Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 12. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 9 yang membahas tentang Evolusi.
Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 9 Evolusi ~ sekolahmuonline.com


Biologi kelas XII Bab Evolusi sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Biologi Kelas 12 Bab Evolusi terdiri dari dua kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang dibahas dalam Bab Evolusi terdiri dari:
1. Asal usul kehidupan’
a. Teori abiogenesis
b. Teori Biogenesis
c. Teori evolusi kimia
d. Teori evolusi darwin dan Lamarck
2. Petunjuk dan mekanisme evolusi

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini. Terimakasih.

Baca juga Rangkuman Biologi Kelas 12:
Baca juga Soal Biologi Kelas 12:

Rangkuman Biologi Kelas XII Bab 9 Evolusi

1. Kehidupan yang ada di bumi saat ini merupakan kelanjutan yang berkesinambungan dari makhluk hidup pertama di bumi.

2. Perkembangan teori asal-usul kehidupan yaitu teori abiogenesis klasik, teori biogenesis, dan teori abiogenesis modern. Teori abiogenesis klasik menerangkan bahwa asal mula makhluk hidup dari benda mati. Teori biogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Teori abiogenesis modern menyatakan bahwa atmosfer bumi pada zaman purba berkecenderungan menyintesis senyawa organik dari molekul anorganik purba.

3. Evolusi biologi menyatakan bahwa makhluk hidup pertama merupakan hasil evolusi molekul anorganik. Evolusi biologi membahas asal-usul sel prokariotik dan eukariotik. Sel prokariotik muncul sebelum sel eukariotik dan sel prokariotik merupakan prekursor bagi munculnya sel eukariotik.

4. Teori evolusi Darwin dikenal dengan teori seleksi alam. Teori seleksi alam mengandung dua pemahaman, yaitu bahwa spesies sekarang berasal dari spesies dahulu dan terbentuknya spesies karena seleksi alam.

5. Teori evolusi sintetis menyatakan bahwa evolusi biologi bukan semata-mata didasari teori Darwin, tetapi juga teori evolusi pasca Darwin.

6. Evolusi merupakan proses satu arah dalam waktu yang tidak terbalikkan. Proses evolusi hanya dapat dipelajari dari petunjuk-petunjuk yang ada yaitu adanya variasi makhluk hidup, fosil-fosil yang ditemukan, homologi dan analogi organ, embriologi perbandingan, pentunjuk biokimia, perbandingan fisiologi, alat tubuh yang tersisa.

7. Mekanisme evolusi dapat terjadi melalui mutasi, genetik drif, aliran gen, rekombinasi $eksual, seleksi alam, dan adaptasi. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 12 Bab 9 yang membahas tentang Evolusi. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Biologi Kelas 12:
Lengkap Soal Biologi Kelas 12:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 12 Bab 9 Evolusi ~ sekolahmuonline.com"

close