen-gen terletak pada lokus yang berdekatan sehingga pembentukan gamet saling berkait dan berikatan.

5. Pindah silang merupakan pemisahan dan pertukaran bagian kromatid dari sepasang kromosom homolog.

6. Gagal berpisah (non-disjunction) merupakan peristiwa gagal berpisahnya kromosom homolog pada saat anaphase dari pembelahan meiosis I atau meiosis II. Oleh karena itu, terdapat lebih banyak kromosom pada sel anakan yang satu daripada sel anakan yang lain setelah pemisahan.
7. Gen letal adalah gen yang dapat menyebabkan kematian dalam keadaan homozigot. Gen letal dapat berupa homozigot dominan maupun homozigot resesif.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice dan soal Essay atau Uraian mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 6 yang membahas tentang Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Biologi Kelas 12:
Lengkap Soal Biologi Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 6 Pola-pola Hereditas pada makhluk Hidup ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...