Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 1 yang membahas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan.
Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan ~ sekolahmuonline.com


Biologi kelas XII Bab Pertumbuhan dan Perkembangan sebagimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan sebelumnya yang membahas tentang Contoh Soal Biologi Kelas 12 Bab Pertumbuhan dan Perkembangan terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Pertumbuhan dan Perkembangan ini terdiri dari:
Pertama: Perkecambahan, Pertumbuhan dan Pembungaan
Membahas tentang perkecambahan, pertumbuhan primer, pertumbuhan sekunder dan pembungaan

Kedua: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan.
Membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, faktor internal dan faktor eksternal. 
Faktor internal terdiri dari gen dan hormon pertumbuhan, sedangkan faktor eksternal terdiri dari cahaya, media, nutrisi, suhu, dan kelembaban.

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini. Terimakasih.

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah sel pada suatu organisme. Pertumbuhan bersifat tidak dapat kembali (irreversible). Sedangkan, perkembangan merupakan proses untuk mencapai kematangan fungsi suatu organisme
2. Secara umum pertumbuhan dan pekembangan pada tumbuhan diawali untuk stadium zigot yang merupakan hasil pembuahan sel keIamin betina dengan jantan
3. Pertumbuhan primer, terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang.
4. Pertumbuhan sekunder, merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil, gymno$permae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumbuhan.
5. Pembungaan terjadi melalui enam proses yaitu induksi bunga (evokasi). Inisiasi bunga,menuju bunga mekar,bunga mekar (anthesis),penyerbukan dan pembuahan. Dilanjutkan dengan perkembangan pemasakan buah dan biji. 

6. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Pertumbuhan tanaman dikendalikan oleh dua faktor yaitu faktor luar (eksternal) dan faktor dalam (internal).
7. Gen merupakan faktor hereditas atau pembawa sifat yang terdapat dalam tubuh tanaman
8. Hormon pertumbuhan pada tumbuhan ada bermacam-macam diantaranya:
(1) auksin;
(2) giberelin
(3) sitokinin;
(4) asam absisat,
(5) etilen
9. Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal tersebut antara lain nutrisi , cahaya, suhu, kelembapan dan aerasi

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tentang Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 1 yang membahas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Kumpulan rangkuman dan contoh soal Biologi Kelas 12 semua Bab dapat pembaca Sekolahmuonline pelajari pada tautan/link berikut ini:

Lengkap Rangkuman Biologi Kelas 12:
Lengkap Soal Biologi Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...